Tips Ngeblog: Pacu Semangat, Jangan Kasih Kendor

Saungmaman.com - Tips Ngeblog: Pacu Semangat, Jangan Kasih Kendor

Ngeblog itu mengasyikkan. Mengasyikan bagi mereka yang sudah merasakan, tentunya. Bagi yang belum, coba berusaha terus, pacu semangat dan jangan kasih kendor agar apa yang disebut mengasyikan itu bisa segera dirasakan, hehehe…

Kenapa ngeblog itu bisa mengasyikan?

Ada beberapa hal yang membuat kegiatan ngeblog itu mengasyikan. Berikut ini saya coba share beberapa hal yang membuat aktivitas blogging jadi terasa lebih mengasyikan :

1. Mengasah kemampuan menulis
Berdasarkan pengalaman saya selama beberapa tahun menggeluti dunia blogging, ada perubahan yang cukup signifikan dalam hal kemampuan menulis, dibandingkan dengan saat awal-awal mulai ngeblog.

Pacu Semangat (Image: Pixabay) 

Dulu, untuk membuat satu postingan saja, susahnya minta ampun. Bahkan untuk membuat judul atau kata pembuka saja, mikirnya sampe kepala rasanya mau pecah 😫.

Tapi setelah sekian lama berlatih, akhirnya saya menemukan trik dan cara jitu dalam membuat sebuah karya tulis, ini tidak terlepas dari seringnya kita melatih diri dan membiasakan melakukan sesuatu secara berulang-ulang.

2. Mendapat kepuasan batin
Senang 😄 rasanya ketika selesai memposting sebuah artikel walau  dilihat dari segi kualitas boleh dibilang apa adanya. Namun karena ini merupakan hasil karya sendiri, maka ada kepuasan tersendiri yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Untuk membuat tulisan yang bermutu memang tidak mudah, tapi bisa menyelesaikan sebuah karya dengan kemampuan sendiri itulah kepuasan batin yang tiada terhingga.

3. Memiliki banyak teman
Dengan menjadi seorang blogger, kita dituntut untuk berinteraksi dengan banyak teman dari berbagai pelosok tanah air. Blogger yang baik adalah mereka yang mampu menempatkan dirinya dimana saja. Ia harus berbaur dengan siapa saja, saling memberi dukungan, saling sapa, saling memberi koreksi dan memberikan saran ataupun kritik yang sifatnya membangun.

Keharmonisan antar blogger semacam ini harus terus dipertahankan, yang mana sifat-sifat saling care seperti ini belum tentu ada di komunitas-komunitas lainnya.

4. Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi
Seringnya bergelut dengan dunia blogging dengan begitu banyak komponen yang bisa di modifikasi, seperti widget, HTML, CSS dan berbagai macam pemrograman lainnya, membuat seorang blogger memiliki rasa keingintahuan yang cukup tinggi.

Walaupun pada awalnya sama sekali awam dengan berbagai hal tersebut, tapi dengan mudahnya mendapatkan informasi, maka segala sesuatunya bisa dicari untuk di pelajari dan diterapkan pada blog yang mereka miliki.

5. Mendapatkan penghasilan tambahan 
Bagi blogger yang sudah mapan dan sukses menjadi publisher Google Adsense, merupakan keasyikan tersendiri bisa mengelola sebuah blog walaupun postingan yang mereka update terkesan biasa-biasa saja. Ini dikarenakan artikel-artikel yang mereka posting sebelumnya sudah 'menancap' begitu kuat di mesin pencari.

Mudahnya artikel ditemukan pada mesin pencarian berpengaruh secara langsung terhadap jumlah klik pada iklan adsense yang terpasang di blog. Dan tentu saja, ini merupakan keuntungan tersendiri bagi si pemilik blog karena ini berarti juga meningkatnya penghasilan/earning dari Google Adsense.

6. Mematangkan emosi
Blogger dengan penghasilan yang memadai, memiliki tingkat kematangan emosi yang cukup tinggi. Dengan memiliki income secara rutin dari aktivitas blogging yang mereka lakukan, secara otomatis membuat tingkat kematangan emosional mereka menjadi lebih stabil. Tanpa meninggalkan pekerjaan utama, aktivitas blogging mereka bisa terus berjalan secara beriringan.

7. Mampu memenej waktu
Keharusan mengupdate blog agar selalu up to date, membuat seorang blogger makin lihai dalam membagi waktu. Yang biasanya tidak fokus dalam memposting artikel-artikel terbaru, karena tuntutan agar blog makin punya posisi yang bagus di search engine, maka mau tidak mau sekarang blogger harus pandai-pandai memenej waktu.

Meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, namun karena kecintaannya terhadap blog yang ia miliki, selalu punya kesempatan untuk membuat postingan terbaru di sela-sela rutintas pekerjaan utama.

Nah, demikian kiranya pembahasan mengenai Tips Ngeblog: Pacu Semangat, Jangan Kasih Kendor yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 


Advertisement
Tips Ngeblog: Pacu Semangat, Jangan Kasih Kendor

You Might Also Like:

Buka Komentar