5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Rumah Minimalis

By SaungMaman

Memiliki rumah idaman tentu merupakan impian semua orang. Namun untuk mendapatkan rumah yang sesuai keinginan bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli rumah impian agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. 

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari referensi tentang rumah minimalis, ada baiknya mencari informasinya dengan membaca Artikel Tentang Rumah Idaman melalui internet. Kamu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan mulai dari tipe rumah, luas tanah dan bangunan, harga pasaran, sistem pembayaran dan lain-lain.

Saat kamu ingin membeli rumah minimalis baik baru maupun bekas, butuh kehati-hatian dan pertimbangan yang matang. Hal ini perlu dilakukan karena masalah jual beli rumah seringkali menimbulkan masalah yang cukup rumit bila tidak dilakukan dengan cara yang benar. 

Rumah Minimalis
Sedikitnya ada 5 hal penting yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli rumah minimalis, berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Periksa dokumen kelengkapan rumah

Setelah menemukan rumah minimalis yang cocok dan berniat membelinya, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya sengketa akibat kurang lengkapnya dokumen kepemilikan rumah yang merupakan syarat wajib dalam urusan jual beli rumah. 

Dokumen yang harus kamu cek terutama adalah Surat Hak Milik atau SHM dan Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB. Periksa apakah nama yang tertera adalah benar nama asli sebagai pemilik yang sah, sehingga keabsahannya bisa dipertanggungjawabkan. 

2. Mencari tahu harga pasaran

Sebelum membeli rumah minimalis, pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai harga pasaran. Informasi yang berkaitan dengan harga pasaran sebuah rumah minimalis bisa kamu dapatkan melalui website penyedia jasa properti, yang biasanya memberikan informasi yang lengkap mulai dari harga, spesifikasi bangunan, kelengkapan dokumen dan lain-lain. Dengan mengetahui harga pasaran kamu bisa menyiapkan dana yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

3. Memeriksa kondisi rumah

Hal yang juga perlu kamu perhatikan sebelum membeli rumah minimalis adalah memeriksa kondisi rumah. Rumah merupakan tempat tinggal yang harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi keluarga. Karenanya memeriksa kondisi rumah mulai dari atap, dinding, pondasi, lantai, kusen dan jendela mutlak dilakukan dengan sebaik-baiknya. 

4. Lokasi rumah

Memilih lokasi rumah minimalis merupakan hal yang sangat penting. Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, karena fungsi rumah bisa berbeda-beda untuk tiap kebutuhan. Misalnya kamu merencanakan rumah sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, maka pilihlah lokasinya yang jauh dari keramaian. Namun sebaliknya bila kamu ingin menjadikan rumah sebagai tempat tinggal yang juga dijadikan tempat usaha, mala pilihlah lokasinya yang ramai oleh kegiatan aktivitas warga. 

5. Cek ketersediaan air dan listrik

Air dan listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi keberadaan sebuah rumah. Untuk itu saat ingin membeli rumah pastikan ketersediaan air dan listrik cukup memadai. Sumber air bisa didapatkan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah dari air sumur/bor, dan cara yang kedua dengan berlangganan air PAM. 

Untuk pasokan listrik, pastikan daya yang tersedia cukup sesuai dengan kebutuhan. Bila daya yang tersedia dirasa kurang, maka bisa diupayakan untuk menambah daya dengan menghubungi layanan pelanggan di kantor PLN terdekat. 

Demikian informasi mengenai  5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Rumah Minimalis kali ini, semoga bermanfaat. 
5 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Rumah Minimalis

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru