Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

Saungmaman.com - Tips Hemat Baterai  Smartphone Saat Mudik Lebaran

Saat suasana mudik, penggunaan baterai handphone terkadang sangat terkendala, karena susahnya melakukan pengecasan. Perangkat powerbank mungkin dapat jadi penyelamat sementara, namun terlalu sering menggunakan powerbank itu malah bisa bikin daya tahan baterai makin berkurang.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba kurangi konsumsi daya secara manual. Berikut tips menghemat baterai smartphone yang saya share dari beberapa sumber.



1. mengurangi kecerahan layar atau gunakan kecerahan otomatis
Anda menyukai tampilan warna-warni di cell phone? Ini ialah musuh besar baterai. Dibandingkan dengan komponen ponsel yang lain, layar warna-warni banyak menghabiskan daya pakai baterai.

Sebagian besar ponsel mempunyai fitur mode pengaturan kecerahan secara otomatis, yang menyesuaikan kecerahan layar supaya sesuai dengan status pencahayaan di sekitar.

Mode ini memakai daya yang lebih sedikit, serta metode ini juga lebih praktis, cobalah sesegera mungkin mengganti kecerahan layar sampai ke setelan terendah.

2. Pilih opsi kunci otomatis withering singkat
Dalam menu pengaturan tampilan terhadap ponsel, anda bisa mendapatkan opsi "Tidur" atau yang mirip ("Kunci Otomatis" buat iPhone). Pengaturan ini memanage berapa layar ponsel Anda akan tetap menyala.

Untuk menghemat daya, pilih opsi limit masa terpendek. terhadap keseringan ponsel Android, paling rendah ialah 10 detik, sedangkan iPhone yang dapat diatur ialah 30 detik.

3. Matikan Bluetooth
Saat ini banyak orang yang suka memakaikan Bluetooth buat headset handsfree, speaker nirkabel atau pelacak kebugaran.

Namun, jika anda tak benar-benar memerlukannya, lebih baik anda berbahaya Bluetooth buat memperpanjang waktu pakai baterai ponsel anda.

4. Matikan Wi-Fi
Seperti Bluetooth, Wi-Fi ponsel anda ialah saluran pembuangan baterai yang serius, walaupun kadang-kadang anda butuh memakaikan koneksi Wi-Fi di rumah atau kantor buat akses web serta layanan information lainnya.

5. Matikan layanan lokasi serta GPS
Pengisap baterai besar lainnya ialah aplikasi yang memakaikan information GPS serta Wi-Fi buat memantau lokasi. Sebagai pengguna, anda bisa menonaktifkan akses aplikasi ke layanan lokasi.

Caranya, di Setelan>Lokasi, anda bisa memilih "akurasi tinggi" saat anda memerlukannya, atau "hemat baterai" jika tidak.

Anda juga sebagusnya lebih bijak mengizinkan buat mengakses tiap aplikasi. Pemberian terlampau banyak izin ke aplikasi yang tak pernah anda gunakan akan menghabiskan baterai anda dengan tidak keuntungan.
Baca juga: Mau Kredit HP buat Lebaran? Simak 5 Tips Anti Ruginya!
6. Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang
Kemampuan Multitasking menjalankan lebih dari satu aplikasi ialah fitur cell phone yang hebat saat ini. Namun ternyata ini bisa menguras banyak energi, lantaran tiap aplikasi yang anda gunakan mengkonsumsi beberapa siklus prosesor di ponsel Anda.

Beberapa aplikasi amat berat dalam Perihal penggunaan baterai. Dengan berbahaya aplikasi yang sesungguhnya tak anda gunakan, anda bisa kurangi beban kerja CPU secara drastis serta kurangi konsumsi daya.

Di Android, ketuk tombol multitasking - ada di atas sebelah kanan, sentuh tiga ikon titik-titik di area bawah layar atau anda bisa menggesek aplikasi buat menutupnya.

Di iOS, ketuk dua kali tombol Home sehingga layar multitasking muncul, lantas gesek ke atas buat mengcover aplikasi.

Baik iOS serta Android sekarang mempunyai screen baterai, jadi anda bisa memeriksa dengan tepat serta gampang berapa banyak masing-masing aplikasi memakaikan daya.

Kemudian anda bisa mencopot pemasangan aplikasi atau memastikan anda berhenti memakaikan aplikasi tersebut saat anda tak menggunakannya.

7. Jangan gunakan getar
Anda lebih suka bikin ponsel anda berikan tahu mengenai panggilan masuk dengan bergetar atau tanpa dering? Sayangnya, mode getar memakan daya lebih banyak dibanding mode dering, pasalnya mode dering cuma memerlukan sedikit daya di speaker ponsel buat menghasilkan suara. Sebaliknya, mode getaran memerlukan lebih banyak daya buat bikin semua ponsel bergetar.

Jika Anda tak ingin diganggu dengan suara, pertimbangkan agar seluruh notifikasi bisa terlihat serta letakan ponsel di jangkauan penglihatan sehingga anda bisa menatap saat adanya panggilan baru.

8. Matikan notifikasi yang tak penting
Sepertinya hampir seluruh aplikasi saat ini memerlukan web buat pembaruan informasi. Saat notifikasi masuk akan bikin layar ponsel anda menyala, Perihal ini akan mengkonsumsi energ.

Anda bisa jadi tak ingin berbahaya notifikasi buat pesan teks teranyar atau panggilan tidak terjawab, namun berbahaya pemberitahuan yang berlebihan akan menolong baterai anda bertahan sedikit lebih lama

9. Atur pemberitahuan email
Terus menerus memeriksa ponsel buat mengenali apa adanya email baru merupakan pemborosan daya. Anda bisa mengganti setelan, bisa jadi 15 atau 30 menit.

10. Aktifkan mode hemat daya
Banyak merchant ponsel yang sudah menyediakan fitur hemat daya. Fitur tersebut buat mencegah aplikasi memperbarui diri, meredupkan layar, menonaktifkan animasi dinlayar serta mematifkan getaran.

Secara default, mode ini kebiasaannya menyala saat status baterai anda 20 persen. Dan, makin laju ponsel beralih ke mode hemat daya ini, makin lama baterai akan bertahan.

Demikian bahasan Saung Maman tentang Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran kali ini, semoga bermanfaat.

Pada kesempatan ini, tak lupa admin juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Mohon Maaf Lahir Batin.
Advertisement
Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...