Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Kalsium Harian untuk Menjaga Kesehatan Tulang

By SaungMaman

Beberapa minggu terakhir ini kesibukan saya sebagai seorang editor di sebuah studio foto di kawasan Tebet Jakarta Selatan, mengalami peningkatan yang cukup tajam. Hal ini dikarenakan banyaknya pelanggan yang melakukan pemotretan pasfoto siswa SLTA untuk pendaftaran masuk Perguruan Tinggi melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Dalam sehari rata-rata ada sekitar 30-50 siswa yang melakukan pemotretan di studio kami dan kesemuanya harus di edit dan harus selesai hari itu juga. Aktivitas ini berlangsung selama kurang lebih 6 minggu dengan jumlah karyawan studio hanya 2 orang ditambah 1 orang pimpinan yang bertugas sebagai kasir. 

Proses editing pasfoto yang terus menerus dan hampir tanpa jeda sepanjang hari, ternyata berdampak kurang baik terhadap kondisi pergelangan tangan saya. Di minggu ketiga semenjak ramainya siswa-siswi yang melakukan pasfoto, timbul pembengkakan disertai rasa ngilu pada tulang sendi di pergelangan tangan saya. 

Untuk mengurangi rasa sakit yang cukup mengganggu di pergelangan tangan, saya mencoba berbagai cara. Mulai dengan menggosoknya dengan balsam, mengurut dengan minyak gosok, menempelkan koyo, minum jamu, mengkompres dengan air garam, minum obat sakit sendi, dan lain-lain. Namun hasilnya nihil, rasa sakit itu tidak juga reda. 

Atas saran seorang teman, saya juga mencoba berobat ke ahli patah tulang atau tukang urut, namun hal itu juga tidak banyak membantu, rasa nyeri dan ngilu di pergelangan tangan masih belum bisa disembuhkan. 

Karena penasaran, sayapun mencoba mencari informasi mengenai penyakit yang saya rasakan dengan browsing di internet. Ada banyak informasi yang saya dapatkan. Satu hal yang cukup membuat saya menyesal adalah mengenai info yang menyebutkan bahwa rasa sakit yang timbul di pergelangan tangan atau persendian lainnya diakibatkan karena rapuhnya tulang rawan akibat kekurangan zat kalsium. 

Makanan berkalsium tinggi | Image: istockphoto.com

Saya akui memang, pengetahuan saya mengenai pentingnya kalsium untuk kesehatan tulang memang sangat minim. Selama ini saya tidak begitu memperhatikan berapa kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh terutama tulang dan gigi. 

Di usia yang sudah tidak muda lagi, kondisi tulang dan gigi tentu sudah tidak sekuat saat muda dulu. Ternyata itulah kenapa saat terjadi aktivitas yang cukup tinggi dan terus menerus pada bagian pergelangan tangan, menyebabkan rasa sakit yang diakibatkan oleh kurangnya zat kalsium dalam tubuh. 

Hal ini tentu tidak akan terjadi bila sejak usia muda, kita mengetahui dan memperhatikan kebutuhan kalsium yang cukup dengan rutin mengkonsumsi suplemen kalsium. Suplemen kalsium dibutuhkan manakala tubuh kita tidak mendapatkan asupan yang cukup dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Kalsium yang cukup sangat bermanfaat dalam membangun tulang yang kokoh dan terhindar dari pengeroposan tulang (osteoporosis). Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang perlu menjaga kecukupan kalsium bagi kesehatan tubuhnya sejak dini. 


Namun perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium setiap orang berbeda-beda berdasarkan usia, asupan vitamin D, komponen pada makanan (beberapa jenis makanan ada yang bisa mengurangi kualitas kalsium) dan  beberapa faktor lainnya. 

Nah, tentunya setelah mengetahui pentingnya asupan kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang maupun gigi, maka tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikan berapa kebutuhan kalsium yang kita butuhkan setiap hari bukan?

Untuk menjaga kondisi tubuh yang optimal, maka selain memakan makanan yang bergizi, mengkonsumsi suplemen kalsium bisa menjadi pilihan bijak yang bisa kita lakukan. 

Pentingnya Mencukupi Kebutuhan Kalsium Harian untuk Menjaga Kesehatan Tulang

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru