4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Stress

SaungMaman - 4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Stress

Tanpa kita sadari, dalam kegiatan sehari-hari kita sering melakukan berbagai hal yang bisa memicu stress. Kelihatannya sepele, tapi bila hal ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin kalau suatu saat akan menimbulkan penyakit stress berkepanjangan.

Stress itu bisa timbul pada umumnya disebabkan oleh berbagai akibat yang biasanya muncul dari dalam diri sendiri. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada juga faktor eksternal yang jadi penyebabnya.

Pada artikel kali ini SaungMaman akan membahas berbagai penyebab timbulnya gejala stress yang disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari. 

Apa saja hal-hal yang bisa memicu stress? 

1. Menunda pekerjaan

Menunda Pekerjaan | Image: Freepik

Kebiasaan menunda pekerjaan biasa dilakukan oleh sebagian besar dari kita. Alih-alih membuat kita rileks, menunda pekerjaan justru akan menjadi sebab timbulnya rasa tidak tenang, karena pikiran kita terbebani oleh pekerjaan yang belum diselesaikan. Bila hal ini dibiarkan, lambat laun akan menjadi bibit penyakit pikiran atau stress. 

2. Memendam masalah

Memendam Masalah | Image: Freepik

Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri, namun bukan berarti masalah tersebut harus dipendan dan menjadi beban berat yang mengganggu pikiran. Cobalah untuk berbagi, curhat, atau sharing dengan teman-teman yang dapat dipercaya. Memendam masalah sendirian akan berdampak buruk bagi kesehatan pikiran, bila dibiarkan akan menjadi penyebab timbulnya stress yang sulit untuk disembuhkan. 

3. Rebahan sendirian

Rebahan Sendirian | Image: Freepik

Rebahan sendirian kelihatannya nyaman dilakukan, namun sebenarnya ini kurang baik juga buat kesehatan mental. Orang yang terlalu sering rebahan sendirian, pikirannya akan melayang kemana-mana. Banyak angan-angan yang merasuki pikiran dan tidak jelas arah tujuannya. Rebahan yang berlebihan juga bisa berakhir dengan timbulnya penyakit stress. 

4. Mengerjakan segalanya sendirian

Mengerjakan Segalanya Sendirian
Maksud hati ingin belajar mandiri, eh malah membuat badan jadi capek dan kehilangan stamina. Ini dampak buruk yang bisa terjadi apabila mengerjakan segala sesuatu sendirian. Cobalah untuk berinteraksi dengan teman atau kerabat dalam mengerjakan sesuatu, tentu ini bisa lebih menyenangkan bukan? Bekerja sendirian membuat pikiran jadi suntuk, yang pada akhirnya akan memicu penyakit stress dan membuat kesehatan menurun drastis. 

Nah, mulai sekarang, ubahlah 4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Stress tersebut. Kita tentu menginginkan tubuh dan pikiran yang sehat, maka dari itu, hindari stress dan lakukan segala sesuatunya dengan hati yang gembira. 
4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Stress

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: