5 Manfaat Games Online yang Perlu Kamu Ketahui

By SaungMaman

Bermain games online merupakan sebuah kegiatan yang biasa dilakukan saat sedang bersantai atau dalam waktu-waktu tertentu. Sebagian orang menganggap bermain games adalah kegiatan yang negatif. Sebenarnya tidak selalu demikian, karena banyak juga manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas permainan online asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan.

Seperti kita ketahui, bahwa setiap aktivitas apapun yang kita lakukan tentu ada sisi baik dan buruknya. Begitupun dengan aktivitas permainan online. Namun disini kita hanya akan membahas hal-hal positifnya saja, agar banyak orang yang mengetahui bahwa permainan online tidak selalu berdampak negatif.

Perkembangan teknologi yang makin canggih membuat segalanya menjadi lebih mudah. Saya masih ingat, dulu untuk bisa bermain games harus pergi ke warung internet (Warnet) dan membayar sewa dengan biaya yang cukup mahal. Tapi sekarang hanya dengan menggunakan handphone dan kuota internet secukupnya, sudah bisa bermain games sepuasnya. 

Contoh lainnya, kalau dulu untuk bisa bermain games online harus menginstal aplikasi di handphone yang cukup menguras memori, sekarang tidak lagi. Kita bisa bermain games hanya dengan mengakses website penyedia games online seperti Solitaire.org yang berisi banyak sekali games-games yang bisa kita pilih. 

5 Manfaat Games Online yang Perlu Kamu Ketahui
Solitaire.org
Di website ini ada banyak sekali permainan yang bisa dimainkan secara online tanpa harus menginstal aplikasinya. Hal ini tentu sangat memudahkan siapapun yang ingin bermain games online dengan cara yang mudah. Solitaire adalah website penyedia games online yang menyediakan bermacam permainan kartu. Namun selain itu games-games lainnya juga disediakan untuk pengguna yang ingin merasakan variasi permainan. 

Selain fokus pada permainan Solitaire Games, di situs ini juga kamu dapat mencoba beberapa permainan lainnya seperti: 

1. Free Online Classic Solitaire Card
2. Free Cell Solitaire
3. Spider Solitaire
4. Pyramid
5. Tripeaks
6. Golf
7. Mahjong
8. Dan lain-lain. 

Semua permainan tersebut bisa kamu mainkan dengan nyaman tanpa harus mengunduh dan menginstal aplikasinya dan juga bebas dari gangguan iklan. 

Perubahan demi perubahan yang terjadi memungkinkan kita memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Dalam permainan online, kemudahan adalah segalanya. Bayangkan seandainya untuk bersenang-senang saja kita harus melakukan sesuatu yang rumit, tentunya hal tersebut sangat tidak kita inginkan. 

Tujuan kita melakukan permainan secara online adalah untuk mendapatkan kesenangan dan menghilangkan kelelahan setelah melakukan pekerjaan rutin. Dengan bermain games online timbul suatu perasaan gembira dan terhindar dari stress yang cukup mengganggu. 


Saya paling suka bermain games online sederhana namun cukup menghibur dan mengasah kecerdasan otak juga. Contohnya adalah permainan Daily 1 to 25 yang tampilan game-nya seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Play Daily 1 to 25

Permainan ini cukup menarik dan mudah dilakukan. Yang harus kita lakukan adalah menyusun angka ke dalam papan. Papan berisi 25 kotak yang harus Anda isi dengan angka. Anda dapat menyeret angka dari samping ke kotak.

Setiap nomor yang ditempatkan harus berada di sebelah nomor sebelumnya. Itu bisa berupa kotak di atas, bawah, kiri atau kanan serta empat sel diagonal.

Setiap nomor yang ditempatkan harus sejajar dengan tempat asalnya di tepi papan. Angka di kiri atau kanan harus ditempatkan di sepanjang baris. Angka dari atas dan bawah harus ditempatkan vertikal di kolomnya.

Sudut-sudutnya menunjuk secara diagonal di seluruh papan.

Menurut pengalaman saya setelah mencoba permainan ini, dampak dari permainan ini cukup bagus untuk melatih kecerdasan otak. Disini kita dituntut agar mampu menyusun angka-angka secara berurutan. Sepertinya terlihat mudah, namun cukup menancing otak kita untuk berpikir kreatif dalam memindahkan angka-angka ke kotak yang tepat. 

Jenis-jenis permainan seperti ini menurut saya sangat baik dan berdampak positif terhadap kinerja otak. Saya sangat setuju bila permainan-permainan seperti ini lebih banyak dikembangkan oleh para pembuat games. 


Setidaknya ada 5 hal positif yang bisa kita dapatkan dari aktivitas permainan online, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kinerja otak

Saat bermain games, otak kita dituntut untuk berpikir bagaimana cara memenangkan pertandingan. Konsentrasi dibutuhkan agar kita bisa fokus dalam mencapai skor tertinggi. Selain itu otak kita juga dituntut untuk mencari inovasi-inovasi demi menyelesaikan misi yang harus kita kerjakan. 

2. Melatih sportifitas

Dalam setiap pertandingan tentu ada kalah ada menang. Saat kita kalah, jiwa sportifitas kita dituntut untuk menerima kekalahan dengan lapang dada. Dan sebaliknya, bila menang, kita tidak boleh bersikap sombong atau merendahkan lawan. 

3. Mengasah kerjasama tim

Ada permainan yang dilakukan dengan cara kerjasama tim atau grup. Disini kekompakan dibutuhkan untuk meraih kemenangan. Tanpa itu semua atau bila kita bersikap egoistis, maka jangan berharap bisa memenangkan pertandingan. 

4. Melatih kemampuan melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan

Agar bisa berhasil menyelesaikan permainan, konsentrasi dalam melakukan banyak hal secara bersamaan mutlak dilakukan. Ini bukan pekerjaan mudah, namun dengan tekun berlatih, lambat laun kemampuan ini akan makin terasah. 

5. Menimbulkan rasa bahagia

Bermain games online merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan. Rutinitas pekerjaan yang cukup melelahkan bisa sejenak kita lupakan dengan melakukan permainan online baik melalui komputer ataupun lewat handphone. 

Itulah 5 manfaat games online yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. 



5 Manfaat Games Online yang Perlu Kamu Ketahui

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: