Alasan Kenapa Kalsium Sangat Penting Pada Masa Kehamilan

Saung Maman - Alasan Kenapa Kalsium Sangat Penting Pada Masa Kehamilan

Untuk mendukung perkembangan tulang dan saraf janin yang optimal, Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan asupan kalsium yang cukup. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan perlu menjadi perhatian Ibu hamil, karena selain mendukung perkembangan janin, kalsium juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain:

  • Membentuk dan memelihara gigi dan tulang yang kuat
  • Memperlancar peredaran darah dan menjaga detak jantung
  • Memelihara fungsi otot dan saraf
  • Mengurangi risiko osteoporosis pada Ibu hamil
  • Mengurangi risiko terjadinya komplikasi pada masa kehamilan
  • Mencegah resiko hipertensi pada masa kehamilan
  • Menghindari komplikasi saat hamil yang berbahaya seperti keracunan kehamilan.

Susu Kalsium/Sumber Gambar: Pixabay

Wanita yang hamil dan sedang menyusui membutuhkan sekitar 1.300 sampai 2.000 mg kalsium setiap harinya. Untuk memenuhi angka kecukupan gizi tersebut, ibu hamil perlu memperhatikan konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium serta aman untuk dikonsumsi. Ahli gizi menyarankan Ibu hamil untuk mengkonsumsi empat porsi makanan seperti susu dan produk olahannya atau kedelai dan produk olahannya.
Baca juga: 8 Jenis Makanan Sehat Untuk Diet
Agar asupan kalsium terpenuhi dengan cukup, Ibu hamil dapat juga mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium. Perlu diingat juga bahwa, konsumsi kalsium yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan sembelit, meningkatkan risiko batu ginjal, dan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Pastikan total dari asupan makanan, suplemen, dan air tidak melebihi 2.500 mg per hari. Selain itu, carilah suplemen yang bebas timah yang dapat membahayakan calon bayi.

Salah satu suplemen yang khusus untuk Ibu hamil adalah https://www.goapotik.com/produk/folamil-gold-30-kapsul. Suplemen ini diperkaya multivitamin dan mineral yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui yang mengandung kalsium 250 mg untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium Anda. Untuk memenuhi asupan kalsium yang cukup, Anda hanya perlu mengkonsumsi satu kapsul setiap hari. Selain itu, selalu perhatikan juga pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kondisi kehamilan agar kesehatan Ibu dan calon bayi tetap fit.
Advertisement
Alasan Kenapa Kalsium Sangat Penting Pada Masa Kehamilan

You Might Also Like:

Buka Komentar