Sudah Tidak Sanggup Bayar Kredit Mobil? Ini Solusinya

By SaungMaman

Memiliki cicilan kredit mobil tentunya akan menambah beban pengeluaran. Sehingga tidak jarang nasabah yang tidak sanggup bayar cicilan mobil hingga lunas. Meskipun demikian, hal ini harus Anda atasi karena bisa berdampak buruk untuk kedepannya. Bahkan Anda bisa dijatuhi hukuman karena melanggar perjanjian dengan pihak leasing.

Image source: Pexels.com

Kredit mobil sendiri memang merupakan langkah mudah untuk mendapatkan kendaraan roda empat yang diinginkan dengan budget yang minim. Namun Anda harus siap untuk melunasi tagihan cicilan kredit setiap bulan hingga lunas. Jangan sampai kredit cicilan macet dan membengkak di tengah jalan sebelum mobil lunas.

Adapun jika Anda tidak mampu melunasi cicilan kredit mobil, biasanya akan berdampak buruk Anda seperti:

● Kendaraan akan ditarik dan dilelang
● Masuk daftar hitam Bank Indonesia

Tentunya Anda tidak ingin mengalami kedua hal tersebut, ‘kan? Kredit macet sendiri merupakan kondisi dimana Anda sebagai debitur tidak sanggup bayar cicilan mobil hingga lunas karena tidak memiliki dana yang cukup. Jika sudah berada di keadaan seperti ini, langkah apa yang harus dilakukan?

Cara Menghindari Tidak Sanggup Bayar Cicilan Mobil

Image: Pexels.com

Jika sudah tidak ada titik terang untuk melunasi tagihan kredit mobil, maka Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan solusi dan cara mengatasi kredit macet leasing seperti yang akan kami bahas di bawah ini. Oleh karena itu, yuk simak ulasannya sekarang juga.

1. Pilih Mobil dengan Harga yang Sesuai Kemampuan Finansial

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghindari menunggak tagihan kredit mobil adalah dengan memilih jenis kendaraan roda empat yang sesuai dengan kemampuan finansial. Bukan tanpa alasan, semakin mahal mobil yang Anda pilih maka akan semakin besar pula tagihan per bulannya. Belum lagi Anda juga harus membayar sejumlah tagihan bunga yang menggunung.

2. Hindari Hutang Konsumtif

Saat sedang mengajukan kredit mobil, sebaiknya Anda menghindari mengajukan pinjaman konsumtif lainnya. Jika bisa Anda wajib menekan angka pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Hal ini bertujuan agar nantinya uang yang Anda miliki bisa fokus untuk membayar tagihan mobil dan tidak terganggu oleh bayaran lainnya.

3. Jangan Lalai Bayar Kredit

Untuk menghindari tidak sanggup bayar cicilan mobil, usahakanlah untuk langsung membayar tagihan kredit setelah Anda mendapatkan gaji bulanan. Biasanya gaji akan diterima pada awal bulan. Nah setelah mendapatkannya, Anda harus langsung menyisihkan dana untuk membayar kredit mobil. Cara yang satu ini sangat ampuh untuk menghindari menunggak membayar kredit mobil.

4. Lakukan Penjadwalan Ulang

Penjadwalan ulang atau rescheduling ditujukan untuk memperpanjang masa tenor yang disesuaikan dengan kemampuan debitur. Anda bisa menambah masa pembayaran kredit hingga batas waktu yang Anda sanggupi. Manfaatkanlah cara mengatasi kredit macet di masa pandemi yang satu ini untuk meringankan beban Anda dalam membayar tagihan mobil.

5. Ajukan Persyaratan Kembali

Tahukah Anda bahwa ada beberapa syarat yang dapat diubah oleh pihak leasing ketika Anda sebagai nasabah mengalami kredit macet. Beberapa perubahan syarat tersebut seperti perubahan tenor atau jangka waktu, jadwal pembayar, dan lain sebagainya. Dengan adanya restructuring ini diharapkan nasabah bisa membayar pinjaman pokok tepat waktu.

6. Penataan Kembali

Tidak hanya restructuring, Anda juga bisa mengajukan penataan kembali atau reconditioning. Langkah ini merupakan upaya bank untuk mengubah kondisi kredit guna meringankan tanggung jawab nasabah yang mengalami kemacetan dalam membayar tagihan cicilan kredit. Upaya leasing untuk membantu debiturnya dapat berupa menambah fasilitas, mengubah tunggakan menjadi pokok kredit baru, hingga penjadwalan dan persyaratan kembali.

7. Over Kredit

Jika keenam cara di atas tidak ampuh, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan jika tidak sanggup bayar cicilan mobil adalah dengan melakukan over kredit. Cara ini merupakan solusi tepat yang dimana Anda harus mencari debitur lain untuk meneruskan cicilan mobil. Nantinya mobil yang dimiliki akan dipindah alihkan ke pihak yang akan melanjutkan cicilan tersebut.

Meskipun dalam mengajukan kredit mobil sering terjadi masalah seperti terhambatnya membayar cicilan per bulan, tetapi hal ini jangan sampai membuat Anda takut. Pasalnya kini mengajukan kredit mobil dapat dilakukan dengan mudah, aman, dengan masa tenor yang panjang bersama Maybank Finance. Tidak percaya?

Hindari Menunggak Tagihan Kredit Mobil Bersama Maybank Finance

Sebagai cara menghindari kredit macet, Maybank Finance akan membantu Anda untuk mewujudkan kendaraan impian yang diinginkan. Tidak tanggung-tanggung, lembaga pembayaran yang satu ini memberikan layanan dan fasilitas yang super lengkap untuk setiap nasabahnya. Nah agar lebih meyakinkan Anda kenapa harus mengajukan kredit mobil disini, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Bunga Rendah dengan Tenor Panjang

Siapa sangka Maybank Finance hanya memberikan bunga mulai dari 5, 88% saja untuk nasabahnya? Tidak hanya itu, tenor yang diberikan untuk melunasi tagihan pun bisa mencapai 7 tahun dengan bunga sebesar 6,68%. Menarik bukan?

2. Banyak Promo Menarik

Bersama Maybank Finance tidak ada alasan lagi untuk tidak sanggup bayar cicilan mobil. Pasalnya Maybank Finance selalu menyediakan promo menarik untuk setiap nasabahnya. Anda bisa merasakan promo seperti cashback 30 ribu untuk pembayaran pertama dan cashback hingga 1 juta jika mengajukan kredit mobil di aplikasi KPM.

3. Langkah Mudah

Untuk membantu Anda mengajukan kredit mobil, kini Maybank Finance memiliki layanan berupa “Reservasi Online” di Website Maybank Finance. Disini Anda bisa mendaftarkan diri untuk pelunasan, pengambilan BPKB, mengurus STNK, dan lain sebagainya. Bahkan kini Anda juga bisa menghubungi call center Maybank Finance setiap hari.

Nah setelah mengetahui bagaimana kelebihan Maybank Finance sebagai leasing terbaik yang ada di Indonesia, apakah Anda sudah siap untuk mengajukan kredit mobil disini? Yuk hindari tidak sanggup bayar cicilan mobil dengan Maybank Finance sekarang juga.

Sumber:
https://www.maybankfinance.co.id/
https://www.cermati.com/artikel/kredit-macet-tips-menghindari-dan-mengatasinya
https://lifepal.co.id/media/ini-bahayanya-kalau-punya-tunggakan-cicilan-kredit-kendaraan/
https://otomotif.bisnis.com/read/20210604/46/1401312/kredit-mobil-atau-motor-macet-ini-tips-biar-tidak-ditarik-leasing

Sudah Tidak Sanggup Bayar Kredit Mobil? Ini Solusinya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru