TIPS MERAWAT LINEAR BEARING INI BISA DIPRAKTIKAN UNTUK ORANG AWAM

SAUNG MAMAN - TIPS MERAWAT LINEAR BEARING INI BISA DIPRAKTIKAN UNTUK ORANG AWAM

Tips merawat linear bearing – linear bearing adalah satu dari sekian bearing yang sering digunakan. Ini adalah bearing yang berfungsi untuk memberi gerak searah pada komponen mesin. Biasanya digunakan untuk menggerakan mesin dalam satu arah yang sama dan konsisten.

Memiliki linear bearing akan sangat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Tentu bila Anda sedang memiliki pekerjaan yang membutuhkan perangkat tersebut.

Linear bearing biasanya terbuat dari besi dan baja. Bahan ini dipilih karena dinilai kuat dan tahan lama. Selain itu, bahan tersebut juga dinilai cocok untuk perangkat yang berkaitan dengan mesin dan teknik. Namun demikian. Kendati terbuat dari besi dan baja, bukan berarti perangkat ini bisa minim pengawasan.

Anda harus tetap mengawasi perangkat ini dengan benar. Jangan lupakan juga tentang perawatan. Pastikan Anda merawat linear bearing agar fungsi dan fisik bearing tidak mengalami kerusakan dan penurunan kualitas.

Ada beberapa tips merawat linear bearing yang bisa Anda lakukan. Jangan khawatir. Tips yang akan kami bahas dibawah ini diperuntukkan untuk Anda yang awam. Namun demikian, kendati mudah dan diperuntukkan untuk orang awam, tips ini akan sangat membantu dalam merawat dan membuat linear bearing tetap berfungsi sebagaimana mestinya.
Nah, untuk Anda yang sudah penasaran dengan tips yang dimaksud, langsung saja, simak pembahasannya sebagai berikut.

SELALU PERHATIKAN PELUMASAN LINEAR BEARING – TIPS MERAWAT LINEAR BEARING

Ini adalah cara paling sederhana untuk memastikan fungsi linear bearing tetap pada tempatnya. Ini juga jadi cara untuk menjaga kualitas bearing tetap terjaga. Dengan memastikan pelumasan linear bearing, Anda sudah bisa memastikan menjaga dan merawat part ini dengan baik.

Cara melakukannya sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan bahwa pada rel dan/atau selongsong bearing terdapat pelumas.

Jika di sana tidak ada pelumas, Anda bisa menambahkan pelumas sendiri. Anda bisa mendapatkan pelumas tersebut di bengkel atau toko yang menjual aneka produk teknik dan mesin.

Lakukan pelumasan hingga rel dan selongsong bearing terlumasi dengan baik. Jangan terlalu banyak. Tapi juga jangan terlalu sedikit. Pastikan saja bahwa keduanya mendapat pelumasan yang cukup.

Pelumasan akan membuat bearing memiliki fungsi yang baik. Fungsi pelumas di sini untuk menjaga dan/atau menghindarkan gesekan antara selongsong dengan rel.

Dan seperti yang sudah Anda tahu. Gesekan pada benda metal akan membuat bekas dan tanda cacat. Jika hal ini dibiarkan tanda tersebut akan semakin membesar. Ini yang kemudian menjadi perhatian. Sebab bila sudah semakin parah, tanda tersebut bisa mengganggu fungsi dari bearing itu sendiri.

LAPISI DENGAN OLI JIKA TIDAK DIGUNAKAN LAGI – TIPS MERAWAT LINEAR BEARING

Ini berlaku untuk semua peralatan teknik yang menggunakan besi dan baja silver (yang tidak dicat). Fungsi dari tips ini untuk menghindarkan perangkat dari karat dan kerusakan fisik.

Seperti yang Anda tahu, Indonesia sendiri adalah negara dengan iklim tropis yang tingkat kelembabannya tinggi. Kondisi demikian akan sangat berpengaruh pada benda-benda mekanik yang terbuat dari besi. Terlebih bila benda-benda tersebut tidak digunakan untuk waktu yang lama.

Peran oli di sini untuk menjaga agar benda-benda tadi tidak mengalami karat atau kerusakan fisik yang disebabkan oleh lingkungan.

Tidak aturan pasti mengenai merk oli apa yang digunakan. Hanya saja, Anda dianjurkan untuk menggunakan jenis oli mesin dengan tingkat kekentalan rendah. Anda bisa memilih oli mesin mana pun yang Anda mau. Tapi pastikan bahwa oli tersebut adalah oli baru, bukan oli bekas.

Oli baru akan memberikan fungsi perlindungan sebagaimana yang dijelaskan di atas. Sedangkan oli bekas, itu hanya akan membuat perangkat Anda kotor.

Itulah tips merawat linear bearing. Jika Anda membutuhkan linear bearing dengan kualitas unggul, Anda bisa kunjungi Logam Makmur. Di sana Anda akan mendapatkan produk bearing dengan kualitas terbaik.
Advertisement
TIPS MERAWAT LINEAR BEARING INI BISA DIPRAKTIKAN UNTUK ORANG AWAM

You Might Also Like:

Buka Komentar