Apa itu Ethereum?

By SaungMaman

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah sebuah teknologi untuk membangun aplikasi dan organisasi, memegang aset, bertransaksi dan berkomunikasi tanpa dikendalikan oleh otoritas pusat. Tidak mengharuskan Anda untuk menyerahkan semua detail rahasia tentang pribadi Anda untuk menggunakan Ethereum - Anda sepenuhnya tetap memegang kendali atas data-data pribadi Anda dan apa yang dibagikan. Ethereum memiliki cryptocurrency sendiri, yaitu Ether. Ether bisa digunakan untuk membayar aktivitas tertentu di jaringan Ethereum. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pintu untuk melakukan semua aktivitas ini. 

Apa itu Ethereum? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa itu Ethereum, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu langkah demi langkah yang merupakan awal mula terbentuknya Ethereum. 

Apa itu cryptocurrency?


Crypto (singkatan dari cryptocurrency) adalah bentuk baru uang digital yang didukung oleh kriptografi. Semuanya dimulai pada 2008 dengan Bitcoin. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim dana ke siapa saja di mana saja secara global. Apa yang membuat crypto berbeda dari transfer bank normal atau layanan keuangan lainnya seperti Paypal atau Alipay adalah tidak ada perantara untuk pertama kalinya

Seorang perantara adalah otoritas pusat seperti bank atau pemerintah yang mengintervensi transaksi antara pengirim dan penerima. Mereka memiliki kekuatan untuk mengawasi, menyensor, atau mengembalikan transaksi dan mereka dapat membagikan data sensitif yang mereka kumpulkan tentang Anda dengan pihak ketiga. Mereka juga sering menentukan layanan keuangan mana yang dapat Anda akses.

Hal yang berbeda dengan kripto. Transaksi langsung menghubungkan pengirim dan penerima tanpa harus berurusan dengan otoritas pusat. Tidak ada orang lain yang akan memiliki akses ke dana Anda dan tidak ada yang dapat memberi tahu Anda layanan apa yang dapat Anda gunakan. Ini dimungkinkan karena teknologi blockchain di mana cryptocurrency beroperasi. 

Apa itu Blockchain


Blockchain adalah database transaksi yang diperbarui dan dibagikan di banyak komputer dalam jaringan. Setiap kali satu set transaksi baru ditambahkan, itu disebut "blok" - maka namanya blockchain. Sebagian besar blockchain bersifat publik, dan Anda hanya dapat menambahkan data, bukan menghapus. Jika seseorang ingin mengubah informasi apa pun atau menipu sistem, mereka harus melakukannya di sebagian besar komputer di jaringan. Itu banyak! Ini membuat blockchain yang sudah mapan seperti Ethereum sangat aman.

Apa yang bisa dilakukan dengan Ethereum? 


Perbankan bagi semua orang Tidak semua orang memiliki akses ke jasa keuangan. Satu-satunya yang Anda perintahkan untuk mengakses Ethereum misalnya untuk mengecek berapa nilai 1 eth berapa rupiah hari ini dan seluruh produk yaitu pemberian pinjaman, peminjaman, dan tabungan adalah koneksi internet. Internet yang lebih privat Anda tidak perlu memberikan semua detail pribadi Anda untuk menggunakan aplikasi Ethereum.

Ethereum membangun ekonomi berdasarkan nilai, bukan pengawasan. Jaringan peer-to-peer Ethereum mendukung Anda untuk memindahkan uang, atau melakukan kesepakatan, langsung dengan orang lain. Anda tidak perlu melakukan ini melalui perantara perusahaan. ️ Tahan penyensoran, tidak ada campur tangan pemerintah atau perusahaan yang memiliki kontrol atas Ethereum.

Desentralisasi ini hampir bisa dipastikan akan sangat sulit bagi siapapun untuk menerima dana ataupun segala kemudahan transaksi yang terdapat di Ethereum. ️ Jaminan aktivitas pasar Ethereum menciptakan lapangan bermain yang lebih seimbang. Pelanggan memiliki jaminan terintegrasi dan aman bahwa dana hanya akan beralih ke pihak lain jika Anda memberikan apa yang Anda dan rekanan Anda sepakati bersama. Anda tidak membutuhkan pengaruh perusahaan besar untuk melakukan bisnis.
Apa itu Ethereum?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: