Cara Meningkatkan Domain Authority Blog Secara Manual

SaungMaman - Cara Meningkatkan Domain Authority Blog Secara Manual

Sebagai admin sebuah blog pribadi, tentunya kita menginginkan blog yang kita kelola memiliki nilai Domain Authority (DA) yang tinggi.

Apa itu Domain Authority?

Domain authority adalah sebuah sistem penilaian/metrik sebuah website, yang menjadi bahan penentu kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari atau Search Engine dan juga penggunanya.

Domain authority dikembangkan oleh Moz yang merupakan sebuah faktor penting yang mempengaruhi jumlah trafik dan ranking dari sebuah blog atau website.

Untuk mendapatkan nilai Domain authority yang baik tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh konsistensi dan ketekunan bila ingin mendapatkannya.

Baca juga: 5 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Walau Jarang Update

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh admin sebuah blog dalam meningkatkan nilai DA membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jangan berkecil hati, di postingan ini, saya akan berbagi tips sederhana tentang Cara Meningkatkan Domain Authority Secara Manual berdasarkan pengalaman, yang bisa dilakukan oleh blogger pemula sekalipun.

Cara Meningkatkan Domain Authority Secara Manual
Domain Authority | Pexel

Berikut langkah-langkah cara meningkatkan nilai Domain Authority:

1. Setiap kali membuat artikel/postingan usahakan memiliki kata kunci atau keyword yang ingin kita bidik. Kata kunci penting kita tentukan agar artikel yang kita buat memiliki kekuatan dan fokus pada apa yang hendak kita sampaikan kepada pembaca. 

2. Buatlah internal link/inbound link minimal 2 yang menuju kepada artikel lain dalam blog kita yang memiliki relevansi dengan artikel yang sedang kita buat.

3. Update beberapa artikel lama yang memiliki banyak visitor dengan cara mengubah tanggal postingannya tanpa mengubah url-nya. Lakukan sedikit editing pada bagian-bagian yang dirasa sudah tidak relevan. Tambahkan informasi terbaru yang dirasakan perlu agar artikel tersebut terlihat lebih fresh dan tampak seperti postingan baru.

Baca juga : Perlukah Mengupdate Artikel Lama? 

4. Bagikan artikel yang berhasil kita buat ke berbagai media sosial (medsos) yang kita miliki untuk menambah jumlah kunjungan dari para pengikut kita di berbagai platform medsos. Langkah ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menaikan nilai Domain Authority.

Sosial Media
Sosial Media | iStocks

5. Lakukan kunjungan ke banyak blog sahabat dan berikan komentar yang relevan dengan isi artikel. Jalin keakraban dengan sesama blogger agar terjalin rasa kebersamaan dan bisa saling memberi dukungan satu sama lain. 

Baca: Tips Mudah Meningkatkan Trafik Blog

6. Sesekali daftarkan URL blog kita ke berbagi mesin pencari agar keberadaan blog kita makin dikenal dan terindeks dengan baik. Salah satu web submision yang saya rekomendasikan adalah disini

Submit
Submit Blog | iStocks

7. Agar blog kita terdeteksi "sehat" oleh mesin pencari, lakukan pembersihan pada postingan terdahulu yang memiliki link yang rusak atau broken link (baik internal link ataupun eksternal link) 

Broken Link
Broken Link | iStocks

Broken link atau link rusak berdampak buruk pada kualitas blog, untuk itu sebisa mungkin harus kita perbaiki dengan cara menghapusnya. 

Pelajari cara menghapus broken link di halaman ini

8. Periksa performa blog kita dilihat dari berbagai aspek. Dengan demikian kita dapat mengetahui bagian mana saja dari blog kita yang memiliki kekurangan dan bagaimana cara memperbaikinya.

Baca postingan ini untuk info lebih lanjut: Mengatasi H1 Zero That is Really Bad

Nah, kiranya itu saja informasi yang bisa saya bagikan kali ini. Mohon diingat ya, tips dan trik ini saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi yang selama 1 bulan ini bisa meningkatkan nilai DA dengan melakukan hal-hal diatas secara konsisten dan terus menerus. 

Silahkan dipraktekkan ya, semoga dengan ketekunan dan konsistensi, nilai Domain Authority blog sobat bisa meningkat secara signifikan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement
Cara Meningkatkan Domain Authority Blog Secara Manual

You Might Also Like: