Meraih Impian dengan Kelas Online yang Fleksibel

By SaungMaman

Metode kelas online atau pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan disaat pandemi berlangsung. Pemerintah sudah berupaya dengan segala cara untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 agar kondisi negara yang tak menentu bisa berjalan kembali normal seperti sediakala. Dalam dunia pendidikan, saat sistem pembelajaran secara tatap muka belum bisa dilakukan, solusinya adalah dengan mengoptimalkan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Meraih Impian Masa Depan dengan Kelas Online yang Fleksibel
Meraih Impian Masa Depan dengan Kelas Online yang Fleksibel
Seperti kita ketahui bersama, pandemi yang melanda hampir seluruh belahan dunia masih belum juga mereda. Hal ini memaksa seluruh stack holder memutuskan untuk membatasi segala kegiatan, termasuk dunia pendidikan. Hal ini mutlak dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona agar tidak semakin meluas. 

Namun demikian, kita tak boleh menyerah. Berbagai upaya tetap harus diupayakan agar kegiatan belajar mengajar bisa tetap berlangsung walaupun tanpa harus datang ke sekolah atau kampus. Maka sistem pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan yang paling tepat yang bisa diambil untuk mengantisipasi makin meluasnya penyebaran virus Corona bila pembelajaran tatap muka tetap dilakukan. 

Tips memilih kelas online

Sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi internet. Sarana yang digunakan meliputi penggunaan perangkat komputer, laptop dan smartphone yang terhubung ke internet. Bagi sebagian masyarakat yang memiliki koneksi internet yang memadai, tentunya tidak menjadi masalah karena akses internet selalu tersedia kapanpun saat dibutuhkan. Namun bagi sebagian yang lain, yang memiliki keterbatasan mengakses data, menjadi permasalahan tersendiri. 

Bersyukur pemerintah cukup peduli dengan kondisi ini dan memberi solusi bagi warga masyarakat kurang mampu dengan memberikan bantuan kuota gratis bagi pelajar yang membutuhkan. Program pemberian kuota gratis ini cukup membantu dalam meringankan beban orang tua siswa atau mahasiswa yang menginginkan putra-putri mereka bisa tetap belajar di tengah keterbatasan. 
Selain melaksanakan pembelajaran jarak jauh sesuai anjuran pemerintah, para pelajar dan mahasiswa tentu masih punya keinginan untuk meningkatkan pemahaman akan materi pembelajaran yang lebih lengkap. Maka pilihannya adalah dengan mengikuti kelas online yang dikelola oleh lembaga pendidikan diluar asuhan pemerintah. 

Pertanyaannya adalah: Bagaimana cara memilih lembaga pendidikan yang baik?

Dalam memilih tempat belajar dengan sistem daring, dibutuhkan ketelitian dan kecakapan sebelum memutuskan untuk bergabung. Jangan sampai salah memilih lembaga pendidikan yang tidak sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Banyak lembaga pendidikan yang hanya mementingkan segi bisnisnya semata tanpa memperhatikan kualitas pembelajaran. 

Sebagai panduan dalam memilih kelas online, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

1. Pilih kelas sesuai dengan kebutuhan

Sebelum memilih kelas online, pahami terlebih dahulu apa minat dan bakat yang ingin kamu kembangkan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah dengan bergabung di kelas ini kamu akan mendapatkan apa yang kamu impikan? 

2. Lakukan riset terlebih dahulu

Riset dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana lembaga pendidikan yang akan kamu masuki. Kenali program yang mereka miliki, bagaimana metode pembelajarannya, berapa biayanya, dan lain-lain. Hal ini penting kamu ketahui agar saat bergabung nanti tidak menyesal akibat minimnya informasi yang didapatkan. 

3. Pertimbangkan soal waktu

Pastikan mengetahui dengan seksama berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan materi pembelajaran. Semakin singkat waktunya, maka semakin baik hasilnya. 

4. Pilih kelas yang berteknologi tinggi

Pembelajaran jarak jauh tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Oleh karena, demi kesuksesan dalam belajar secara daring, pilihlah kelas online yang memiliki perangkat pendukung berteknologi tinggi. Ini sangat penting agar dalam pelaksanaan belajar nanti tidak mengalami kendala yang dapat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar. 

Dari sekian banyak kelas belajar yang menyelenggarakan sistem pembelajaran secara online adalah BINUS Online Learning (BOL). Lembaga pendidikan yang direkomendasikan untuk siswa SMA/SMK sederajat dan Diploma (D3) ini menawarkan sistem pembelajaran jarak jauh agar mereka mampu meraih impiannya menjadi sarjana (S1) dengan waktu perkuliahan yang sangat fleksibel. 

Berikut ini beberapa keunggulan kelas online BINUS Online Learning, yang bisa dijadikan rujukan sebelum memutuskan bergabung. Simak pemaparannya berikut ini, agar memperoleh informasi yang benar dan bermanfaat:

1. Sistem modular

Mahasiswa diberikan kebebasan memilih jumlah mata kuliah sesuai kebutuhan dan jadwal yang di tentukan.

2. Biaya kuliah yang fleksibel

Mahasiswa dapat mengatur besarnya biaya kuliah disesuaikan dengan kemampuan dan dsna yang tersedia. 

3. Ujian secara online

Saat ujian dilakukan, tidak mengharuskan mahasiswanya datang ke kampus, cukup dengan melakukan ujian secara online yang bisa dilakukan dimanapun. 

4. Memiliki fleksibilitas

Mahasiswa dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh dosen dengan mudah dan fleksibel. Tidak ada jarak yang membuat hubungan antara dosen dan mahasiswa kurang harmonis. 

5. Berkualitas

Penggunaan LMS yang terintegrasi yang memudahkan interaksi baik mahasiswa dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen atau pembimbing. 

6. Materi pembelajaran global

Materi pembelajaran berlaku secara global, tidak terbatas oleh jarak maupun waktu, sehingga kualitas penerimaan ilmu pengetahuan benar-benar diraih mahasiswa secara optimal. 

Memilih jurusan

Di BINUS Online Learning ada banyak jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Jurusan yang tersedia memungkinkan tiap mahasiswa menentukan pilihan sesuai minat dan bakat yang dimilikinya. 

Berikut ini jurusan yang bisa dipilih:

  • Accounting
  • Computer Science
  • Industrial Engineering
  • Information System
  • Business Management
Apa itu Sistem modular? 

Binus Online Learning diselenggarakan oleh BINUS UNIVERSITY melalui sistem perkuliahan online. Dilakukan secara mandiri untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa yang tidak punya banyak waktu dan kesempatan, namun punya tekad untuk mengembangkan diri. Beberapa keuntungan bagi mahasiswa yang belajar di kelas online BINUS antara lain:
  1. Mahasiswa bebas memilih jumlah mata kuliah dan dapat memilih sendiri jadwalnya.
  2. Biaya kuliah yang fleksibel. Mahasiswa dapat memilih besarnya biaya kuliah sesuai kemampuan keuangannya.
  3. Ujian dilakukan secara online. Bila sebelumnya ujian harus dilakukan di suatu tempat, maka saat ini ujian dilakukan secara online dan dapat dilakukan di manapun dan kapan saja.
Dengan sistem ini diharapkan mahasiswa dapat tetap mengikuti perkuliahan dan bisa meraih impiannya. Kuliah sambil tetap menjaga produktivitas di dunia kerja adalah kunci dalam membangun manusia yang berdaya guna. Hal ini tentunya sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana kualitas sumber daya manusia sedang sangat-sangat dibutuhkan.

Pembelajaran dengan mengedepankan fleksibilitas untuk kenyamanan mahasiswa, menjadi prioritas utama yang tidak bisa di tawar-tawar lagi. Saat ini semua orang sedang dalam masa sulit akibat adanya pandemi Covid-19. Maka segala daya dan upaya untuk mengatasi berbagai keterbatasan, harus terus dilakukan. 

BINUS Online Learning juga menawarkan kelas karyawan bagi mereka yang sudah bekerja namun ingin terus menambah ilmu dan keterampilan dibidang akademik. Waktu  perkuliahan yang fleksibel memungkinkan mahasiswa tetap dapat beraktivitas dalam pekerjaannya masing-masing tanpa mengganggu waktu kuliah. 

Demikian artikel mengenai Meraih Impian Masa Depan dengan Kelas Online yang Fleksibel kali ini, semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat buat pembaca sekalian. 


Meraih Impian dengan Kelas Online yang Fleksibel

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru