Rekomendasi Pabrik Paving Block Terbaik dan Terpercaya

By SaungMaman

Salah satu jenis material yang dibutuhkan saat membangun baik itu rumah, gedung, jalan, dan beragam konstruksi lainnya adalah paving block. Ya, jenis material yang satu ini memang terbilang cukup penting dan banyak dicari oleh para pekerja bangunan.

Paving block atau biasa juga disebut Conblock berfungsi untuk menutup bagian tanah yang akan dijadikan area tempat orang berjalan kaki atau kendaraan yang parkir dihalaman rumah atau bangunan lainnya. Untuk itu dalam memilih material paving block tidak boleh sembarangan. Untuk itu bagi kamu yang sedang membutuhkan material paving block, ada baiknya untuk mencari rekomendasi pabrik paving block terbaik dan terpercaya. 

Yang harus kamu ketahui tentang paving block

Pada dasarnya paving block merupakan material yang berasal dari campuran semen, pasir, air dan agregat. Paving block dibuat dengan memperhatikan kualitas yang selalu terjaga karena fungsinya sebagai penahan berat yang disusun diatas tanah, maka dalam proses pembuatannya dilakukan dengan perhitungan yang matang. 

Proses pembuatan paving block menggunakan mesin yang modern agar menghasilkan produk berkualitas tinggi. Namun tidak semua pabrik memperhatikan hal tersebut, untuk itu dalam memilih pabrik paving block kamu perlu mencari rekomendasi tempat jual pavingblock terbaik dan terpercaya. 

Paving block

Kegunaan paving block

Setelah mengetahui apa itu paving block, saatnya kita kupas kegunaan atau fungsi paving block. Saat memasuki sebuah rumah, gedung, atau bangunan lainnya, kita tentu sering menemukan permukaan tanah yang tertutup material dengan berbagai bentuk. Ya, itulah yang dinamakan paving block yang fungsinya untuk menutupi tanah agar terlihat lebih rapi. 

Dengan penataan paving block yang rapi dan variasi bentuknya menjadikan permukaan tanah lebih bernilai estetika. Jadi fungsinya selain untuk kenyamanan, paving block juga punya manfaat sebagai penambah nilai suatu lahan yang bisa membuat indah pemandangan di tempat tersebut. 

Fungsi paving block yang lainnya yaitu sebagai tempat resapan air. Saat hujan turun, air tidak langsung mengenai tanah, namun tertahan oleh paving block dan meresap kedalam tanah secara perlahan dan tidak menyebabkan tanah menjadi becek.


Kelebihan paving block dibandingkan dengan material lainnya

Penggunaan paving block memiliki kelebihan dibandingkan dengan material lain seperti semen, beton ataupun aspal. Kelebihan yang dimaksud diantaranya:

  • Kemampuan menyerap air cukup tinggi

Salah satu kelebihan paving block adalah kemampuannya dalam menyerap air tidak bisa diragukan lagi. Hal ini berbeda dengan bila menggunakan semen, beton ataupun aspal misalnya. Hal ini dimungkinkan karena paving block memiliki celah/rongga diantara paving block satu dengan lainnya. 

  • Mudah saat pemasangan

Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk memasang paving block, cukup dengan menggunakan cangkul untuk meratakan tanah, dan waterpass untuk mengatur posisinya agar sejajar. 

Bila ingin mengganti salah satu atau beberapa paving block yang rusak pun cukup mudah. Kamu tinggal menggeser, mengangkat dan menggantinya dengan yang baru. 

  • Harga lebih ekonomis

Dibandingkan dengan menggunakan teknik pengecoran atau pengaspalan, penggunaan paving block jauh lebih hemat. Harga paving block bervariasi mulai dari Rp 40.000 saja permeternya. Jauh berbeda jika dengan pengecoran yang harganya bisa mencapai ratusan ribu per meter. 

Pabrik Lawang Indah Beton

Jenis-jenis paving block dilihat dari bentuknya

Ada beberapa pilihan jenis paving block dilihat dari bentuknya, diantaranya:

1. Paving block bentuk persegi panjang
Bentuknya mirip baru bata dengan ukuran yang juga hampir sama. Paving block jenis ini paling banyak digunakan, selain cocok untuk berbagai kontruksi harganya juga relatif lebih murah. 

2. Paving block kotak
Bentuknya yang kotak, paving block ini sangat cocok digunakan untuk halaman rumah dan lahan lainnya yang tidak terlalu membutuhkan banyak variasi. Panjang semua sisinya sama sangat memudahkan saat pemasangan.
 
3. Paving block Grass Block
Untuk penggunaan dalam taman, paving block grass block, cocok digunakan. Bentuknya yang berlubang memungkinkan rumput-rumputan tumbuh diantara lubang yang memang sengaja dibuat. 

4. Paving block bentuk segi enam (Hexagon) 
Bentuknya mirip paving block kotak, hanya saja sisinya lebih banyak yaitu 6 sisi. Paving block jenis ini memiliki kelebihan dalam hal pemasangan. Bentuk sisinya yang lebih banyak menjadikan paving block hexagon lebih kokoh dan tidak mudah goyang. 

5. Paving block Trihex
Bentuknya mirip jenis hexagon yang digabungkan. Biasanya paving block jenis ini cocok digunakan untuk pemasangan di trotoar jalan. 

6. Paving block jenis Zigzag
Untuk jenis zigzag, pola yang unik dan berbeda dengan jenis lainnya dikhususkan untuk mengedepankan nilai seni dan artistik. Umumnya paving block jenis ini digunakan untuk tempat-tempat rekreasi seperti taman, objek wisata dan lain-lain. 

Untuk mendaptkan informasi yang lebih detail mengenai produk paving block, baik itu jenis-jenis paving block, bentuk paving block maupun kisaran harganya, kamu bisa mengunjungi website Lawang Indah Beton. Disana kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang berbagai hal yang berkaitan dengan paving block. 

Demikian informasi yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 
Rekomendasi Pabrik Paving Block Terbaik dan Terpercaya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru