Ketika Semangat Menulis Mulai Turun, Apa yang Harus Dilakukan?

By SaungMaman

Bagi seorang blogger, menulis sudah menjadi kegiatan rutin yang tidak bisa dilepaskan dari kesehariannya. Hal sekecil apapun, bisa menjadi bahan tulisan yang dituangkan dalam format digital melalui platform blog. Namun tidak selamanya semangat menulis muncul saat sedang dibutuhkan. Ada kalanya, semangat itu 'hilang' tak tentu arah. 

Ketika Semangat Menulis Mulai Turun, Apa yang Harus Dilakukan?
Ketika Semangat Menulis Mulai Turun, Apa yang Harus Dilakukan? 

Faktor penyebab hilangnya semangat menulis

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hilangnya semangat menulis. Salah satunya adalah adanya kesibukan didunia kerja yang menuntut energi ekstra saat tugas-tugas menuntut penyelesaian segera. Pekerjaan kantor yang menumpuk terkadang terbawa sampai ke rumah, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat terpakai untuk mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai. 

Faktor lainnya adalah adanya pertentangan baik dengan rekan kerja, sahabat, suami atau istri karena perbedaan kepentingan antar personal. Kerap terjadi, perbedaan pendapat tentang sesuatu hal bisa membuat suasana hati atau mood terasa kurang nyaman. Hal ini menjadi salah satu pemicu hilangnya hasrat menulis karena tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. 

Terlalu asyik dengan kesibukan baru, juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keinginan menulis. Menekuni sesuatu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, terkadang membuat seseorang seolah-olah lupa diri. Memang tidak salah menekuni hal baru, tapi jangan sampai lupa akan rutinitas harian yang juga menjadi kewajiban sebagai seorang penulis. 

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan semangat menulis? 

Semangat menulis bisa ditingkatkan dengan beberapa langkah sederhana. Langkah-langkah yang akan dipaparkan berikut ini semoga bisa membantu mengubah pola pikir yang tadinya kurang bersemangat menjadi lebih antusias dalam menjalani profesi sebagai penulis. 

Berikut ini adalah tips sederhana meningkatkan semangat menulis, semoga bermanfaat:

#1. Semangat mencari ide

Bagaimana mau menjadi penulis yang baik kalau tidak mau bersusah-payah menemukan ide-ide baru? Ide baru merupakan poin penting dalam menerbitkan artikel baru dalam blog. Pembaca selalu mencari informasi yang fresh dan menarik untuk dibaca. Cari dan temukan ide dalam membuat konten yang up-to-date. Disini selalu bersemangat dalam mencari ide merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. 
#2. Semangat meningkatkan performa blog

Blog dengan performa yang baik sangat memungkinkan menarik pembaca untuk terus berkunjung dan kembali lagi di kesempatan berikutnya. Lain halnya dengan blog yang kualitasnya biasa-biasa saja, maka impact yang akan didapat juga tentu akan biasa-biasa saja. Oleh karenanya, semangatlah dalam meningkatkan performa blog agar pembaca merasa puas. 
#3. Semangat mencari peluang kerja sama

Kerja sama dimaksud adalah sebuah upaya mendapatkan tawaran kolaborasi dengan para pemasang iklan/Advertiser. Semakin banyak tawaran kerja sama, semakin semangat dalam menyajikan konten berkualitas. Bentuk kerja sama bisa berupa, pemasangan iklan banner atau iklan link, kerja sama tanam backlink atau Content Placement, Sponsor Post, review produk, dan lain-lain. 
#4. Semangat dalam memperbanyak relasi dengan sesama blogger

Jumlah blogger di tanah air tak terhitung jumlahnya. Membangun relasi dengan sebanyak-banyaknya blogger adalah hal yang sangat menguntungkan. Semakin luas pergaulan di dunia blogging, semakin cepat blog yang kita kelola terindeks oleh pencari. Cara memperbanyak relasi antar blogger bisa dilakukan dengan rajin berkomentar di blog sahabat. Bila semangat menjalin komunitas ini bisa dipertahankan maka kesuksesan menjdi milik sobat. 
#5. Semangat berbagi

Berbagi lewat media sosial (medsos) adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi penulis blog. Manfaatkan platform medsos yang dimiliki untuk menyebarkan sebanyak-banyaknya informasi yang kita tulis di blog. Bagikan tulisan terbaru melalui:
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • WhatsApp
  • Pinterest
  • Instagram
  • Dan lain-lain. 
Tapi ingat ya sobat, berbagilah hanya hal-hal yang positif. Jangan berbagi informasi yang tidak benar (hoax) atau menyesatkan. Informasi yang bisa memancing kemarahan, pertentangan dan sejenisnya itu sebisa mungkin harus dihindari. Jadikan blog yang kita cintai menjadi tempat yang nyaman untuk pembaca dan bukan tempat untuk saling mencela. 

Demikian informasi singkat yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 

Salam blogging! 



Ketika Semangat Menulis Mulai Turun, Apa yang Harus Dilakukan?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape