Penyebab Mesin Mobil Ngelitik, Yuk Simak Solusinya!

By SaungMaman

Penyebab mesin mobil ngelitik ini bisa dari berbagai hal seperti masalah proses pembakaran. Mobil sebagai kendaraan meskipun sering digunakan maupun tidak perlu dilakukan perawatan. Jika Anda mengendarai mobil dan merasakan mesin ngelitik, tentu harus waspada. Namun, selain itu kira-kira penyebabnya apa saja? Berikut informasi sekaligus solusinya untuk Anda.

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik | Image: Pixabay.com

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik


Mungkin sebagian dari Anda tidak paham dengan istilah ngelitik? Kondisi pada mesin mobil yang dijalankan dan menimbulkan bunyi klitik-klitik, atau istilah kerennya adalah engine knocking. Mengenai penyebabnya Anda bisa simak penjelasan ini.

Pengapian Tidak Normal

Umumnya mesin mobil mengalami neglitik disebabka oleh masalah pengapaiannya tidak normal. Harusnya pengapaian di komponen busi mobil bisa memercikan api dengan sempurna. Jika kondisi busi ini tidak berfungsi secara normal, otomatis bahan bakar yang menuju injector tidak bekerja dengan baik.

Perubahan Posisi Ignition Timing

Penyebab mesin mobil ngelitik berikutnya juga bisa karanea Ignition Timing yang berubah posisinya. Hal ini jika dibiarkan secara terus menerus dapat menjadi pemicu kompresi bocor. Akibatnya tentu tenaga yang dihasilkan oleh mobil bisa ngempos.

Suhu Mesin Terlalu Panas

Kondisi mesin mobil ngelitik tentu menganggu sekali bukan? Ternyata hal tersebut juga bisa disebabkan oleh suhu mesin terlalu panas. Kondisi mesin mobil yang panasnya diluar batas ini bisa saja karena komponen sekor pendinginnya sudah tidak bisa bekerja secara optimal.

Salah Manggunakan Bahan Bakar

Setiap mobil tentu biasanya dibekali dengan rekomendasi penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan komponennnya. Nah, tetapi ada saja orang yang abai dalam hal ini. Padahal penyebab mesin mobil ngelitik juga bisa karena tidak menggunakan bahan bakar sesuai anjurannya.

Solusi Saat Mengalami Mesin Mobil Ngelitik


Jika Anda mengalami kondisi mesin mobil ngelitik maka segara ditemukan solusinya. Apabila dibiarkan begitu saja maka bisa menyerempet ke permasalahan yang lain. Saat kendal mesin mobil ngelitik akibat pengapiannya maka yang harus diganti adalah businya.



Dengan menganti busi baru, maka persoalan mobil ngelitik ini dapat teratasi. Penyebab mesin mobil ngelitik akibat busi yang waktunya diganti ini bisa Anda cek secara mandiri, karena kasat mata. Berbeda jika penyebabnya adalah pergeseran posisi ignition timing, maka solusinya harus Anda ke bengkel.

Jangan sampai Anda melakukan perbaikan secara mandiri untuk memperbaiki posisi ignition timing. Sebab jika tanpa alat dan dilakukan oleh ahlinya, bisa-bisa malah parah peletakan jaraknya. Solusi yang harus Anda lakukan jika penyebab ngelitik pada mesin mobil karena over heat maka komponen kipas pendinginnya rusak.

Jika penyebabnya adalah karena mesinnya yang panas, maka pihak bengkel akan memberikan saran untuk menganti motor kipas baru. Tujuannya adalah agar sekor pendingin bisa berfungsi secara optimal kembali. Jangan lupa untuk sekaligus melakan pergantian air radiator untuk hasil lebih optimal mendinginkan mesin.

Jika Anda membawa ke bengkel dan ditemukan penyebab mesin mobil ngelitik karena kesalahan bahan bakar, maka segera ganti sesuai rekomendasinya. Memakai bahan bakar yang nilai oktannya tidak sesuai standar ini membuat waktu pembakaran lebih cepat. Akibatnya mesin mobil tidak bisa menahan kompresi yang besar tersebut.

Jadi sudah paham kan sekarang apa saja penyebabnya mesin mobil bisa ngelitik. Jika kendalnya tidak bisa Anda atasi secara mandiri, maka segara pergi ke bengkel service. Namun, jika Anda membutuhkan mobil yang handal dengan pilihan pembayaran cash maupun kredit dapat mengakses website resmi kami.

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik, Yuk Simak Solusinya!

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: