Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Disetujui dan Mendapatkan Insentif dengan Cepat

Saung Maman - Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Disetujui dan Mendapatkan Insentif dengan Cepat

Sejak di bukanya gelombang 1 program kartu prakerja oleh pemerintah pada 17 April 2020 silam, kini program yang banyak diminati warga masyarakat ini telah memasuki gelombang ke 10. Bagi sahabat yang belum mendaftarkan diri untuk ikut program ini masih ada kesempatan mendaftar pada gelombang yang masih tersedia.


Namun pada gelombang ke 10 atau gelombang terakhir di tahun 2020 ini kuota yang disediakan tidak sebanyak kuota pada gelombang-gelombang sebelumnya, yakni hanya sekitar 200.000 peserta saja. Namun tu juga belum fix 200.000 karena ada sisa kuota dari peserta yang lolos gelombang sebelumnya namun tidak mempergunakan uang insentif yang diterimanya, sehingga besar kemungkinan jumlah kuotanya akan lebih besar. 

Untuk itu, jangan berkecil hati, ya teman-teman. Tetaplah optimistis dalam memperjuangkan apa yang menjadi hak kita yang memang layak diperjuangkan. Terlebih dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu akibat dampak pandemi covid-19 seperti sekarang ini, maka peluang sekecil apapun sebisa mungkin kita manfaatkan. 

Agar proses pendaftaran permohonan kartu prakerja kita bisa segera disetujui dan mendapatkan insentif, tentunya diperlukan kiat-kiat khusus yang harus kita lakukan. Karena begitu banyaknya para pemohon kartu prakerja yang mendaftar, maka persaingan begitu ketat dan butuh kesabaran saat proses pendaftarannya. 

Baca juga: Kerja di Rumah Pilihan Tepat di Masa Pandemi

Berdasarkan pengalaman penulis yang mendaftar sejak program prakerja ini di buka April 2020 lalu, ada banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam proses pendaftaran. Yang terpenting adalah teliti saat menginput data pribadi, jangan melakukan kesalahan sekecil apapun. Kalau tidak teliti, maka besar kemungkinan teman-teman akan kecewa karena gagal di tahap-tahap awal. 

Kejadian seperti ini di alami oleh salah seorang sahabat yang mencoba mendaftar namun salah mengisi tanggal lahir. Akibatnya proses pendaftaran belum bisa dilakukan hingga saat ini. Walaupun sudah mencoba mengirimkan email verifikasi serta mengisi surat pernyataan seperti yang disarankan oleh pihak penyelenggara, namun email yang dikirimkan selalu gagal/tidak terkirim. Mungkin saking banyaknya calon peserta yang mengalami hal yang sama, sehingga terjadi kegagalan dalam proses pengiriman email. 

Untuk itu sekali lagi buat teman-teman yang ingin mendaftar program kartu prakerja, saya ingatkan, telitilah dalam menginput data pribadi agar tidak menyesal dikemudian hari. 

Baiklah kita lanjut ya. Berikut ini akan saya bagikan tata cara mendaftar kartu prakerja agar disetujui, berdasarkan pengalaman saya sebagai salah satu peserta program kartu prakerja. 

Syarat utama calon pendaftar kartu prakerja

1. WNI

2. Berusia 18 tahun keatas

3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. 

Panduan cara mendaftar kartu prakerja

1. Membuat akun prakerja

  • Masuk ke situs prakerja.go.id
  • Pilih menu Daftar Sekarang
  • Masukan nama lengkap, alamat email dan buat password
  • Cek email, lakukan konfirmasi email
  • Setelah konfirmasi berhasil, kembali ke situs prakerja. 

2. Melengkapi data diri

  • Silahkan login dengan menggunakan email terdaftar dan masukkan password
  • Masukkan nomor KTP beserta tanggal lahir
  • Isi data diri dengan lengkap dan benar, teliti jangan sampai ada yang salah
  • Upload foto KTP serta foto selfie memegang KTP
  • Masukkan nomor telepon dan isi kode OTP yang dikirimkan lewat SMS
3. Mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar secara online
  • Siapkan alat tulis, kertas serta kalkulator, karena terkadang ada soal berisi pertanyaan matematika
  • Setelah selesai mengikuti tes, tunggu email pemberitahuan dari prakerja
  • Bila email sudah masuk, silahkan kembali ke dashboard prakerja untuk gabung pada gelombang 10
  • Tunggu pemberitahuan selanjutnya, bila dinyatakan lolos maka kartu prakerja siap digunakan.
  • Dana untuk ikut biaya pelatihan akan masuk di menu saldo. Untuk itu jangan lupa untuk melengkapi data rekening. Pilih rekening penerima insentif. Bisa menggunakan rekening bank, dalam hal ini bank BNI, dompet digital/e-wallet bisa Gopay, Link aja atau Ovo. Bila menggunakan e-wallet, pastikan akun e-wallet teman-teman sudah di upgrade ke premium. 

4. Memilih mitra pelatihan

Setelah lolos seleksi maka langkah selanjutnya adalah memilih mitra pelatihan yang tersedia di dashboard prakerja. Silahkan pilih materi pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat teman-teman. Setelah menemukan tempat pelatihan yang sesuai, lakukan pembayaran dengan saldo yang tersedia yang besarnya maksimal Rp 1.000.000.

Baca juga: Seberapa Penting Psikotest untuk Rekruitmen Kerja

Saya sendiri memilih materi pelatihan di Bukalapak dengan tema Hasilkan Omset Jutaan dengan Desain Grafis (Correl Draw). Adapun lembaga pelatihnya adalah LP FITRI AL-BAASITU. Disini materi pelatihnya cukup baik, mudah dipahami, simpel dan tidak ribet. Cukup ikut pelatihan via aplikasi Zoom Meeting atau bagi yang tidak bisa masuk Zoom bisa mengikutinya dengan streeming youtube secara live. 

Setelah pelatihan selesai, para peserta cukup mengisi form laporan, isi pertanyaan, beri rating serta ulasan. Semua hanya dalam satu form, cukup simpel bukan? 

Nah, bila semua proses pelatihan sudah selesai, maka nanti akan muncul pemberitahuan di dashboard prakerja, bahwa pelatihan sudah selesai dan sertifikat akan muncul di dashboard prakerja lengkap dengan jadwal insentif selama 4 bulan.


Penulis sendiri merasa sangat beruntung karena semua proses dari awal pendaftaran hingga insentif cair semuanya berjalan lancar. Proses pencairan dari prakerja ke wallet gopay hanya berselang 1 hari dari jadwal yang tertera di akun prakerja. 

Nah teman-teman prakerja semuanya, kiranya itu saja informasi mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Disetujui dan Mendapatkan Insentif dengan Cepat yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 



Advertisement
Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Disetujui dan Mendapatkan Insentif dengan Cepat

You Might Also Like: