Simak Artikel Berikut Agar Kamu Tahu Cara Menggunakan Google Cloud

By SaungMaman

Sobat SaungMaman mungkin sudah familiar dengan berbagai platform berbasis internet yang dimiliki oleh raksasa internet Google. Beberapa diantaranya seperti Google Search, Google Mail, Google Play, platform Blogger dan lain-lain. Namun ada salah satu produk keluaran Google yang mungkin belum kamu ketahui yaitu Google Cloud

Apa itu Google Cloud? 


Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu Google Cloud dan Bagaimana Cara Menggunakan Google Cloud?

Google Cloud adalah sebuah platform yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Cloud adalah untuk membuat server VPS (Virtual Private Service). Dengan sedikit modifikasi, kamu bisa membuat server sendiri yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Cara menggunakan Google Cloud
Apa Itu Google Cloud? 
Secara keseluruhan, Google Cloud memiliki kemampuan melakukan 4 hal yang akan kita bahas berikut ini:

1. Google AppEngine

Google AppEngine adalah layanan yang bisa digunakan untuk membuat dan sekaligus menjalankan aplikasi berbasis web. Dalam perkembangannya, Google AppEngine mampu menjalankan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton, PHP, Java, Go, Ruby dan lain-lain. 

2. Google BigQuery

Memiliki data berukuran sangat besar kini bulan masalah lagi, karena ada Google BigQuery yang bisa kamu manfaatkan untuk penyimpanan data berukuran ekstra. Perusahaan-perusahaan besar banyak memanfaatkan platform ini untuk mengamankan data mereka. Selain sebagai tempat menyimpan data, juga berfungsi untuk menganalisa berbagai transaksi bisnis. 

3. Google Compute Engine

Google Compute Engine adalah sebuah layanan yang dikhususkan untuk membangun Cloud Server. Layanan ini mampu menampung aplikasi web dengan bahasa pemrograman Ruby atau PHP. 

4. Google Cloud Storage

Bagi kamu yang suka berbagi file ukuran besar, seperti video atau foto dapat memanfaatkan layanan Google Cloud Storage. Begitupun untuk para developer yang ingin menyimpan data cukup besar dengan aman, layanan cloud dari Google ini sangat cocok digunakan. 

Kelebihan menggunakan Google Cloud


Selain mudah dalam penggunaannya, Google Cloud juga memiliki kelebihan yang layak dipertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Memiliki tingkat keamanan cukup tinggi

Data yang disimpan di Google Cloud sangat terjamin. Hal ini sangat penting bagi pengguna yang membutuhkan tempat  penyimpanan data berbasis internet dengan tingkat keamanan cukup tinggi. 

2. Sistem penyimpanan yang fleksibel

Data yang disimpan di Google Cloud dapat diakses dengan mudah dan fleksibel kapan dan dimanapun. Yang dibutuhkan cukup data untuk mengakses internet. 

3. Data yang terpusat

Google Cloud menyimpan data secara terpusat. Data yang terpusat sangat penting apabila pengguna data tersebut sangat banyak. Hal ini bertujuan agar saat data dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dalam waktu bersamaan tanpa adanya hambatan berarti. 

4. Hemat biaya

Layanan Google Cloud terbilang hemat biaya dan mampu menekan pengeluaran dana yang cukup signifikan. Hal ini cukup penting bagi pengguna yang berencana berinvestasi untuk jangka panjang. 

Demikian informasi yang bisa SaungMaman sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. 

Simak Artikel Berikut Agar Kamu Tahu Cara Menggunakan Google Cloud

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: