Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang ke WhatsApp

By SaungMaman

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan favorit dan paling banyak digunakan di dunia saat ini. Bukan hanya dapat berkirim pesan teks dan suara, namun WhatsApp juga memungkinkan penggunanya berbagi video. Namun video yang dibagikan hanya terbatas pada video berdurasi pendek dan berukuran kecil. 

Namun Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbagi video berdurasi panjang dan berukuran besar via WhatsApp. Dikutip dari laman resmi WhatsApp, besar ukuran video yang bisa dibagikan adalah 16 MB. Ukuran video ini kira-kira setara dengan video berdurasi antara 90 detik hingga 3 menit.

Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang ke WhatsApp

Jika video yang akan dibagikan terlalu besar, WhatsApp menyarankan agar video dipangkas menjadi 2 bagian. Namun hal ini tentu saja akan membuat video terpotong.


Untuk dapat mengirimkan video berdurasi panjang secara utuh melalui WhatsApp, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan,yaitu:

1. Mengecilkan ukuran video atau mengompresnya dengan menggunakan aplikasi pengompres video. Namun hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas video. Gunakan aplikasi pemangkas video di PlayStore. Perhatikan jumlah pengguna aplikasi tersebut, rating dan banyaknya komentar positif agar hasilnya bisa maksimal.

2. Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Drive atau yang sejenis yang harus didownload terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat menyimpan dan membagikan video dalam ukuran cukup besar. 

Berikut ini cara mengirimkan video dengan menggunakan aplikasi Google Drive:

1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Google Drive, bila belum silahkan mengunduhnya di PlayStore atau AppStore lalu instal. 
2. Setelah terinstal, buka aplikasi. 
3. Ketuk tombol tambah (+) lalu pilih opsi upload. 
4. Pilih video yang ingin Anda kirim atau bagikan. 
5. Tunggu hingga proses mengunggah selesai. 
6. Pilih tombol titik-titik opsi pilhan, lalu klik salin link. Jangan lupa untuk memilih opsi agar link bisa dibuka oleh semua orang. 
7. Buka aplikasi WhatsApp lalu tempelkan link tadi ke pengguna atau tujuan. 
8. Penerima dapat menonton video berdurasi panjang tersebut di laman Google Drive. 

Cara mengirim video berdurasi panjang via WhatsApp ini dapat digunakan ke pengguna pribadi atau grup. 

Selamat mencoba! 

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210414171630-190-629984/cara-mengirim-video-berdurasi-panjang-ke-whatsapp

Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang ke WhatsApp

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: