Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Sniply

SaungMaman - Banyak cara untuk meningkatkan trafik atau kunjungan ke sebuah blog atau website. Tugas seorang penulis blog bukan hanya sekedar menulis, tapi juga berpikir bagaimana agar tulisan tersebut bisa di baca oleh sebanyak mungkin orang. Menulis saja tanpa melakukan optimasi tentu hasilnya kurang maksimal, butuh upaya dan trik tertentu agar apa yang ingin kita bagikan bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Salah satu cara meningkatkan jumlah pembaca atau pengunjung blog adalah dengan membuat semacam link terkait/Related Post menggunakan Sniply. 

Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Sniply
Sniply
Apa itu Sniply? 

Sniply adalah salah satu layanan penyingkat URL/shortlink semacam bitly, goo.gl dan lain-lain. Bedanya Sniply memiliki fitur Call to Action yang mampu menyematkan link di situs manapun yang mengarah ke URL yang kita targetkan. Jadi dengan menggunakan layanan Sniply, kita bisa mempromosikan link apapun yang ada di blog kita (seolah-olah) muncul di situs-situs besar seperti, detikcom, kompascom, tribunnews, dan lain-lain.

Bagi pembaca yang tidak begitu memahami, tentu tidak akan menyangka bahwa itu adalah artikel yang memang sengaja kita sisipkan. Dalam percobaan ini target saya adalah pembaca yang mengerti teknologi dan memahami teknik pengalihan link URL menuju artikel terkait. 

Media online | Image: Pixabay
Bagaimana Sniply bekerja? 

Cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana, pertama-tama, cari sebuah artikel yang sobat anggap menarik. Simpan link-nya. Terserah artikel apa dan di media online apa saja. Persiapkan artikel anda yang berkorelasi dengan artikel yang ingin anda bagikan itu. Simpan juga link-nya. 

Baca juga: Pentingnya Media Sosial Bagi Seorang Blogger

Selanjutnya kita membuat akun dengan menggunakan alamat email atau menggunakan akun Facebook dan Twitter di Sniply. Setelah akun terverifikasi, maka kita sudah bisa membuat link yang ingin kita promosikan sebagai artikel tetkait atau Related Post.

Saat ada yang penasaran dengan artikel yang Anda bagikan di situs besar, otomatis fitur call to action menuju artikel di blog Anda akan tampil pada bagian bawah. Tampilan link bisa diatur sesuai keinginan dengan melakukan kustomisasi saat membuat link tujuan.
 
Kustomisasi Tampilan Snip
Cara Daftar Sniply

Adapun langkah-langkah cara mendaftar dan membuat link di Sniply bisa adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi Sniply dan lakukan proses pendaftaran dan verifikasi email. Login dan masuk ke dashboard, edit snip (Perhatikan gambar) 

Dashboard Sniply
  • Masuk ke dashboard dan masukan url berita atau konten viral dari website yang ingin Anda bagikan (Lihat anak panah nomor 1) 
  • Tuliskan pesan teks tombol yang ingin ditampilkan pada halaman link misalnya "Klik Disini" atau "Kunjungi Situs" (Lihat anak panah nomor 2) 
  • Edit teks deskripsi dan tombol menuju URL blog. Usahakan membuat kata-kata yang mengundang minat pengunjung untuk mengkliknya (Anak panah nomor 3 dan 4) 
  • Isikan URL dengan link artikel yang ada di blog Anda (Anak panah nomor 5) 
  • Klik save/simpan, cek link yang didapatkan
  • Copy dan paste link tersebut untuk dibagikan. Atau bisa langsung membagikan dengan tombol share icon yang tersedia. Media sosial yang paling efektif adalah Facebook dan Twitter.

Nah cukup simpel bukan? Bila Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar, maka akan tampak tampilan Sniply yang dibuat akan seperti contoh berikut ini, kali ini saya menggunakan situs detikcom untuk percobaan. 

Preview Sniply

Nah, Snip yang tadi kita buat sudah jadi. Gimana, keren kan? 😁😁😁... Bila pengunjung mengklik tautan tersebut, maka URL akan menuju ke blog kita. Untuk tampilan lebih baik, bila Anda browsing menggunakan HP sebaiknya pilih tampilan PC/desktop. Penasaran pengen liat 'penampakan' Sniply yang sudah saya buat? 

Silahkan cek disini

Ohya, untuk menggunakan layanan Sniply ini, Anda diharuskan menyetujui Term of Services terlebih dahulu. Silahkan di pelajari. Ini bertujuan untuk menggunakan layanan Sniply secara bijak agar tidak menimbulkan dampak negatif saat kita mebagikan  konten dengan menggunakan layanan ini. 

Kiranya itu saja pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Sniply kali ini, semoga bermanfaat. 

Advertisement
Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Sniply

You Might Also Like: