Survey Kartu Prakerja Gagal Terus? Apa Penyebabnya?

 SaungMaman - Survey Kartu Prakerja Gagal Terus? Apa Penyebabnya? 

Beberapa bulan yang lalu, admin mencoba keberuntungan dengan mengikuti program pemerintah bernama Kartu Prakerja.

Prakerja adalah sebuah program pemerintah yang dimaksudkan untuk kemberikan kesempatan kepada seluruh warga negara Indonesia yang ingin menambah keterampilan atau meningkatkan kompetensi dalam pekerjaan.

Kartu Prakerja

Saya bergabung di awal pertama kali program ini diluncurkan, namun baru berhasil diterima pada gelombang ke 5.

Menerima uang pelatihan sebesar Rp 1 juta saya manfaatkan untuk memilih 3 jenis pelatihan, yaitu:

Yang pertama saya memilih pelatihan dengan tema "Hasilkan Omset Jutaan Dengan Desain Grafis (CorelDraw)" dari mitra pelatihan YP Fitri Al Baasitu dan membeli paketnya di Bukalapak.

Kemudian pelatihan yang kedua saya membeli pelatihan dengan tema "Cara Dapatkan Penghasilan Melalui Blog" di mitra pelatihan Skill Academy by Ruangguru. 

Dan pelatihan yang  ketiga juga dari mitra pelatihan Skill Academy dengan tema pelatihan "SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google"

Semua pelatihan bisa saya selesaikan dengan baik dan dari ketiganya saya memperoleh 3 sertifikat sebagai bukti bahwa saya telah lulus mengikuti pelatihan dengan sempurna. 

Satu bulan setelah intensif pertama cair, muncul survey pertama yang langsung saya isikan jawabannya dan berhasil menyelesaikan semua pertanyaan tanpa ada kendala. Satu minggu kemudian insentif survey sebesar Rp. 50.000 langsung cair. 

Hari ini, Jumat 4 Desember 2020 saya sebagai peserta Kartu Prakerja mencoba mengisi Survey Kartu Prakerja tahap 2 sesuai info yang saya dapatkan di dashboard Prakerja.

Insentif | Pixabay
Insentif survey kedua

Survey kedua ini memang sudah diinformasikan di dashboard prakerja sejak jauh-jauh hari. Walaupun nilainya tidak terlalu besar, namun di saat-saat sulit karena wabah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, uang sebesar Rp 50.000 cukup berarti untuk menambah uang belanja yang terus meningkat sementara pemasukan jauh berkurang.

Covid-19 Protect yourself to win! 👐🧽🚿 | Image: Pixabay
Survey kali ini berdurasi kurang lebih 30 menit, berisi beberapa pertanyaan seputar pelatihan yang sudah di ikuti. Pertanyaan terdiri dari 2 jenis, pertanyaan pertama berupa esai dan pertanyaan berikutnya berupa pilihan ganda.

Gagal mengirim jawaban

Semua pertanyaan berhasil saya jawab kurang dari 30 menit. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur,ini bertujuan untuk perbaikan program di masa yang akan datang. Namun saat menekan tombol "kirim" muncul tulisan error sbb:

"Maaf terjadi kesalahan dalam pengiriman jawaban di halaman terakhir. Klik tombol dibawah ini untuk kirim ulang. Hubungi admin bila terus-menerus gagal. Tapi jangan kwatir, jawabanmu sudah tersimpan sampai halaman sebelumnya," Demikian pesan yang muncul di dashboard.

Kesalahan dalam pengiriman jawaban
Lalu saya coba klik "kirim ulang" namun tidak berhasil. Kemudian saya klik tombol "x" untuk menutup pesan yang muncul, berharap akan kembali ke menu survey, namun perkiraan saya salah. Menu survey tidak muncul lagi dan menyisakan tanda tanya apakah survey yang saya isi berhasil diinput atau gagal. 
Lalu saya mencoba telusuri masalah ini dengan googling di internet dan menemukan artikel yang menerangkan tentang masalah gagalnya survey prakerja ini. Ternyata kejadian ini di alami oleh banyak peserta prakerja lainnya, yang kasusnya sama yaitu gagal melakukan pengiriman jawaban di bagian akhir survey. 

Bagaimana mengatasi survey yang gagal? 

Menurut informasi yang saya dapat, solusi untuk mengatasi gagalnya survey prakerja kali ini adalah "abaikan", jadi sepertinya ini merupakan bug atau kesalahan sistem di dashboard prakerja. Peserta tak perlu khawatir, karena insentif sebesar Rp. 50.000 tetap akan masuk di dashboard prakerja. 

Jadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah bersabar menunggu dalam beberapa jam, hingga insentif survey muncul di dashboard prakerja.

Buat teman-teman yang belum terdaftar sebagai peserta kartu prakerja, silahkan mendaftarkan diri dengan membuat akun terlebih dahulu di https://www.prakerja.go.id/ karena menurut info, pendaftaran gelombang ke-12 kartu prakerja akan di buka di awal tahun depan.

Jadi persiapkan diri dari sekarang dan semoga berhasil mendapatkan insentif untuk pelatihan kerja dengan total jumlah uang insentif sebesar Rp. 3.500.000.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Update: Kabar gembira! Tidak sampai menunggu 1 jam, ternyata insentif survey sudah muncul di dashboard prakerja.

Insentif Survey Prakerja
Jadi bila teman-teman mengalami hal yang sama, tidak usah panik, cukup bersabar menunggu dan jangan lupa berdo'a semoga insentif segera muncul dan bisa cair secepatnya. 
Survey Kartu Prakerja Gagal Terus? Apa Penyebabnya?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape

Popular