Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kredit Tanpa Agunan

Saung Maman - Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kredit Tanpa Agunan

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Kamu tentu sering mendengar istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA), namun tidak memahami sepenuhnya apa arti sebenarnya dari istilah tersebut. Nah, dalam pembahasan artikel finansial kali ini, Saung Maman akan mencoba memaparkan secara detail mengenai hal-hal apa saja yang perlu kamu ketahui berkenaan dengan hal tersebut. KTA adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan aset sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.


Dengan tidak diperlukannya jaminan, maka calon nasabah lebih dimudahkan dalam mengajukan kredit. Biasanya, pihak pemberi kredit memberikan keputusan untuk memberikan pinjaman cukup dengan melengkapi berkas yang dibutuhkan berdasarkan riwayat kredit sebelumnya, semisal kredit motor, kredit mobil, KPR atau kartu kredit. Pemanfaatan KTA bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang sifatnya mendesak. Komitmen nasabah serta itikad baik bahwa ia sanggup melunasi pinjaman bisa menjadi pengganti jaminan.

Di era serba modern seperti sekarang ini, kemudahan dalam mengajukan pinjaman membuat masyarakat tidak perlu lagi repot-repot saat ingin mengajukan pinjaman karena bisa dilakukan secara online. Cukup melakukan beberapa langkah mudah dan dalam waktu yang sangat singkat pengajuan  aplikasi bisa dengan sangat mudah disetujui.


KTA bisa digunakan untuk apa?

Beberapa jenis pembiayaan yang bisa memanfaatkan KTA antara lain: Biaya memperbaiki rumah, biaya kuliah atau pendidikan anak, biaya pengobatan, biaya resepsi pernikahan, modal usaha/bisnis, dan kebutuhan finansial lainnya. Sebagai nasabah yang baik, maka hendaknya bijaklah dalam mengajukan kredit, jangan lakukan pinjaman untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif namun gunakanlah hanya untuk hal-hal yang memang dibutuhkan.

Apa saja keuntungan yang didapat dari KTA?

Beberapa keuntungan yang sudah pasti dirasakan oleh nasabah dengan memanfaatkan KTA diantaranya: Syarat pengajuan kredit yang cukup mudah dan cepat, tidak perlu menyiapkan barang atau aset sebagai jaminan, pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan, banyak pilihan periode cicilan, bisa memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan, suku bunga tetap, dilindungi asuransi, limit pinjaman cukup besar.
Apa saja syarat pengajuan KTA?

Syarat pengajuan KTA biasanya tidak terlalu rumit, cukup melengkapi beberapa berkas seperti: foto copy KTP atau KITAS, bukti penghasilan/slip gaji, foto copy kartu kredit, foto copy buku tabungan, NPWP dan Surat Izin Usaha serta beberapa dokumen pelengkap lainnya.

Berapa limit pinjaman yang bisa disetujui?

Di beberapa instansi pengelola pinjaman, limit pinjaman KTA bisa bervariasi dan tidak ada patokan yang pasti. Namun besarnya jumlah kredit yang bisa disetujui bisa mencapai angka 200-300 jutaan sesuai ketentuan dan kebijakan di masing-masing penyedia layanan.

Apakah ada korelasi antara besar penghasilan dengan besarnya pinjaman KTA?

Ya, tentu saja. Karena pihak pemberi pinjaman biasanya menentukan besarnya limit pinjaman berdasarkan perkiraan kemampuan bayar dari calon nasabah, semakin besar penghasilan yang bisa didapat nasabah, maka semakin besar pula jumlah pinjaman yang bisa di cairkan.

Berapa lama proses pengajuan KTA?

Secara umum, lamanya proses pengajuan KTA berkisar antara 3-4 hari kerja. Namun ada juga yang mencapai 14-15 hari bila kelengkapan data yang dibutuhkan masih kurang atau terdapat ketidaksesuaian.

Bagaimana cara melakukan pembayaran KTA?

Pembayaran cicilan KTA bisa dilakukan dengan beberapa macam cara diantaranya: melalui transfer bank via ATM, setor langsung melalui teller bank, mobile atau internet banking, atau melalui sistem auto debet rekening nasabah itu sendiri.

Apakah ada biaya dalam pengajuan KTA?

Biaya-biaya sudah pasti ada, namun nilainya biasanya tidak terlalu besar dan masih dalam taraf yang wajar. Beberapa biaya yang perlu dipersiapkan saat mengajukan pinjaman KTA antara lain: Biaya administrasi, biaya meterai, biaya di muka yaitu biaya di awal pinjaman diluar cicilan yang jumlahnya bisa berbeda-beda. Kemudian biaya bunga, besaran biaya bunga bisa bervariasi dan biasanya cukup tinggi di kisaran 10-23% pertahunnya.

Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan agar pinjaman disetujui?

Agar pinjaman disetujui lengkapi berkas-berkas/dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Buku Nikah, cek keaslian dan kelengkapannya jangan sampai ada yang terlewat. Siapkan juga catatan laporan kartu kredit, biasanya pihak bank akan memeriksa kelancaran pembayaran kartu kredit calon nasabah sebelum menyetujuinya.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga pembahasan mengenai Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kredit Tanpa Agunan ini bisa bermanfaat dan mampu memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mencoba mengajukan pinjaman melalui sistem Kredit Tanpa Agunan. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengeceknya di  https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan.
Advertisement
Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Kredit Tanpa Agunan

You Might Also Like:

Buka Komentar