Tips Puasa Aman bagi Penderita Diabetes

By SaungMaman

Ibadah puasa Ramadan adalah ibadah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bagi mereka yang sehat ibadah puasa tentu bukan masalah, namun bagi mereka yang menderita penyakit seperti diabetes tentunya merupakan tantangan tersendiri karena berhubungan langsung dengan pola makan. 

Yang perlu diperhatikan pasien diabetes saat puasa

Penderita diabetes dianjurkan untuk makan secara teratur dan rutin meminum obat. Bila tidak, maka akan berdampak buruk pada kondisi kesehatannya. Idealnya, penderita diabetes harus rutin makan tiap 3 jam dan menghindari makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, makanan manis dan lain-lain. 

Tips Puasa Penderita Diabetes
Pasien diabetes sebaiknya berpuasa dibawah pengawasan ahli. Mereka juga harus mengatur perawatan menyesuaikan dengan pola konsumsi makan karena adanya perubahan metabolisme tubuh. 


Puasa bagi mereka yang memiliki penyakit gula dapat menyebabkan komplikasi seperti Hipoglikemia yakni defisiensi glukosa  dalam darah dan Hiperglikemia yaitu peningkatan kadar gula darah atau dehidrasi yang berlebihan. Penderita diabetes yang mengalami gejala tersebut harus segera menghentikan puasa mereka demi menjaga keselamatan. 

Komplikasi serius lainnya disebut Ketoadidosis Diabetik dengan gejala: sesak napas, dehidrasi, muntah bahkan koma. Penderita diabetes tipe 1 dengan gejala Hipoglikemia berulang memiliki resiko lebih tinggi bila berpuasa. 

Hipoglikemia dan Hiperglikemia juga dapat terjadi pada pasien diabetes tipe 2 tapi biasanya lebih jarang dengan resiko yang lebih ringan. 

Pencegahan

Bagi penderita diabetes ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap berpuasa:

1. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan beberapa bulan sebelum berpuasa. Tujuannya untuk mengatur pola makan dan jadwal minum obat. Disamping itu, pemeriksaan kadar gula juga dilakukan tiap hari. 

2. Perbanyak konsumsi karbohidrat dan makanan berkalori tinggi, sayuran hijau dan buah-buahan segar. Lengkapi juga dengan kacang-kacangan multigrain dan wholegrain dengan tambahan asupan cairan

3. Hindari minuman yang mengandung kafein dan makanan berminyak seperti gorengan karena dapat menyebabkan dehidrasi

4. Istirahat atau tidur yang cukup minimal 6 jam perhari. Dianjurkan untuk tidur 2-3 jam setelah sahur agar tubuh selalu fit. 

Demikian info mengenai Tips Puasa Aman bagi Penderita Diabetes kali ini, semoga bermanfaat. 





Tips Puasa Aman bagi Penderita Diabetes

You Might Also Like: