Apa Itu Pubertas ? Yuk Simak Informasi Lengkap dan Ciri-Cirinya

By SaungMaman

Apa Itu Pubertas? Setiap orang sebelum menuju dewasa akan mengalami pubertas. Baik perempuan maupun laki-laki akan mengalami pubertas. Tidak ada yang perlu di takuti ketika mengalami pubertas, hanya saja sebagai orang tua perlu melakukan edukasi kepada anaknya. Pubertas adalah perubahan yang terjadi pada tubuh anak secara hormonal. Usia anak yang mengalami pubertas ini bisa saja berbeda, anak perempuan umumnya lebih dulu mengalami pubertas.

Apa itu Pubertas Pada Perempuan?

Ketika memasuki masa pubertas, tentu akan terajadi beberapa perubahan pada tubuhnya. Berikut beberapa perubahan yang perlu di ketahui sebagai tanda memasuki masa pubertas, antara lain:

Apa itu Pubertas
Apa itu Pubertas | Image source: pexels.com

1. Memasuki Masa Menstruasi

Ciri yang paling mudah di kenali jika seorang anak perempuan pubertas adalah menstruasi. Setiap anak perempuan bisa saja mengalami awal menstruasi yang berbeda. Terkadang ada yang memasuki usia 10 tahun, tetapi juga bisa awal menstruasi saat usia menginjak 13 tahun, bahkan lebih.

2. Payudara Mengalami Pertumbuhan

Itu merupakan hal wajar, karena hormon setiap individu jelas berbeda. Selain itu ciri pubertas yang terjadi pada perempuan adalah payudara mulai tumbuh. Pada masa perubahan ukuran payudara ini bisa saja antara bagian kiri dan kanan berbeda. Selain itu pada masa payudara tumbuh ini sebagian orang juga merasakan rasa nyeri.

3. Tumbuhnya Rambut di Area Kemaluan dan Ketiak

Ciri lain dari pubertas bagi perempuan yaitu tumbuhnya rambut di ketiak dan kemaulan. Anak yang sedang mengalami pubertas juga kerap timbul jerawat di wajahnya. Tentunya apa itu pubertas harus di jelaskan kepada anak, karena selain tubuh secara emosional anak yang memasuki tahap ini akan lebih sensitif.
Bagaimana menyikapi perubahan yang terjadi pada masa pubertas?

Saat awal mengalami perubahan tersebut, tentu seorang anak bertanya apa itu pubertas? Karena bisa saja saat mengalaminya, anak belum mendapatkan materi tersebut di sekolahan. Jadi, untuk hal ini orang tua juga harus mengambil peran dengan memberikan edukasi.

Apa itu Pubertas Pada Laki-Laki?

Laki-laki yang mengalami pubertas juga memiliki beberapa ciri seperti perubahan fisik. Perubahan tersebut sangat lumrah dialami oleh semua remaja yang masuk pada masa pubertas.

1. Perubahan Ukuran Penis dan Tumbuhnya Rambut di Kemaluan

Seorang yang sedang masuk pubertas akan mengalami perubahan penis dan testis. Selanjutnya ciri lain dari anak laki-laki yang masuk masa pubertas adalah di tandai dengan tumbuhnya rambut di area ketiak dan kemaluan.

2. Suara menjadi lebih berat

Suara juga menjadi ciri perubahan laki-laki mengalami pubertas. Suaranya menjadi lebih berat dan ini adalah hal normal. Perubahan suara pada laki-laki yang mengalami pubertas ini di sebabkan oleh laring membesar. Otomtasi pita suara yang keluar menjadi berat.

Apa itu pubertas dan bagaimana proses perubahannya?

Perubahannya ini bisa saja terjadi lebih lambat maupun cepat. Umumnya pubertas pada laki-laki mulai dari usia 12 tahun ke atas. Saat laki-laki sudah mengalami pubertas, maka sperma yang keluar bisa membuahi sel telur. Akibatnya pertemuan sperma dan ovum tersebut bisa menyebabkan hamil bagi perempuan.
Pubertas ini adalah hal yang akan di alami anak yang akan memasuki fase dewasa. Hal yang paling berubah selain secara fisik yaitu juga secara reproduksi. Penting sekali bagi anak untuk mengatahui perubahan-perubahan tersebut dan menyikapinya dengan baik. Maka, orang tua di sini selain harus memberikan edukasi juga memberi pendampingan.

Bahkan anak mengenal apa itu pubertas saja tidak cukup. Apalagi dari segi emosional yang masih labil dan sensitif ini jikda tidak mendapat arahan dari orang tua bisa saja terjerumus. Di tambah rasa penasaran anak yang masuk pubertas ini tinggi dan belum bisa mengendalikan diri secara baik. Edukasi ini selain secara ilmiah juga perlu di bekali ilmu agama sesuai kepercayaannya masing-masing. Agar jati diri anak terbentu secara baik dan tidak rusak dengan pergaulan bebas.

Apa Itu Pubertas ? Yuk Simak Informasi Lengkap dan Ciri-Cirinya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: