Cara Mudah Menulis Cepat Versi Saung Maman

Saungmaman.com - Cara Mudah Menulis Cepat Versi Saung Maman

Bagi sebagian blogger terutama yang masih pemula, untuk mampu menulis artikel dengan cepat itu merupakan tantangan tersendiri. Tidak semua orang bisa melakukannya dengan cepat, ada yang masih tersendat-sendat saat memulai bahkan ada yang tidak bisa memulainya sama sekali karena terlalu banyak hal yang dipikirkan saat akan mulai menulis.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mudah menulis cepat tanpa menggunakan berbagai teknik macam-macam yang hanya akan membuat kepala sobat pusing. Cukup dengan menggunakan teknik sederhana namun cukup efektif untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang boleh dibilang bagus, setidaknya menurut penilaian kita sendiri, hehe...

Writing
Writing

Lalu apa sih keuntungan menjadi seorang penulis cepat itu? Di era informasi digital seperti sekarang ini, kemampuan menulis cepat banyak dibutuhkan, mulai dari para pengusaha bisnis online, pengusaha media massa berbasis digital, internet marketer, kesemuanya membutuhkan keahlian para penulis yang mampu menghasilkan karya tulis dengan cepat. Peluang inilah yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan income dengan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita dalam hal tulis-menulis untuk kita "jual" kepada mereka yang membutuhkan.

Kebutuhan akan para penulis artikel lepas, atau menjadi penulis tetap pada blog atau website, penulis buku, novel dll, semua bisa jadi ladang penghasilan nantinya.

Lalu cara latihannya sebenarnya seperti apa sih? Mari kita pelajari bagaimana cara mudah menulis cepat yang benar itu melalui pembahasan singkat berikut ini.

Metode Latihan Bebas Menulis Artikel Cepat

Yang harus kita lakukan adalah dengan memulai menuliskan apa-apa saja yang terlintas di pikiran kita dan menuangkannya dengan cepat kedalam tulisan. Kalau bisa, biasakanlah dengan menggunakan teknik 10 jari. Jangan hiraukan kesalahan ketik yang ada, yang perlu kita lakukan adalah teruslah mengetik setiap kata yang terlintas dalam ingatan atau imajinasi kita menjadi sebuah kalimat seolah-olah kita sedang berbicara dengan teman. Teknik ini bertujuan untuk melatih kecepatan jari kita dalam mengetik yang menjadi modal dasar dalam teknik menulis cepat.

Kemampuan mengetik 10 jari tadi sebenarnya hanya merupakan kebutuhan tambahan saja yang berfungsi sebagai penunjang dalam menyusun sebuah artikel. Bagi sobat yang sudah biasa menggunakan teknik lain tetapi kecepatan mengetik terbilang tinggi, silahkan dilanjutkan dengan teknik tersebut.

Berikut ini ada beberapa permasalahan yang biasanya dialami para penulis pemula termasuk saya.
  • Terlalu sibuk memikirkan kalimat yang menarik pada awal memulai menulis. Pada akhirnya tulisan tidak jadi-jadi. Untuk mengatasinya cobalah tuliskan saja apapun yang sobat ingat sebagai latihan terlebih dahulu, jangan terlalu banyak pertimbangan.
  • Menulis sambil mengedit. Sebaiknya selesaikan terlebih dahulu tulisannya. Kemudian setelah tulisan selesai, baru kemudian melakukan proses editing dan lakukan pengecekan ulang.
  • Tidak menguasai materi. Untuk membuat tulisan yang baik, kita disarankan mempunyai sumber referensi terlebih dahulu. Ini bisa kita dapatkan baik melalui buku, majalah, bisa juga dari internet atau bahkan berasal dari kisah atau pengalaman pribadi. Kuasai dulu materinya baru kemudian buatlah tulisannya.
Dengan membiasakan diri menulis dengan cepat, lambat laun kemampuan menulis akan makin terasah, waktu tidak akan membohongi kita, semakin sering kita berlatih maka kemampuan menulispun akan makin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Apalagi sebagai blogger yang pekerjaannya menulis artikel di blog atau website, tidak terikat oleh aturan baku yang mengharuskannya menulis dengan gaya profesional, tentu hal ini lebih mudah dipraktekkan. Menurut pengalaman para penulis besar, yang terpenting adalah keberanian bagaimana agar bisa menuangkan ide atau gagasan kedalam tulisan dengan cara yang benar.
Baca juga: Ketika Konsentrasi Menulis Buyar
Jadi, kenapa sobat tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri? Maka mulailah menulis dengan segenap kemampuan yang ada, semoga tulisan sobat bisa berguna bagi para pembaca.

Untuk meningkatkan kualitas tulisan yang kita buat, ada beberapa poin yang harus kita perhatikan.
  1. Perbanyaklah membaca agar bisa mengetahui berbagai macam gaya atau karakter penulisan dari para penulis lain.
  2. Cari dan temukan penulis favorit sobat untuk dijadikan bahan belajar dan mempelajari gaya menulisnya, namun jangan tiru 100% cukup jadikan bahan referensi saja.
  3. Kuasai topik yang akan dibahas. Lakukan riset sederhana pada sumber bacaan yang akan ditulis.
  4. Buatlah kerangka tulisan dan urutkan satu bahasan dengan bahasan berikutnya agar bisa tersambung dengan rapi dan sistematis.
Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Menulis Cepat Versi Saung Maman yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat.

    Cara Mudah Menulis Cepat Versi Saung Maman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

    Post a Comment