Cara Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

Ini adalah kali kedua pengajuan google Adsense saya ditolak oleh google. Pada penolakan pertama saya mendapat pemberitahuan melalui email bahwa situs saya menurut penilaian google tidak sesuai dengan kebijakan google. Selain itu alasan penolakan lainnya karena adanya aktivitas klik tidak valid pada blog saya. Karena merasa tidak melakukan apa yang dimaksud, sayapun mengajukan keberatan atas perihal tersebut dan hanya bisa bersabar menunggu jawaban atas keberatan tersebut, berusaha memperbaiki konten blog dan melakukan perbaikan disana-sini.

                            

Selang beberapa bulan kemudian saya mencoba mengajukan kembali permohonan untuk menjadi publisher Adsense dengan menggunakan alamat email baru. Menurut pengalaman seorang teman, agar bisa diterima menjadi penayang Adsense sebaiknya kita menggunakan alamat email baru yang berbeda dengan email yang sebelumnya ditolak.

Dan benar saja, saya cukup senang ketika mendapat email pemberitahuan dari google bahwa pengajuan adsense saya diterima tahap awal dan sedang dalam tahap review kedua. Sempat merasa sangat yakin bahwa untuk kali kedua ini mudah-mudahan adsense saya tidak ditolak lagi, karena saya merasa perbaikan yang saya lakukan sudah cukup maksimal. Namun apa mau dikata, rupanya keberuntungan belum berpihak kepada saya. Lagi-lagi pengajuan adsense saya ditolak tapi dengan alasan yang berbeda dari sebelumnya, yaitu kali ini berbunyi: Konten Tidak memadai.

Hati siapa yang tidak merasa sedih mendapati kenyataan seperti ini, Tentu para sobat yang dulu pernah mengalami hal yang sama seperti saya juga turut merasakan, bagaimana rasanya ditolak untuk kedua kalinya, stelah kita berusaha semaksimal mungkin. Namun ini bukan akhir dari segalanya. Kita hanya dituntut berusaha lebih keras lagi dan lebih banyak bersabar dalam upaya mencapai sebuah cita-cita.

Dalam pengajuan adsense, biasanya kita dihadapkan pada beberapa tahap penilaian. Setelah pengajuan kita diterima di tahap awal, kita akan di uji pada tahap review kedua. Nah, dalam tahap review kedua inilah sesungguhnya kualitas blog kita sedang diuji oleh para pakar google.

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam tahap ini. Menurut literatur yang saya baca di beberapa blog sahabat, tahap review kedua adalah masa yang sangat penting dalam pengajuan untuk dapat diterima menjadi penayang Adsense. sebaiknya kita mengupdate blog sesering mungkin dengan tulisan berkualitas dan hasil karya sendiri, jangan hasil copas. Jangan memodifikasi template blog atau widget-widget yang sudah terpasang, karena bila hal ini sering dilakukan, maka akan dianggap blog belum jadi.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan mengenai Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai

Salah satu alasan ditolaknya pengajuan Adsense adalah kurangnya kualitas konten yang kita buat. Ini bisa dikatakan apa yang kita sajikan dalam blog belum mempunyai kualitas yang diharapkan. Konten akan dinilai tidak memadai dengan asumsi bahwa:

1. Jumlah Artikel Masih Sedikit
Walaupun menurut kita artikel yang kita buat cukup banyak, sudah  bagus, berkualitas dan berbobot, namun google punya cara tersendiri dalam mengukur konten blog. Satu hal yang perlu digaris bawahi bila artikel yang kita buat jumlahnya masih sedikit dan kata-kata yang menyusun kalimat juga jumlahnya masih minim, besar kemungkinan Adsense kita akan ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Oleh karena itu, setiap membuat artikel, perhatikan jumlah tiap kata dan kalimat dalam artikel. Buatlah artikel yang bagus dengan minimal 1000 - 1500 kata, agar Adsense cepat diterima, ini yang saya baca di blog sahabat berdasarkan pengalaman pribadinya.

Tips: Untuk memudahkan agar pengajuan Adsense Anda diterima, usahakan membuat artikel sebagus dan semenarik mungkin, dan ini yang paling penting: orisinalitas konten. Jangan pernah melakukan aksi copy paste, dan buatlah artikel minimal 1000 -1500 kata. Semoga dengan melakukan hal tersebut, pengajuan Adsense sobat akan segera diterima.

2. Jumlah Kandungan Kata dalam Artikel Kurang Banyak
Jumlah tiap kata dalam artikel juga cukup mempengaruhi penilaian google terhadap layak atau tidaknya sebuah blog untuk disematkan Adsense didalamnya. Biasanya ini terjadi pada blog yang banyak menampilkan gambar-gambar atau video secara berlebihan. Sah-sah saja kita memuat gambar atau video dalam blog, hanya saja alangkah baiknya bila jumlahnya dibuat seminimal mungkin. Perbanyaklah kata-kata dan kalimat yang lebih memudahkan pembaca dalam menyerap informasi, sementara gambar dan video cukup hanya sebagai pelengkap saja. Dengan demikian kemungkinan blog diterima sebagai penayang Adsense bisa lebih besar.

Tips: Untuk menyisipkan gambar dan video ke dalam postingan blog, itu boleh-boleh saja, asalkan tidak terlalu banyak dan sebaliknya pebanyaklah jumlah kata-kata dalam postingan sehingga artikel akan dinilai lebih memadai dan kaya akan informasi.
    
3. Blog Masih Baru dan Dalam Tahap Renovasi
Penyebab selanjutnya adalah adanya proses editing saat blog dalam masa review, sehingga blog dianggap masih dalam tahap renovasi atau perbaikan. google tidak akan menerima blog yang dianggap belum jadi. Karena itu hindari mengutak-atik blog dalam masa review untuk menghindari penolakan karena dianggap blog belum siap atau masih dalam tahap pembuatan.

Tips: Ketika mengajukan Adsense dan blog sedang dalam tahap review, jangan sesekali mengutak-atik atau memodifikasi template, karena hal ini akan berakibat dinilai blog sedang dalam perbaikan atau dianggap belum jadi. Hal ini akan mengurangi penilaian terhadap kualitas blog yang sedang dalam tahap review.

4. Navigasi Blog Kurang Jelas
Saat menjelajahi sebuah blog pengunjung mengharapkan adanya navigasi yang jelas agar lebih mudah saat mencari informasi dalam blog tersebut. Oleh karenanya, agar Adsense cepat diterima buatlah navigasi yang jelas agar pembaca dapat dengan mudah menuju ke sumber informasi yang ingin dicari.

Tips: Buatlah menu yang baik pada tiap artikel, tampilan popular post, archive menu, label, artikel terkait dan juga kolom pencarian. Ini bisa menjadi nilai lebih agar adsense kita bisa segera diterima.

Mengenai navigasi blog, bisa dijabarkan sebagai berikut:

a. Navigasi Menu dan Widget
Navigasi menu adalah sebuah fasilitas yang sangat dibutuhkan pengunjung dalam menjelajah isi blog. Tampilan menu yang menarik dan informatif, bisa membuat pengunjung betah berlama-lama berada di blog tersebut. Buatlah meneu semenarik mungkin sebelum mendaftarkan Adsense. Satu hal yang perlu diperhatikan, kjangan membuat menu yang belum pernah dipakai atau tidak ada isinya. Sediakan juga fasilitas pencarian, widget-widget penunjang lainnya seperti, label, popular post, recent post, artikel terkait dan lain-lain yang memang diperlukan untuk mempermudah pembaca dalam mengekslorasi keseluruhan isi blog.

b. Navigasi Konten
Navigasi konten sangat dibutuhkan pembaca dalam mendalami isi  atau materi yang sedang dibahas. Point-point penting yang ingin dipahami sebaiknya dibuatkan sebuah navigasi dalam artikel yang panjang dengan mencantumkan judul dan sub-sub judul dengan format heading H1, H2, H3 (Heading, Sub Heading dan Minor Heading)

Tips-tips yang dikemukakan diatas, tidak menjamin pengajuan blog sobat bisa langsung diterima oleh google. Ini hanya sebagian kecil dari begitu banyak cara yang bisa kita tempuh agar pengajuan google Adsense kita bisa dengan cepat diterima. Segala upaya yang kita lakukan sebaiknya diperluas dengan mencari referensi lain, jadi tidak hanya mendapatkan informasi dari satu sumber saja.

Semoga Tips singkat Cara Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai ini bisa membantu sobat yang sedang berusaha sekuat tenaga agar Adsense-nya segera di approve oleh google.
Cara Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment