Fakta Menarik Tentang Permen Kapas

By SaungMaman

Fakta menarik tentang permen kapas ternyata sangat mengejutkan lho. Makanan cemilan bertekstur ringan, manis dan lembut ini sangat disukai oleh anak-anak hingga kalangan dewasa.

Fakta Menarik Tentang Permen Kapas

Berbeda dengan permen pada umumnya yang berbentuk kecil dan padat. Permen kapas ini memiliki bentuk yang sangat besar bahkan bisa melebihi besar kepala manusia dewasa.

Dengan bentuk dan teksturnya yang unik ini, pasti kamu penasaran kan bagaimana permen kapas diciptakan dan bagaimana fakta menariknya? Nah, daripada kamu penasaran, langsung aja yuk simak pembahasannya berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Permen Kapas

Jangan hanya mengkonsumsinya saja, kamu juga harus tahu bahwa permen kapas ternyata memiliki fakta unik yang mungkin bisa membuat kamu terkejut. Tak usah berlama-lama lagi, inilah fakta menarik tentang permen kapas.

1. Permen Kapas Diciptakan oleh Dokter Gigi

Siapa sangka, kalau permen kapas ini diciptakan oleh seorang Dokter gigi? Ya, kala itu pada tahun 1897 Dr. William Morrison beserta rekannya si pembuat permen, John C. Wharton, bertemu dan menemukan alat untuk melelehkan gula.

Mereka berdua tak menyangka bahwa gula tersebut dapat mengkristal dan mencoba untuk meniupnya melalui saringan halus sehingga terjadilah bentuk seperti kapas yang lembut dan ringan. Dengan penemuannya itu, permen kapas mulai terkenal pada tahun 1904.

2. Permen Kapas Lebih Sehat dari Kebanyakan Dessert

Dibandingkan dengan kebanyakan dessert lainnya, ternyata permen kapas lebih sehat lho. Kok bisa? Tentu saja, karena permen kapas ini hanya terbuat dari dua bahan saja, yakni gula pasir dan gula berwarna.

Selain itu, cara permen kapas ini dibuat juga hanya menggunakan kekuatan udara ke dalam benang, sehingga hanya menempatkan lebih banyak udara daripada gula ke camilan.

3. Permen Kapas Memiliki Sebutan Beragam

Kalau di Indonesia dikenal sebagai permen kapas karena teksturnya sangat lembut seperti kapas. Ternyata permen ini memiliki sebutan yang beragam di negara-negara lainnya.

Dalam bahasa inggris, kamu bisa menyebutnya ‘cotton candy’, Di negara Perancis dikenal sebagai ‘Daddy Beard’, di negara Australia disebut sebagai ‘Fairy Floss’ di China kamu bisa menyebutnya ‘Dragon’s Beard’ sedangkan di negara Belanda, disebut sebagai ‘Sugar Spider’

4. Ada Hari Permen Kapas Nasional

Sangking terkenal dan spesialnya, permen kapas ini ternyata punya hari nasional tersendiri lho. Tepatnya pada tanggal 7 Desember, walaupun entah bagaimana dan darimana tanggal tersebut ditetapkan.

Namun 7 Desember juga dikenal sebagai peringatan hari serangan Pearl Harbor di Amerika Serikat. Jadi, Bisa dianalogikan bahwa permen kapas adalah sarana untuk meringankan suasana hari itu.

Fakta Menarik Tentang Permen Kapas, Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan?

Permen kapas memang sangat enak untuk sekedar menjadi cemilan, namun apakah boleh dikonsumsi setiap hari? Nah, sebagai pecinta permen kapas, kamu harus tahu bahwa terdapat jenis permen kapas yang tak aman kalau dikonsumsi setiap hari.

Populernya permen kapas di kalangan masyarakat, membuat para pebisnis mulai menjualnya di berbagai tempat. Bila kamu menemukan permen kapas yang warnanya sangat pekat dan ketika dicicipi rasanya sedikit pahit, maka kamu perlu hati-hati.

Bisa saja permen kapasnya menggunakan bahan pewarna berlebihan sehingga tidak baik kalau dikonsumsi berlebihan. Permen kapas yang berkualitas, memiliki pewarna yang food grade dan juga tidak berlebihan, sehingga cenderung aman apabila dikonsumsi setiap hari namun juga jangan berlebihan.

Kalau kamu pecinta aneka macam permen, jangan lupa untuk membeli produk Yupi Gummy. Kamu bisa membelinya di berbagai marketplace atau offline store diseluruh wilayah Indonesia.

Oh iya, semoga fakta menarik tentang permen kapas diatas dapat memberikan pengetahuan baru ya. Yuk, kunjungi website Yupi Gummy dan pilih varian favoritmu!

===

Referensi:
https://www.hawaiianshavedice.com/fun-facts-about-cotton-candy-blog.html

Fakta Menarik Tentang Permen Kapas

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru