3 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

By SaungMaman

Ada beberapa jenis posisi tidur yang bisa kamu pilih saat beristirahat setelah seharian beraktivitas. Posisi tidur yang baik berpengaruh pada kesehatan anggota tubuh lainnya seperti leher, punggung, pinggang dan lain-lain.

3 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan
3 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan


 3 posisi tidur


Posisi tidur umumnya dari 3 macam yang masing-masing memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap anggota tubuh lainnya. Berikut ini ulasannya:

1. Posisi tidur miring

Posisi tidur miring atau menyamping terutama miring ke kiri, adalah posisi tidur yang sangat direkomendasikan karena dapat mengurangi dengkuran. Posisi tidur menyamping dapat mengurangi rasa mulas pada perut dan melancarkan pencernaan.

Meski demikian, ada juga dampak buruknya apabila terlalu sering tidur dengan posisi miring, misalnya mengalami kaku pada bahu atau pinggang. Untuk itu sebaiknya ada alternatif lain saat memilih posisi tidur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Posisi tidur telentang

Posisi tidur yang kedua adalah posisi telentang. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memilih posisi ini. Tidur telentang bisa membantu melindungi tulang belakang serta menghindari rasa nyeri pada pinggul dan lutut. Posisi tidur telentang baik untuk menjaga posisi tubuh sejajar dengan ruas tulang belakang. Hal ini menghindari adanya tekanan berlebihan pada sendi dan punggung. 

Namun demikian posisi tidur ini kurang baik bagi penderita sesak napas atau bagi mereka yang memiliki sakit punggung. Maka disarankan agar bila menghendaki posisi tidur telentang sebaiknya jangan terlalu lama. 

3. Posisi tidur tengkurap

Meski tengkurap merupakan posisi tidur yang kurang nyaman, namun boleh-boleh saja dilakukan sesekali. Tidur dengan posisi tengkurap baik untuk mereka yang memiliki masalah tidur mendengkur. Nakun perlu diingat, bahwa posisi tidur tengkurap bisa menyebabkan sakit leher dan punggung. Selain itu bila terlalu lama tidur tengkurap bisa membuat tubuh merasa lelah dan sakit pada otot. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganjal perut dengan bantal agar rasa nyeri pada punggung bisa sedikit dikurangi. 

Demikian 3 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 

3 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

You Might Also Like: