logo blog

7 Cara Mempromosikan Blog dengan Mudah dan Gratis

7 Cara Mempromosikan Blog dengan Mudah dan Gratis

Banyak yang beranggapan bahwa kegiatan ngeblog adalah sebuah proses "mengatur lalu biarkan berjalan begitu saja". Padahal menciptakan konten yang bagus adalah hal terpenting untuk keberhasilan blog apapun. Menulis blog hanya setengah tantangan. Selebihnya adalah bagaimana mempromosikan blog Anda dan mendapatkan umpan balik (backlink)  untuk menghasilkan lalu lintas pada blog Anda. Berikut adalah 7 Cara Mempromosikan Blog dengan Mudah dan Gratis.



Blog Promotion

                                                                  Sumber Gambar: flickr.com 

1. Memberikan Masukan Konstruktif di Blog Lain

Memberi komentar secara berlebihan diikuti dengan link aktif ke blog Anda adalah spam. Sering melakukan ini, akan menurunkan peringkat blog Anda di mesin pencari. Sebaliknya, umpan balik yang konstruktif di blog lain akan mendapatkan apresiasi dari pembaca lain, sementara menyebutkan nama blog Anda tanpa link meningkatkan pengenalan merek di mesin pencari dan khalayak yang lebih luas.

Seorang blogger yang baik mendapatkankan umpan balik dengan cara memberi komentar yang konstruktif dalam rangka meningkatkan serta memperdalam keterlibatan mereka dengan audiens mereka. HowToCreateABlog.org adalah contoh klasik dari ini, serta sumber yang bagus untuk blogger baru.


2. Berkontribusi di Blog milik orang lain. 


Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang baik, lakukan promosi blog dengan menjadi penulis tamu di blog orang lain. Dengan demikian Anda berkesempatan memperkenalkan blog Anda secara lebih luas di b log-blog tertentu yang sudah memiliki jumlah pengunjung dengan jumlah yang banyak.
 
3. Aktif Dalam Berita 


Salah satu cara yang mudah untuk mempromosikan blog adalah dengan mengunjungi situs berita yang banyak dikunjungi. Situs berita setiap hari dikunjungi begitu banyakpencari informasi. Ini sebuah kesempatan untuk Anda mencari celah dalam mendapatkan kunjungan. Sempatkan berkomentar disana, namun tetap harus mengedepankan etika dan tata tertib yang berlaku agar kehadiran Anda tidak dianggap sekedar basa-basi.

4. Mengikuti Kontes Blog 


Kontes blog memiliki beberapa keunggulan dalam mempromosikan sebuah blog. Pertama, ketika Anda berkreasi secara maksimal dalam sebuah kontes, disitu ada banyak kesempatan mendapatkan kunjungan dari pemirsa. Kedua, ketika karya Anda berhasil menjadi salah satu pemenangnya, sudah pasti hal ini dapat mempromosikan blog Anda melalui website penyelenggara kontes dan mendapatkan pemberitaan sejumlah besar media sosial yang memberitakannya. Ketiga, kemungkinan blog Anda akan lebih di kenal luas bila berhasil mencuri perhatian para dewan juri. Mereka tentu akan dengan senang hati merekomendasikan blog Anda untuk rekanan bisnis mereka.
 
5. Berpartisipasi Secara Aktif dalam Forum Online


Cobalah aktif di forum-forum online yang sesuai dengan minat Anda. Ketika ada member yang bertanya tentang sesuatu dan Anda memiliki kecakapan untuk menjawabnya, maka jawablah. Banyak peserta forum yang akan mengunjungi blog Anda karena merasa terbantu dengan jawaban yang diberikan di forum tersebut. Anda dapat menempatkan link ke blog Anda di signature forum namun tetap harus sesuai aturan agar tidak dianggap spam.

6. Aktif di Media Sosial 


Buatlah akun media sosial di sejumlah platform. Arahkan partisipan media sosial Anda agar tertarik mengunjungi blog dalam setiap kesempatan. Kemudahan berinteraksi dengan para sahabat medsos merupakan sebuah kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan. Buatlah tombol-tombol penghubung yang bisa mempermudah rekan Anda berkunjung ke blog melalui media sosial yang anda kelola.
 
7. Maksimalkan Signature Email Anda 


Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah visitor blog bisa juga melalui email. Caranya adalah dengan menempatkan link blog pada setiap email yang Anda kirimkan. Saat ini komunikasi melalui email sudah biasa dilakukan. Ini sebuah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk menambah jumlah pengunjung blog. Buatlah link blog pada signature email yang akan mempermudah rekanan kita mengunjungi ke blog kita.
 
Kesimpulan 


Jika Anda ingin mendapatkan backlink yang banyak, berkomentarlah di blog orang lain yang sifatnya membangun dan meningkatkan nilai Anda di mata pembaca lainnya, sehingga membuat pembaca lain merasa penasaran dan ingin mengetahui siapa anda sebenarnya. Maka secara otomatis mereka akan mengklik link blog Anda.

Berkontribusi di blog yang banyak pengunjungnya, merupakan cara yang cukup efektif dalam mendongkrak eksistensi blog Anda di mata pembaca yang belum mengenal Anda sebelumnya. Buatlah tulisan yang berkualitas yang membuat pembaca merasa terpanggil untuk mengenal Anda lebih dekat.

Aktif di media berita yang banyak dikunjungi. Komentar yang berkualitas di situs berita mampu mengkonversi komentar anda menjadi sebuah kunjungan yang cukup berarti.

Rajin mengikuti kontes blog akan meningkatkan kualitas dan gaya menulis Anda. Semakin sering Anda mengikuti kontes, kemampuan menulis akan semakin terasah dan terukur.

Aktif di forum online merupakan salah satu hal yang tak bisa dianggap remeh. Berkontribusi secara aktif, maka umpan balik akan menjadi kepuasan tersendiri yang bisa Anda raih.

Media sosial menjadi tolok ukur seberapa aktif Anda dalam berinteraksi dengan  para rekanan. Semakin banyak relasi yang terhubung, memungkinkan kunjungan berlimpah menuju blog Anda.

Maksimalkan komunikasi melalui email untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Walau terlihat sepele, menautkan sebuah link blog pada setiap email yang dikirimkan akan meningkatkan umpan balik yang tentu saja cukup berpengaruh dalam mempromosikan brand sebuah blog.

Demikianlah pembahasan tentang 7 Cara Mempromosikan Blog dengan Mudah dan Gratis,  semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger