Tips Mengatur Anggaran di Bulan Ramadan

By SaungMaman

Walaupun ibadah puasa Ramadan kali ini masih dalam suasana prihatin karena pandemi, namun hal ini tidak mengurangi kekhusukan dalam beribadah. Berbagai persiapan termasuk mengatur anggaran dilakukan warga untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini. 

Pandemi yang masih berlangsung  membuat ekonomi masyarakat terus tertekan. Untuk itu mengatur anggaran belanja terutama di bulan Ramadan harus dibuat sedemikian rupa agar bisa tercukupi segala kebutuhan dalam segala keterbatasan. 

Mengatur anggaran Ramadan

Tips Mengatur Anggaran Ramadan
Tips Mengatur Anggaran di Bulan Ramadan
Mengatur anggaran Ramadan bukan pekerjaan sulit, hanya memang dibutuhkan komitmen dan ketegasan dalam pelaksanaannya. Karena seringkali apa yang kita beli bukanlah merupakan kebutuhan yang teramat penting hanya berupa sebuah keinginan. 

Dalam menyiasati minimnya anggaran, ada baiknya kita mengatur anggaran belanja di bulan Ramadan. Tidak ada salahnya membuat perencanaan yang lebih rinci sebelum  berbelanja, agar kondisi ekonomi yang sulit tidak membuat kita kerepotan karena ketidakmampuan mengelola keuangan. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Membuat rencana anggaran


Rencana anggaran selama satu bulan penuh di bulan Ramadan wajib dibuat agar bisa diketahui berapa dana yang harus dikeluarkan selama satu bulan tersebut. Catat rencana belanja untuk berbuka, makan sahur dan kebutuhan harian lainnya secara rinci. 


2. Memasak sendiri

Bila Anda punya keahlian memasak, tidak ada salahnya memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuat masakan sendiri. Buat rencana belanja harian selama satu bulan dengan menu yang Anda tentukan sendiri. Membuat masakan sendiri tentu jauh lebih hemat daripada membeli makanan siap saji. 

3. Membayar Zakat

Anggaran untuk membayar zakat harus diprioritaskan agar pada saatnya membayar nanti dana yang dibutuhkan sudah tersedia. 

4. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Ini yang juga harus diperhatikan, membedakan mana yang berupa keinginan dan kebutuhan. Apa yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan. Pilih yang benar-benar dibutuhkan dengan demikian kita bisa menghemat pengeluaran. 

5. Investasi

Menjelang hari raya, bagi pekerja formal biasanya akan mendapatkan tambahan uang belanja berupa THR (Tunjangan Hari Raya). Ada baiknya dana tersebut sebagian diinvestasikan untuk persiapan masa depan. Kurangi liburan atau hal-hal lain yang membuat boros anggaran. 

Demikian informasi singkat mengenai Tips Mengatur Anggaran di Bulan Ramadan kali ini, semoga bermanfaat. 
Tips Mengatur Anggaran di Bulan Ramadan

You Might Also Like:

Protected by Copyscape