Kenapa Arab Saudi Putuskan Hubungan Dengan Qatar?

SaungMaman.Com - Kenapa Arab Saudi Putuskan Hubungan Dengan Qatar?

Empat negara besar di  Timur Tengah, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain, secara mengejutkan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Ini dipicu tuduhan bahwa Qatar mendukung terorisme dan ajakan kepada negara-negara Teluk untuk bekerja sama dengan Iran.

Keempat negara besar tersebut menuduh Qatar mendukung Al-Ikhwan al-Muslimun, gerakan Islam tertua di dunia, serta menambahkan tuduhan bahwa Doha bahkan mendukung rencana Iran.

Selain memutus hubungan diplomatik, tiga negara Teluk penghasil minyak itu mengumumkan penutupan hubungan transportasi dengan Qatar dan memberi tenggang waktu dua minggu untuk para turis dan warga Qatar meninggalkan negara mereka.

Para diplomat Qatar di negara-negara itu juga telah di beri ultimatum untuk segera kembali ke negaranya masing-masing dalam waktu 48 jam.

Adapun Arab Saudi merupakan negara pertama yang secara tegas memutus hubungan setelah menuduh Qatar mendukung kelompok militan dan menyebarkan ideologi kekerasan mereka.

Qatar dituding mendukung gerakan militan yang didukung Iran di wilayah Qatif dan Bahrain yang berpenduduk mayoritas penganut agama Islam Syiah di Bahrain.

Mesir, tetangga negara teluk mengatakan kebijakan Qatar mengancam keamanan nasional Arab dan menabur benih perpecahan di masyarakat Arab sesuai dengan rencana mereka yang ditujukan untuk memecah belah kesatuan dan kepentingan negara Arab. Kementerian Luar Mesir juga mengatakan bahwa jalur udara dan semua pelabuhannya sudah ditutup bagi Qatar.

Sumber Gambar: Wikipedia

Ketegangan Qatar dan sejumlah negara Teluk terjadi setelah kantor berita Qatar menyebut Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid al-Thani meminta negara-negara Teluk untuk bekerja sama dengan musuh bebuyutan mereka yaitu negara Iran.

Insiden serupa juga pernah terjadi pada tahun 2014, ketika Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain memanggil pulang Duta Besar mereka dari Qatar. Alasannya adalah ketiga negara itu menuding Qatar mendukung Presiden Mesir terguling, Muhammad Mursi, dan kelompok terlarang Al-Ikhwan al-Muslimun.

Demikian info tentang Kenapa Arab Saudi Putuskan hubungan Dengan Qatar? Semoga ada manfaatnya.
Advertisement
Kenapa Arab Saudi Putuskan Hubungan Dengan Qatar?

You Might Also Like: