Cara Membuat Tulisan dengan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

By SaungMaman

Cara membuat tulisan dengan aplikasi pengubah suara menjadi teks dilakukan sebagai alternatif disaat kita malas mengetik. Dalam prosesnya nanti kita tetap melakukan pengetikan untuk memperbaiki tata bahasa serta kesalahan saat merekam suara. Namun setidaknya hal ini dapat mempersingkat waktu dalam menyusun kata demi kata dengan menggunakan aplikasi pengubah suara menjadi teks atau tulisan. 

Unduh aplikasi pengubah suara


Adapun langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengubah suara menjadi teks adalah dengan mengunduh aplikasi pengubah suara menjadi teks atau tulisan di google play. Dan kali ini saya mencoba menginstal sebuah aplikasi dengan nama Speech to Text dari Xenom Apps dengan ukuran yang cukup kecil, yakni hanya sekitar 2,0 MB saja. 

Cara Membuat Tulisan dengan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Instal aplikasi


Setelah selesai mengunduh, lakukan instalasi seperti biasa dan izinkan aplikasi untuk membaca data dalam smartphone. Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi pengubah suara dan mulailah dengan melakukan pengaturan bahasa. Karena kita tinggal di Indonesia maka pilihlah bahasa Indonesia. Atau buat temen-temen yang udah fasih berbahasa asing, bahasa Inggris misalnya, silahkan pilih bahasa Inggris. 

Setelah pengaturan bahasa selesai, maka kita sudah bisa memulai berkreasi mengubah suara menjadi teks. Silahkan Anda bereksperimen, mulailah dengan merekam suara misalnya membuat judul artikel yang akan kita publish, dilanjutkan dengan membuat intro atau pembukaan pada awal paragraf.

Proses editing


Pada tahap awal menggunakan aplikasi pengubah suara mungkin Anda akan merasa canggung dan kikuk, terutama ada kesulitan dalam pengaturan paragraf dan tanda baca. Hal ini wajar, karena segala sesuatu memang harus dimulai dari nol. Dan seperti sudah saya katakan diawal, bahwa hasil tulisan dari suara ini masih perlu dilakukan proses editing agar hasilnya menjadi jauh lebih baik. 




Mengubah suara menjadi tulisan memang bukan perkara mudah, berhubung ini adalah kali pertama saya membuat teks dengan aplikasi pengubah suara, maka hasilnya terlihat kurang rapi atau masih berantakan. Namun saya yakin bila kita terus berlatih, bukan tidak mungkin kegiatan baru ini nantinya bakalan menjadi sebuah kesenangan baru yang akan mengubah kebiasaan lama menjadi sesuatu yang jauh lebih menyenangkan. 

Proses mengubah suara menjadi teks dengan aplikasi pengubah suara ini bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan menekan gambar mikrofon dan mulailah mengucapkan kata-kata yang diinginkan secara perlahan dan jelas. Usahakan berada di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian agar aplikasi bisa merekam suara kita dengan baik. 

Setelah berhasil menyusun beberapa kalimat, lakukan proses editing agar paragraf, susunan kalimat serta tanda baca tertata dengan baik. Bila langkah ini berhasil dilewati, maka bisa dilanjutkan dengan mengulanginya untuk pembahasan selanjutnya dan ulangi lagi dengan langkah pengeditan tahap kedua, ketiga dan seterusnya hingga artikel siap di salin ke halaman posting blog dan siap ditayangkan. 

Nah, kiranya itu saja artikel pembahasan  mengenai Cara Membuat Tulisan dengan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 


Cara Membuat Tulisan dengan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru