6 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk

By SaungMaman

Rasa kantuk kadang-kadang hadir tanpa kenal waktu. Saat sedang belajar, bekerja, bermain bahkan saat berkendara. Bila hal ini dibiarkan tentu akan berdampak buruk bagi keselamatan dan kesehatan tubuh kita. Terlebih di bulan Ramadhan, saat bangun tidur lebih awal untuk bersahur, rasa kantuk tentu akan lebih sering dirasakan. 

Mengantuk | Sumber Gambar: Pixabay.com
Berikut ini akan saya bagikan 6 tips menghilangkan rasa kantuk yang bisa dipraktekkan agar tubuh  kembali segar bebas dari rasa kantuk. 

Untuk menghilangkan rasa kantuk, biasanya orang mengatasinya dengan cara minum kopi. Kandungan kafein dalam kopi memang bisa meningkatkan kinerja aliran darah, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan mampu menghilangkan rasa kantuk. Namun minum kopi ada dampak negatifnya, salah satunya adalah gangguan sulit tidur terlebih bila minumnya pada saat malam hari.
Nah untuk menghilangkan rasa kantuk yang lebih aman cobalah 6 tips berikut ini:

1. Lakukan olahraga ringan

Bila rasa kantuk tiba-tiba menyerang, cobalah lakukan aktifitas fisik atau olahraga ringan. Misalnya dengan melakukan peregangan atau jalan-jalan santai. Ini akan meningkatkan denyut jantung dan melancarkan peredaran darah. 

2. Lakukan olahraga otak

Bila tidak sempat berolahraga, cobalah lakukan relaksasi pada otak dengan melakukan olahraga otak. Cobalah lakukan aktifitas yang memicu kinerja otak seperti menjawab kuis, mengisi TTS atau bermain game sederhana. 

3. Konsumsi makanan pedas atau asin

Makanan-makanan yang asam atau pedas bisa meningkatkan rasa yang memicu aktivitas organ tubuh. Jeruk lemon atau nipis misalnya mampu membuat tubuh lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk. 

4. Mendengarkan musik bernada ceria

Mendengarkan musik yang bernada ceria, selain menimbulkan rasa bahagia juga mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Bila rutin Anda lakukan maka rasa kantuk sedikit banyak akan hilang. 

5. Makan kudapan ringan

Ngemil makanan ringan juga cukup efektif untuk hilangkan  kantuk yang datang tiba-tiba. Aktifitas mengunyah cukup membantu agar kita tetap terjaga dan bebas mengantuk. 

6. Tersenyum dan tertawa

Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan sesekali tertawa lepas agar rasa penat hilang dan rasa kantuk pun pergi dengan sendirinya. Tertawa bisa melepaskan hormon endorfin yang mampu memberikan suntikan energi bagi tubuh. Untuk bisa tertawa bisa dilakukan dengan bercanda dengan teman, saudara atau membaca komik atau buku humor atau bisa juga menonton video lucu. 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 
Advertisement
6 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk

You Might Also Like: