Ini Dia Jenis-jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

By SaungMaman

Jenis-jenis makanan untuk ibu hamil disarankan memiliki kandungan zat gizi lebih karena diperlukan untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayi sekaligus. 

Asupan gizi yang cukup dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin, pembentukan ASI, membantu mempersiapkan tenaga ibu saat persalinan dan memenuhi segala kebutuhan tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan. 

Porsi makanan ibu hamil


Menu makanan untuk ibu hamil sebenarnya sama dengan menu makanan untuk ibu-ibu lainnya, hanya saja porsinya sedikit demi sedikit ditingkatkan. Begitu juga kualitasnya, sebisa mungkin memenuhi kebutuhan untuk dua orang yaitu ibu dan janin yang dikandungnya. 

Dalam masa 3 bulan kehamilan, asupan makanan dengan gizi seimbang perlahan-lahan ditingkatkan. Pada bulan-bulan selanjutnya perkembangan janin akan lebih pesat sehingga kebutuhan nutrisi juga akan meningkat secara drastis. 

Jenis makanan yang baik untuk ibu hamil

Sebagai sumber energi

Disarankan untuk mengkonsumsi nasi, mie, kentang dan roti. Ragam makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup dapat membantu ibu hamil memiliki tenaga yang cukup di masa kehamilan. 

Ini Dia Jenis-jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil
Ini Dia Jenis-jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil


Makanan sebagai zat pembangun

Daging, susu, telur, tempe dan tahu adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Baik dikonsumsi ibu hamil sebagai zat pembangun. 

Zat pengatur

Sayur-sayuran dan buah-buahan segar adalah jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan calon bayi. Fungsinya sebagai zat pengatur keseimbangan gizi baik bagi ibu dan janin yang dikandungnya. 
Baca juga: 

Porsi makan

Untuk memenuhi kecukupan gizi bagi ibu hamil dan bayi, disarankan untuk porsi makan adalah 1 1/4 kali lebih banyak dari porsi makan biasanya. Dikonsumsi 4-5 kali disesuaikan dengan kemampuan ibu dalam menyantap menu makanan. 

Jenis makanan untuk mengatasi mual

Saat hamil, terjadi reaksi dan perubahan dalam sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan ibu hamil sering kali merasa mual atau eneg. Untuk mengatasinya disarankan untuk mengkonsumsi kudapan berupa biskuit, aneka kue kering, roti panggang, dan lain-lain. Sedangkan untuk minuman bisa air kacang hijau, air tomat atau air jeruk. 

Makanan yang harus dibatasi

Hindari makanan berlemak, mengandung alkohol, dan makanan yang mengandung gas seperti nanas, durian, nangka. 

Mengatasi kurang darah

Bila merasa lemas karena kurang darah, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran warna hijau, hati, kacang-kacangan, dan minum suplemen penambah darah. 

Bila sembelit

Untuk mengatasi sembelit, cobalah konsumsi minyak kelapa murni satu sendok makan pada pagi dan sore hari. 

Ini Dia Jenis-jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape