Keutamaan Zakat Apa Saja? Ketahui Penjelasannya

By SaungMaman

Sebagai seorang muslim tentu Anda mengetahui bahwasanya zakat adalah bagian dari rukun islam. Menunaikan zakat ini hukumnya wajib bagi yang mampu. Namun, perlu Anda ketahui bahwasanya zakat sendiri terbagi menjadi 2 hal yaitu “fitrah” dan “mal”. Zakat fitrah ini bisa berupa bahan pokok biasanya beras dan pelaksanannya di bulan Ramadhan. Berbeda dengan zakat mal yang waktunya tergantung dengan perhitungan nisab (haul). Banyak sekali keutamaan zakat bagi yang melaksanakannya. Berikut Informasi lengkapnya.

5 Keutamaan dari Menunaikan Zakat

5 Keutamaan Zakat | Image by Freepik

Banyak keutamaan zakat bagi yang melaksanakannya. Zakat tidak hanya sebagai pembersih dari harta pemiliknya, hal ini sesuai dengan arti dari zakat sendiri yaitu membersihkan. Namun, selain itu masih banyak lagi keutamaannya, Ini beberapa lainnya yang dapat Anda ketahui.

1. Bukti Ketaatan Seorang Muslim

Perintah untuk menunaikan zakat ini banyak disebutkan di ayat-ayat Al-Quran. Sebagai muslim yang beriman tentu Anda juga tahu bahwa diantara rukun islam nomor 4 adalah zakat. Menunaikan zakat sama saja Anda menunjukan bukti taat kepada Allah SWT. Hal yang perlu Anda ingat bahwa keutamaan zakat ini bukan hanya wajib ketika Ramadhan, melainkan diantara harta-harta Anda juga wajib dikeluarkan zakatnya.

2. Menghindarkan Dari Sifat Kikir

Berikutnya dengan mengerjakan zakat, maka Allah SWT menghindarkan Anda dari sifat kikir. Padahal setiap rezeki yang saat ini menjadi milik Anda itu terdapat hak-hak muslim lainnya. Jadi, dengan tergerak untuk menunaikan zakat, maka termasuk orang beruntung sebab Allah SWT ingin menjauhkan Anda dari sifat kikir.

3. Penggugur Kesalahan

Selain bisa membersihkan harta-harta, zakat juga bisa menjadi sebab tergugurnya kesalahan Anda. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Trimidzi yang pesannya yaitu melaui sedekah maka dosa bisa terhapuskan ibarat air memadamkan api. Jadi, dengan melakukan sedekah ini juga bisa menjadi sebab kesalahan Anda mendapat ampunan.



4. Sebagai Jalan Pembuka Rezeki

Jangan pernah berpikir bahwa dengan membayarkan zakat harta Anda berkurang, sebab itu adalah keliru. Menunaikan zakat itu artinya Anda telah membuka jalan rezeky yang baru. Bahkan disebuah riwayat hadist pun menyebutkan bahwa bersedekah tidak akan mengurangi hartamu sekalipun.

Didalam Qur’an Al-Baqarah Ayat 276 pun juga disebutkna bahwasanya “Allah SWT akan memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”. Bahkan dengan zakat Anda tidak hanya mendapatkan rezeky baru melainkan juga dapat terhindar dari bahaya.

5. Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

Seorang muslim selain harus menjaga hubungan dengan Allah SWT juga perlu menjaga hubungan dengan sesamanya. Nah, dengan berzakat itu juga menjadi jembatan Anda untuk membantu kaum muslim lainnya yang keadannya kurang mampu.

Dengan begini keutamaan zakat bisa menyalamatkan sudara muslim dari kelaparan dan kekurangan. Apalagi saat ini banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk saling tolong menolong meskipun terhalang jarak begitu jauh. Anda bisa menyalurkan zakat melalui GoAmal - Beramal dengan Maksimal.

Platform amil zakat ini ini adalah wadah yang tepat bagi Anda yang ingin menunaikan zakat dan menjemput banyak kebaikan dari Allah SWT. Anda tidak perlu khawatir dan ragu jika platform ini tidak amanah dalam menyalurkan zakat.

GoAmal merupakan platform berdonasi milik BSI Maslahat. BSI Maslahat merupakan lembaga zakat nasional yang sudah terdaftar di Kementerian Agama melalui Surat Keputusan No 1010/2021. Dana zakat yang Anda tunaikan akan disalurkan akan ke golongan 8 asnaf.

Jangan sampai setelah ini Anda menyepelekan membayar zakat. Seperti yang Anda tahu banyak sekali keutamaan zakat yang akan kembali ke diri sendiri dan membawa manfaat bagi muslim lainnya. Ingin segera berzakat? Yuk klik GoAmal - Beramal dengan Maksimal solusinya..
Keutamaan Zakat Apa Saja? Ketahui Penjelasannya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: