Cara Melakukan Perawatan Pada Maintenance Trafo

Saungmaman.com - Cara Melakukan Perawatan Pada Maintenance Trafo

Maintenance trafo merupakan salah satu dari perangkat yang memiliki kegunaan untuk menampung pada suplay listrik yang mana kemudian nantinya akan disalurkan pada beban. Sedangkan trafo ini pun juga memiliki peran yang cukuplah penting dalam dunia kelistrikan, sehingga pentingnya melakukan perawatan pada trafo dengan cara yang benar dan tepat adalah hal utama yang wajib untuk Anda perhatikan dengan sebaik mungkin. Sedangkan pada biasanya untuk melakukan perawatan pada alat yang satu ini pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang terlebih lagi orang yang kurang memahami mengenai aliran listrik.

Maintenance
Sumber gambar: Pixabay
Sedangkan pemeliharaan trafo ini pun memiliki tujuan untuk bisa bekerja lebih normal serta memiliki tujuan agar trafo dapat bekerja dengan sebaik mungkin. Sehingga hal inilah yang menjadikan pentingnya merawat serta memelihara trafo. Tentu bagi Anda yang memiliki profesi sebagai seorang tenaga teknik maka tidak akan mengalami banyak kendala, sedangkan bagi orang yang tidak mengenal dunia teknik dan kelistrikan maka akan mengalami banyak kesulitan. Namun tidak ada salahnya jika Anda melihat beberapa ulasan dalam hal merawat serta memelihara trafo yang benar.

Berikut ini cara memelihara trafo dengan cara yang benar dan tepat, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Periksalah pada tangki trafo, termasuk pada mur atau baut maupun bagian yang di las, hal ini untuk memastikan tidak ada kebocoran.
  2. Periksalah pada sambungan kabel atau konduktor yang ada pada terminal dan pertanahan.
  3. Periksalah pada silica gel yang ada di dalam breather.
  4. Periksa pada tinggi dari permukaan oli, pastikan ada di atas batas oli level indicator.
  5. Apabila dilengkapi dengan nitrogen, periksa tekanan nitrogen.

Memang dalam dunia kelistrikan cukuplah rumit dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, terlebih lagi bagi orang yang masih awam dalam dunia teknik dan listrik, sehingga pada saat melakukan pemeliharaan pada maintenance trafo inilah yang dapat dilakukan oleh orang yang ahli maupun orang yang memiliki profesi sebagai orang teknik dan ketenagalistrikan. Karena apabila salah dalam hal pemeliharaannya, maka bisa berakibat fatal.
Advertisement
Cara Melakukan Perawatan Pada Maintenance Trafo

You Might Also Like: