Apa Perbedaan Lampu LED dan Lampu Pijar

By SaungMaman

Sobat SaungMaman mungkin pernah atau sering mendengar tentang jenis lampu listrik yang biasa digunakan dalam rumah tangga. Pada umumnya ada dua jenis lampu listrik yang beredar di pasaran yakni Lampu Led dan lampu pijar. 

Nah, mungkin diantara para sobat ada yang belum tahu apa perbedaan lampu led dan lampu pijar, di artikel ini akan dijelaskan dengan rinci. Untuk itu teruskan membaca ya... 

Perbedaan Lampu LED dan Lampu Pijar
Apa Perbedaan Lampu LED dan Lampu Pijar? 
Penggunaan lampu led saat ini relatif lebih banyak dibandingkan dengan lampu pijar. Hal ini cukup beralasan mengingat lampu led memiliki beberapa keunggulan dibanding lampu pijar biasa. Tidak seperti lampu pijar, lampu led akan menghasilkan cahaya terang secara langsung tanpa membutuhkan waktu pemanasan (warm-up). 

Perbedaan lampu led dan lampu pijar

Sebelum kita lanjut membahas tentang keunggulan lampu led, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu perbedaan keduanya. Led adalah singkatan dari "Lighting Emitting Diode", yang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi "Diode Pancaran Cahaya". 

Lampu led mengkonsumsi energi paling sedikit dibanding sumber pencahayaan yang lain. Namun dari segi pencahayaan lebih terang dari lampu pijar. Produk ini banyak digunakan di berbagai bidang seperti perumahan, industri, sinyal lalu lintas, penerbangan dan lain-lain. 

Berbeda dengan lampu led, lampu pijar atau bohlam bekerja dengan cara menyalurkan arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas lalu menghasilkan cahaya. Cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang, sehingga dalam penggunaannya cukup nyaman untuk mata. 

Jenis-jenis lampu led

Lampu led sendiri memiliki banyak jenis. Yang sedang trend saat ini adalah jenis smart home atau smart bulb. Lampu smart bulb mampu menghemat penggunaan energi hingga 80-90 % dibandingkan dengan bohlam biasa.

Untuk berbagai kebutuhan Lampu led dengan berbagai keunggulan, Anda bisa memilih produk-produk dari Meval yang tersedia dalam berbagai jenis. Lampu smart bulb sendiri terdiri dari beberapa type, diantaranya:

1. Wifi smart bulb

Wifi smart bulb memungkinkan pengguna menyalakan dan mematikan lampu dengan menggunakan  aplikasi yang terhubung dengan koneksi wifi. 

2. Light sensor bulb

Lampu jenis ini memanfaatkan cahaya untuk pengoperasiannya. Bila cahaya terang maka lampu akan mati, namun sebaliknya bila cahaya redup atau gelap maka lampu akan menyala secara otomatis. 

3. Movement sensor bulb

Untuk lampu jenis ini, bila ada gerakan maka lampu akan menyala. Bila tidak ada gerakan maka lampu akan mati. 

4. Ezy dimmer bulb

Untuk merubah cahaya lampu, bisa memilih Ezy dimmer bulb yang bisa dioperasikan dengan menggunakan saklar biasa. 

5. Magic bulb

Magic bulb adalah jenis lampu yang bisa digunakan saat dalam keadaan darurat. Dengan menggunakan lampu jenis magic bulb, saat listrik PLN  mati maka lampu ini akan tetap menyala. 

Keunggulan lampu led dibanding lampu pijar

Kemajuan teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitupun teknologi yang berkaitan dengan dunia kelistrikan. Dulu orang lebih mengenal lampu pijar sebagian alat penerangan utama. Seiring pesatnya arus teknologi, kini jenis lampu led jauh lebih banyak digunakan karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lampu pijar biasa. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan lampu led:

1. Nyaman di mata dan ramah lingkungan

Lampu led nyaman di mata dan ramah lingkungan karena tidak mengandung mercury dan radiasi IR dan UV. Sinar yang jernih dan Colour Rendering Index (CRI) yang tinggi menghasilkan warna alami yang aman dan nyaman untuk mata. 

Kelebihan Ini tentu saja mampu memberikan efek menenangkan bagi siapa pun yang terpapar cahayanya.

2. Hemat energi

Panas yang dihasilkan lampu led jauh lebih rendah daripada lampu pijar. Dengan demikian energi yang digunakan juga jauh lebih sedikit yang membuat biaya pengeluran menjadi lebih hemat. 

3. Tahan lama

Penggunaan energi pada lampu led lebih hemat 80% dari lampu biasa. Lampu led mampu bertahan hingga 25 tahun sedangkan lampu pijar maksimal 18 bulan saja. 

4. Memiliki tampilan lebih dinamis 

Tidak hanya unggul dari sisi fungsional, lampu led juga unggul dalam hal penciptaan kesan. Cahaya lampu led sangat fokus sehingga mampu memberi tampilan yang dinamis dan menciptakan suasana hangat dalam ruangan. 

5. Berteknologi canggih

Saat ini penggunaan lampu led sudah bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat yang bisa diprogram. Perkembangan teknologi memungkinkan lampu led bisa dimanfaatkan secara lebih luas. Fungsi utama lampu led sebagai alat penerangan, bisa dimodifikasi untuk memudahkan pengguna dengan cara yang lebih inovatif. 

Demikian info singkat mengenai Apa Perbedaan Lampu LED dan Lampu pijar Kali ini, semoga bermanfaat. 
Apa Perbedaan Lampu LED dan Lampu Pijar

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape