5 Tips Mengelola Keuangan

By SaungMaman

Mengelola keuangan apalagi di usia muda sangatlah penting. Tak jarang karena kurangnya perhatian terhadap betapa pentingnya pengelolaan keuangan di saat muda, berakibat fatal saat memasuki usia tua. Perlu disadari bahwa usia muda adalah usia produktif yaitu usia paling tepat untuk mempersiapkan kehidupan finansial yang lebih baik saat memasuki hari tua nanti. 

Cara mengelola keuangan yang baik


Bagi kaum muda yang saat ini sedang dalam proses pencarian jati diri dengan semangat yang menggebu-gebu, tentu menginginkan punya masa depan yang cerah dengan berusaha mencari pekerjaan sebaik-baiknya. Saat pekerjaan yang diimpikan sudah diraih, saatnya menyiapkan perencanaan masa depan dengan mengelola keuangan mulai dari sekarang. 

5 Tips Mengelola Keuangan
5 Tips Mengelola Keuangan
Berikut ini adalah 5 Tips Mengelola Keuangan yang bisa dijadikan pedoman dalam menyusun persiapan menghadapi kehidupan di masa depan:

1. Menahan diri


Sikap menahan diri merupakan poin yang sangat penting dalam mengelola keuangan. Menahan diri untuk tidak bersikap konsumtif saat memiliki uang banyak, bisa menjadikan pribadi yang menghargai finansial. Gunakan uang hanya untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan. Tidak memaksakan diri membeli barang- barang hanya berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan. 

2. Cermati aliran uang masuk


Dengan mencermati aliran uang yang masuk, dipastikan bisa mengontrol kemana uang akan dibelanjakan. Pahami berapa kebutuhan yang harus di penuhi dengan mempertimbangkan berapa pemasukan yang ada. Dengan demikian akan terhindar dari masalah 'besar pasak daripada tiang'. 

3. Siapkan dana darurat


Rajin menyiapkan dana darurat, dapat menghindarkan diri dari masalah finansial yang kadang-kadang mendadak dibutuhkan dan membuat kita kebingungan. Sisi baiknya dengan menyiapkan dana darurat, bisa menjadikan kita punya tabungan yang dapat digunakan untuk membeli sesuatu yang sebelumnya tidak kita rencanakan, misalnya membeli rumah atau kendaraan. 

4. Investasi untuk masa pensiun


Berpikir tentang masa pensiun selagi masih muda, tentu bukan sesuatu yang dilarang. Tapi sebaliknya hal ini merupakan sebuah sikap yang perlu dikembangkan. Dengan menyiapkan masa pensiun sejak muda, maka ketika masa pensiun tiba, kita sudah memiliki asset yang bisa diandalkan. Mulailah berinvestasi dari sekarang, agar saat masa pensiun tiba nanti, kita bisa menikmati hari tua dengan penuh rasa syukur dan bahagia. 

5. Taat pajak


Taat membayar pajak sejak usia muda, adalah sebuah sikap bijak yang menuntun kita menjadi warga negara yang baik. Memahami kewajiban kita dalam membayar pajak, akan membuat kita disiplin dalam mengelola keuangan. Taat pajak, membuat kita paham berapa penghasilan kita tiap bulan, berapa pajak yang harus kita keluarkan dan berapa dana yang bisa kita sisihkan. 

Demikian info mengenai 5 Tips Mengelola Keuangan kali ini, semoga bermanfaat. 
5 Tips Mengelola Keuangan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape