Cara Membuat Strategi Pemasaran Konten Terbaik untuk Bisnis Anda

By SaungMaman

Pemasaran konten dapat berfungsi sebagai alat penghasil prospek yang berharga untuk bisnis Anda. Konten hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari video berdurasi 30 detik hingga e-book dengan banyak halaman.

Meskipun Anda mungkin tertarik untuk terjun dan mulai membuat konten untuk menjaring target Anda, ada proses yang perlu Anda ikuti untuk memaksimalkan efektivitas Anda. Panduan ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk membuat konten yang berharga dan mempromosikannya dengan cara yang mendorong prospek untuk membeli produk Anda. 

Kembangkan Target Pemirsa Dengan Kebutuhan Khusus

Riset adalah bagian penting dari pembuatan konten. Dengan jutaan posting artikel blog yang diterbitkan setiap hari, bisnis perlu menemukan cara untuk tampil dan memberikan nilai nyata kepada pelanggan yang ingin mereka jangkau. Setiap konten membutuhkan target pengguna yang jelas dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Ini tidak hanya membuat konten Anda lebih bernilai, tetapi juga membantu Anda mendapatkan ide konten apa yang akan dibuat dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.


Pertimbangkan berbagai pilihan yang tersedia bagi Anda untuk riset konten. Anda dapat mempelajari tentang target sasaran di Google Analytics dan menggunakan istilah pencarian dan penelitian kata kunci untuk mengidentifikasi titik kesulitan mereka.

Beberapa perusahaan melangkah lebih jauh dengan membuat bagan dengan audiens, kata kunci, dan kemudian langkah yang tepat untuk mengatasi masalah mereka. Lagi pula, jika konten Anda tidak menciptakan nilai lebih, lalu mengapa Anda menghabiskan waktu untuk itu?

Penerbit yang berpengalaman jarang membuat konten yang menyimpang dari kebutuhan audiens mereka dan terus bekerja untuk mengisi kesenjangan informasi dan pengetahuan. Melalui riset, Anda mungkin menemukan bahwa membuat konten berita dengan topik tertentu membutuhkan tutorial terperinci. Mungkin juga Anda akan melakukan beberapa percobaan dengan format berbeda hingga ada yang benar-benar cocok untuk diterapkan pada bisnis Anda. 

Kembangkan Konten Pendukung untuk Pesan Anda

Konten berkualitas tinggi yang Anda buat untuk pelanggan dikenal sebagai "Landing Page" atau "Konten Landasan". Ini adalah konten yang berharga, mendalam, dan menarik orang ke halaman Anda. Konten landasan bisa berupa halaman yang sudah berperingkat baik (yang ingin Anda tingkatkan) atau konten baru yang ingin Anda promosikan. Langkah selanjutnya dalam strategi pemasaran konten Anda adalah membuat konten pendukung yang meningkatkan bagian-bagian dari landasan ini.

Cara Membuat Strategi Pemasaran Konten Terbaik untuk Bisnis Anda

Konten pendukung Anda hadir dalam berbagai bentuk. Beberapa contoh termasuk posting media sosial yang mengarahkan lalu lintas ke halaman Anda, posting tamu yang menampilkan sorotan konten landasan Anda dan menautkannya, dan posting blog tambahan yang mengarahkan pembaca ke konten awal.

Seperti yang Anda lihat dengan proses ini, promosi pemasaran konten memerlukan strategi jangka panjang. Anda tidak bisa hanya membuat konten dan berharap audiens Anda menemukannya. Nanyn butuh kesabaran hingga hasil kerja keras Anda berbuah manis. 

Bermitra Dengan Blogger Lain untuk Menyebarkan Konten Anda

Salah satu strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendukung upaya pemasaran konten Anda adalah dengan bekerjasama dengan influencer. Ini terjadi ketika Anda bermitra dengan berbagai akun media sosial dan pemilik blog untuk mengarahkan audiens mereka ke konten Anda. Meskipun Anda mungkin hanya memiliki jangkauan sekitar seribu orang, influencer dapat menjangkau puluhan ribu (bahkan ratusan ribu) pengguna internet. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda di depan pelanggan baru dan mengubah mereka menjadi penggemar dari apa yang ingin Anda perkenalkan. 

Cara termudah untuk bekerjasama dengan influencer adalah melalui layanan seperti Intellifluence. Anda dapat dengan mudah memilih orang berdasarkan niche, jumlah audiens, dan kualitas konten mereka. Dengan cara ini Anda dapat menemukan influencer yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Anda juga dapat dengan cepat membuat kesepakatan dengan apa yang harus diposkan oleh influencer dan bagaimana mereka akan diberi kompensasi atas pekerjaan mereka.

Dengan menemukan blogger yang tepat, Anda dapat menggiring ratusan pemirsa menuju konten yang Anda promosikan. Dari situ sudah jelas apa yang ingin Anda capai menjadi sebuah kemungkinan terjadinya penjualan yang sangat menjanjikan. 

Lacak Strategi Konten Yang Berhasil

Pembuatan konten adalah proses siklus. Anda membuat konten, Anda mempromosikan konten, dan Anda mengevaluasi bagaimana upaya Anda berhasil. Jika Anda tidak berhenti untuk mengevaluasi pekerjaan Anda di langkah terakhir ini, Anda bisa berakhir dengan membuat konten yang tidak menarik bagi audiens Anda atau tidak mendorong hasil yang Anda inginkan.

Catat konten apa yang disukai pelanggan Anda dan coba tiru kesuksesan itu dengan format serupa. Anda mungkin juga perlu mengembangkan ide dan mengembangkan karya tambahan berdasarkan umpan balik dari pelanggan. Misalnya, jika Anda mengembangkan panduan untuk mendirikan toko pop-up, langkah logis berikutnya adalah mengubah toko pop-up menjadi bisnis jangka panjang.

Proses evaluasi ini dapat memulai penelitian untuk konten landasan Anda berikutnya sehingga Anda dapat mengidentifikasi audiens target dan masalah yang perlu Anda pecahkan.

Membuat konten yang tepat sangat penting untuk terhubung dengan target pelanggan Anda; namun, tanpa promosi yang tepat, kerja keras dan ide-ide hebat Anda akan sia-sia. Dengan mengambil pandangan tingkat tinggi dari strategi pemasaran konten Anda, Anda dapat memastikan upaya Anda memberikan ROI nyata untuk bisnis Anda dan membantu Anda makin berkembang. 

Artikel ini pertama kali tayang di Intellifluence dengan judul: How to Create the Best Content Marketing Strategy for Your Niche
Cara Membuat Strategi Pemasaran Konten Terbaik untuk Bisnis Anda

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru