Jenis Metode Pembayaran Online Paling Banyak Digunakan

Payoneer MasterCard
Payoneer MasterCard

Transaksi belanja online melalui dunia maya saat ini makin marak dilakukan, beraneka ragam bisnis online yang menawarkan kemudahan berbelanja lewat internet menuntut kita untuk turut serta bergabung di dalamnya.


Maraknya toko online yang bertebaran tentu saja berdampak cukup baik terutama bagi opara penggiat bisnis online dan mereka yang menyukai kemudahan cara belanja. Hal tersebut menimbulkan efek berantai dimana antara penjual dan pembeli harus berinteraksi secara langsung baik saat berkomunikasi maupun saat transaksi.

Nah, untuk memudahkan saat bertransaksi jual beli online tersebut, tentunya kita memerlukan sarana atau alat yang bisa memudahkan kita saat bertransaksi. Kalau dalam dunia offline uang merupakan alat pembayaran yang paling banyak digunakan, maka berbeda halnya dengan belanja online.

Dengan makin berkembangnya ragam toko online, maka metode pembayaran yang bisa dilakukan juga mengalami banyak perubahan. kalau selama ini kita belanja harus membawa uang yang banyak, maka kalau belanja online tidak demikian. Kita hanya cukup berinteraksi lewat komputer, laptop atau gadget lainnya selaku pembeli, lalu melakukan pembayaran dengan berbagai jenis metode pembayaran yang bisa kita lakukan sesuai dengan yang kita miliki.

Metode pembayaran yang bisa dilakukan sebuah toko online bisa saja berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan.  Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang paling banyak digunakan: 

1. Kartu Kredit (Credit Card) 
Banyak toko online terutama toko online berskala internasional  yang menggunakan metode pembayaran dengan  kartu kredit, sebut aja Amazon, E-Bay, Google AppStore dll.      

Metode pembayaran dengan kartu kredit ini terbilang cukup mudah dilakukan, pembeli hanya diminta memasukan nominal jumlah sesuai harga pembelian dan memasukan nomor kartu kredit, transaksipun langsung bisa dilakukan. Hanya saja di dalam negeri hal ini masih belum begitu memasyarakat mungkin nanti dalam beberapa tahun kedepan akan makin banyak yang melakukannya.

2.PayPal 
Metode pembayaran berikutnya adalah dengan menggunakan Paypal. Paypal adalah salah satu metode pembayaran paling populer di dunia. Anda tidak akan kesulitan saat berbelanja di merchant luar negeri, karena metode pembayaran seperti ini sudah sangat lumrah dilakukan.


PayPal
PayPal

Saat ini paypal sudah banyak dipakai di toko online lokal, hanya saja mata uang yang digunakan masih menggunakan mata uang dollar dan euro, belum merambah ke mata uang rupiah sehingga pembeli harus membayarnya dengan kedua mata uang tersebut.

3. Kartu Debit MasterCard (Payoneer)
Tidak semua kartu debit bisa digunakan untuk berbelanja online, namun dengan menggunakan kartu debit Payoneer Anda bisa bertransaksi online bahkan bisa tarik tunai di ATM  bank lokal yang berlogo MasterCard.


Kartu debit payoneer bisa didapatkan secara gratis dengan cara mendaftarkan diri anda. Selengkapnya silahkan baca Cara Membuat Account Payoneer Gratis.

4. Transfer Bank
Cara seperti ini boleh dibilang sudah kuno karena harus dilakukan secara manual, harus pergi ke bank ditambah lagi harus melakukan  konfirmasi. Namun masih banyak yang melakukannya karena dirasa cukup aman.
Cukup merepotkan memang, tapi hal ini terpaksa dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit atau kartu debit.

5. Cek dan Western Union
Kedua metode pembayaran ini biasanya dilakukan para pebisnis online, penayang google adsense, peserta bisnis affiliasi dan para pemburu dollar di internet lainnya. Caranya lumayan merepotkan karena membutuhkan banyak waktu, kurang efisien karena harus pergi ke kantor pos atau bank yang melayani transaksi dengan menggunakan metode tersebut.


 
Western Union
Western Union

Pembayaran melalui cek dapat dilakukan di bank lokal dengan memakan waktu cukup lama. Sedangkan dengan western union bisa dilakukan dengan waktu lebih cepat, karena dalam hitungan menit uang bisa langsung masuk ke penerima dengan segera.

Sebenarnya masih banyak lagi metode pembayaran belanja online lainnya yang bisa dilakukan selain menggunakan cara-cara seperti tersebut di atas seperti misalnya dengan menggunakan, Payee, Bitcoin, OK Pay, dan lain-lain. Silahkan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Advertisement
Jenis Metode Pembayaran Online Paling Banyak Digunakan

You Might Also Like: