Imbalan Keseriusan Adalah Profit Berkesinambungan

Saungmaman.com - Imbalan Keseriusan Adalah Profit Berkesinambungan

Apa yang sobat pikirkan ketika membaca judul postingan diatas? Berkesan serius ya? Sebenarnya biasa saja sih, hanya saja kebetulan pemilihan kata-katanya seperti tulisan orang-orang pinter yang biasa berbicara di forum-forum atau acara talk show yang ada di televisi itu lho..

Kalau kita mengingat perjalanan dalam memperjuangkan sesuatu, kadangkala kita merasakan kesedihan yang mendalam manakala langkah yang kita pacu mengalami banyak rintangan dan kendala yang hampir membuat putus asa atau bahkan menjadikan kita patah semangat.

Tapi itulah realita hidup yang harus kita jalani, tidak ada sesuatu kesuksesan yang didapat secara instan. Sudah sering kita dengar bahwa untuk meraih kesuksesan harus melalui proses panjang yang kadang menghabiskan begitu banyak waktu dan tenaga. Siapa yang mampu melewatinya dengan baik, maka ia akan menjadi pemenang dan menikmati proses tersebut sebagai bagian dari perjalanan yang harus dilalui.

Namun lain halnya bagi mereka yang terlalu mudah putus asa atau gampang menyerah, belum apa-apa sudah mundur, ingin buru-buru sukses, tidak mau bersusah-susah dahulu, maka tipe orang seperti ini jangan berharap mampu melewati sulitnya perjuangan dalam menggapai cita-cita.
Baca juga: Kutipan Kata-Kata Inspiratif Pembangkit Semangat
Jalan terbaik dalam mewujudkan impian adalah dengan terus berusaha memperbaiki diri, meningkatkan kemampuan berimajinasi, menghimpun segenap asa dan menyatukan tekad agar semua yang diimpikan benar-benar bisa diwujudkan. Caranya bagaimana? Tak ada cara lain untuk bergerak kearah itu selain dengan belajar, belajar dan terus belajar.

Passion
Gambar: Pixabay
Kita pasti menyadari, bahwa setiap manusia pada awalnya buta sama sekali akan sesuatu hal sampai ia mau belajar dan berusaha memahami apa yang dipelajarinya. Dengan kenyataan ini maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa apapun yang ingin kita ketahui bisa kita pelajari dan mampu kita kuasai asalkan kita mau mempelajarinya.

Sebagai contoh mudah adalah, ketika seseorang tergerak hatinya untuk mempelajari cara membuat blog, atau tertarik untuk mempelajari Tutorial Blogger Lengkap untuk Pemula padahal sebelumnya ia sama sekali tidak punya pemahaman sedikitpun tentang dunia blogging. Namun karena besarnya minat dan rasa ingin tahu yang tinggi, maka dengan segenap kemampuan yang ada ia akan berusaha mencari tahu bagaimana caranya membuat blog dengan berselancar di dunia maya ataupun bertanya kepada orang yang ahli dibidangnya.

Begitupun dengan bidang ilmu yang lain, asalkan ada minat dan rasa ingin tahu yang tinggi, pasti bisa kita pelajari atau berusaha mencari tahu dan bertanya kepada orang yang memang punya keahlian dibidang ilmu tersebut.

Dengan keseriusan dalam mempelajari sesuatu, maka imbalan yang akan diterima adalah profit berkesinambungan. Artinya apa, artinya ketika seseorang benar-benar serius dalam mempelajari bidang ilmu tertentu maka akan berbalas dengan penghasilan yang secara terus-menerus akan mengalir ke kocek pribadinya.

Pertanyaannya kemudian, faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi seseorang dalam mengembangkan kemampuannya dalam menekuni sesuatu dengan serius? Berikut ini beberapa hal perlu kita ketahui:

1. Memiliki Minat

Minat atau rasa ketertarikan akan sesuatu hal menjadi modal utama seseorang agar bisa serius dalam melakukan sebuah pekerjaan. Orang yang mencintai pekerjaannya akan merasakan hal berbeda dengan mereka yang tidak menyukai pekerjaannya. Jadi pastikan anda menyukai apa yang anda kerjakan atau anda hanya akan membuang-buang waktu saja di tempat yang memang bukan tempat dimana seharusnya anda berada.

2. Memiliki Prospek yang Cerah

Pekerjaan yang memiliki prospek cerah di masa depan membuat seseorang punya impian besar akan masa depannya. Ini menjadi motivasi yang cukup penting bagi mereka yang punya visi-misi jauh kedepan. Jadi pastikan pekerjaan anda saat ini memiliki prospek yang bagus di masa depan dan mampu memberi harapan akan masa depan yang lebih baik dikala usia sudah tidak lagi mendukung untuk terus bekerja.

3. Memiliki Idola yang Bisa dijadikan Teladan

Orang yang mau serius belajar biasanya memiliki idola atau mereka yang bisa menginspirasi dalam hidupnya. Waktu kita masih kecil, tentu pernah punya cita-cita ingin jadi orang sukses atau ingin jadi seperti mereka yang punya kelebihan dalam bidang tertentu. Begitupun ketika beranjak dewasa, keinginan menjadi seperti yang diimpikan itu bagus dan merupakan modal yang harus terus dipelihara.

4. Ada Contoh Konkrit

Dalam menggeluti sesuatu, biasanya berpatokan pada adanya bukti konkrit atau terdapat bukti nyata bahwa pekerjaan tersebut memang benar-benar layak ditekuni. Sukses orang lain dibidang tertentu menjadi faktor penting dalam memotivasi seseorang agar bisa sukses juga seperti orang tersebut. Ini bukan hal yang sulit, karena biasanya orang yang berhasil dalam usahanya akan dengan senang hati membagikan "rahasia" tentang bagaimana cara meraih kesuksesan tersebut.

5. Profit berkesinambungan

Yang tak kalah pentingnya adalah ketika pekerjaan yang selama ini ditekuni mulai memberikan profit secara berkesinambungan atau terus menerus, maka ini menjadi hal paling membahagiakan dalam perjalanan karier seseorang. Buah keseriusan yang selama ini diperjuangkan mulai menampakan hasil akan menjadi pemicu semangat yang luar biasa besar yang akan terus membawa seseorang ke puncak kesuksesan.

Dampak nyata dari profit berkesinambungan adalah semakin menggebu-gebunya seseorang dalam menekuni apa yang menjadi passion dalam hidupnya dan meyakini bahwa inilah jalan terbaik yang akan membawanya menapaki kehidupan mapan dimasa depan.

Demikian artikel Motivasi mengenai Imbalan Keseriusan Adalah Profit Berkesinambungan yang bisa saya bagikan kali ini, semoga tulisan ringan berdasarkan pengalaman pribadi ini bisa memberi semangat dan motivasi buat pembaca sekalian.

Buat teman-teman yang masih berjuang dalam mencari jati diri atau belum menemukan arah mana jalan yang harus ditempuh, teruslah berusaha menemukan minat yang menjadi impian terdalam di lubuk hati, karena disitulah nanti akan ditemukan apa yang menjadi impian terbesar dalam hidup.
Imbalan Keseriusan Adalah Profit Berkesinambungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment