10 Kata-kata Bijak Yang Bisa Meningkatkan Semangat Hidup

By SaungMaman

Kehidupan terkadang diwarnai berbagai problematika yang dapat menurunkan semangat hidup. Banyaknya permasalahan yang mengganggu bila dibiarkan akan berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup kita. Untuk itu dibutuhkan beberapa cara agar hidup kembali bergairah walaupun diterpa berbagai macam masalah. 

Salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan gairah atau semangat hidup adalah dengan membaca kata-kata bijak yang berisi motivasi dari para motivator dunia yang terbukti mampu menambah semangat hidup dengan cara yang cukup sederhana. 

Make This Day Great! Image Source: Pixabay.com
Kebiasaan membaca kata-kata bijak berisi motivasi, penyemangat hidup bisa berdampak sangat baik bagi kehidupan seseorang. Kelihatannya sepele, namun bila dilakukan secara konsisten dan mau mempraktekkan kata-kata bijak tersebut, bukan hal yang mustahil dapat merubah hidup seseorang menjadi jauh lebih baik. 

Nah, untuk membuktikannya silahkan simak 10 Kata-kata Bijak Yang Bisa Meningkatkan Semangat Hidup yang saya kutip dari cermati.com dibawah ini. Silahkan dibaca kemudian diresapi dalam hati dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ke 10 kata-kata bijak selengkapnya:

1. Hidup ini sederhana, maka kenapa dibikin rumit? 

"Hidup itu sederhana, kitalah yang membuatnya jadi sulit." - Confucius. 

Hidup yang sebenarnya itu mudah, namun terkadang kita sendirilah yang membuatnya jadi sulit. Seringkali kita membebani pikiran kita dengan hal-hal tidak penting yang justru akan membuat hidup yang seharusnya indah menjadi terasa begitu hampa dan memberatkan. Cobalah berubah, berpikirlah lebih bijak dan selalu bersikap positif dan rasakan betapa hidup ini sebenarnya begitu menyenangkan. 

2. Bahagia adalah segalanya

"Hal yang paling penting adalah menikmati hidup, menjadi bahagia apapun adanya." - Audrey Hepburn. 

Hidup Anda, bukan orang lain yang menentukan. Karena itu buatlah jalan hidup sendiri tanpa terganggu oleh kehidupan orang lain. Kebahagiaan bisa ditentukan sesuai kemauan diri sendiri dengan memaksimalkan segenap potensi yang ada. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bahagia, karena penentu kebahagiaan adalah diri kita sendiri. 
3. Menjadi diri sendiri

"Hidup bukan soal mencari jati diri, tapi hidup adalah membuat diri sendiri." - George Bernard Shaw. 

Kadang kita terjebak dalam sebuah ungkapan "mencari jati diri" yang sebenarnya jati diri itu tidak hilang. Jati diri ada karena dibentuk oleh orang dan bukan disembunyikan. Mau seperti apa diri Anda, tergantung seberapa besar kemauan Anda untuk membentuknya. 

4. Hidup bukan panggung sandiwara

"Hidup adalah mimpi bagi yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi yang kaya dan tragedi bagi mereka yang miskin." - Sholom Aleichem. 

Hidup bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan atau bisa jadi sangat menyedihkan. Itu tergantung sudut pandang dan latar belakang hidup seseorang. Bagi mereka yang memiliki sudut pandang yang positif maka hidup ini terasa menyenangkan, namun sebaliknya bagi mereka yang memiliki sudut pandang negatif hidup ini akan terasa penuh kesengsaraan. 

5. Hidup penuh ketidakpastian

"Kenyataannya, Anda tidak tahu apa yang terjadi esok, hidup adalah sebuah perjalanan yang tidak pasti dan tidak ada yang menjaminnya." - Eminem. 

Masa depan tidak ada yang bisa meramalkan, bahkan satu detik kedepanpun tak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Hidup ini penuh misteri, maka jalani saja dengan penuh keceriaan. Nikmati hidup dengan apa yang dimiliki, bersyukur dan berjalanlah menuju kebahagiaan yang hakiki dengan mengikuti norma-norma yang ada. 

6. Tujuan hidup adalah bahagia

"Tujuan hidup sesungguhnya adalah menjadi bahagia." - Dalai Lama. 

Rasa bahagia membuat hidup terasa penuh warna. Bahagia mampu membuat seseorang tetap bertahan walaupun mengalami banyak masa sulit. Dengan melingkupi hidup selalu merasa bahagia, sebenarnya melindungi diri sendiri dari kekecewaan dan rasa putus asa yang bisa menyerang kapan saja. 

7. Rasa cinta dan ilmu pengetahuan tak dapat dipisahkan

"Hidup yang baik adalah yang diliputi dengan rasa cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan." - Bertrand Russell. 

Cinta adalah anugerah terbesar dari Tuhan. Dengan cinta seseorang mampu memiliki empati, kasih sayang dan rasa memiliki. Cinta yang dipandu dengan ilmu pengetahuan akan membuat hidup berjalan penuh keseimbangan. 

8. Biarkan mengalir seperti air

"Hidup adalah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan tolak mereka, biarkan realita menjadi realita. Biarkan mengalir kemana mereka suka." - Lao Tzu. 

Biarkan hidup mengalir alami seperti air. Masalah yang datang bukan untuk dihindari melainkan untuk dihadapi dan menjadikan kita lebih dewasa. Dibalik setiap peristiwa ada pelajaran yang akan membuat Anda mengerti dan menyadari bahwa dalam hidup ada proses yang harus dijalani. 

9. Hidup ini singkat

Anda di sini singkat, jangan terburu-buru atau merasa khawatir. Yakinlah bahwa dalam perjalanan ada harum bunga yang siap menemani.' - Walter Hagen. 

Kehidupan ini singkat, sadarilah bahwa setiap makhluk hidup akan merasakan mati. Buatlah hidup ini penuh arti, setidaknya ada hal-hal baik yang dikenang oleh orang lain saat kita kembali kepada-Nya nanti. 

10. Hidup adalah cerminan diri

"Hidup adalah cermin dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir tentang apa yang mereka pikirkan." - Ernest Holmes. 

Hidup tergantung apa yang Anda pikirkan, bila pikiran bahagia selalu berada dalam benak Anda, maka kebahagiaan yang akan Anda dapatkan. Ketika berpikir sebaliknya, maka itulah kenyataan yang terjadi. Hidup laksana cermin, apa yang ada dipikiran itu pula yang akan dipantulkan. Untuk mendapatkan kebahagiaan, buatlah diri Anda selalu bahagia. Ingatlah satu hal, bahwa kebahagiaan hanya menjadi milik mereka yang meyakini bahwa hidup adalah berkah yang harus senantiasa disyukuri. 

Demikian artikel mengenai 10 Kata-kata Bijak Yang Bisa Meningkatkan Semangat Hidup kali ini, semoga bermanfaat. 
10 Kata-kata Bijak Yang Bisa Meningkatkan Semangat Hidup

You Might Also Like: