Panduan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dari Awal

By SaungMaman

Menghasilkan uang dari blog saat ini bisa Anda lakukan apabila menemukan cara yang tepat. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang bisa Anda terapkan. Cara ini akan membantu Anda untuk menghasilkan uang dari rumah sekalipun.

Cara yang Anda terapkan untuk menghasilkan uang dari blog harus diimbangi dengan cara dalam mengelola platform tersebut. Lalu, apa saja cara menarik yang bisa Adna terapkan untuk menghasilkan uang dari blog? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut:

Memilih Platform Terbaik untuk Membuat Blog


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari platform berkualitas terlebih dahulu sebagai sarana untuk membuat blog. Analisa setiap platfrom untuk membuat blog yang saat ini tersedia, agar bisa menemukan versi terbaik menurut Anda.

Panduan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dari Awal | Image: Pixabay
Ada beberapa platform yang saat ini bisa Anda gunakan untuk membuat blog, antara lain adalah joomia, magento, shopify, typo3, WordPress, drupal, dan blogger. Setiap platform tersebut mempunyai kelebihan masing-masing yang menunjang kenyamanan Anda dalam mengoperasikan blog.


Apabila Anda ingin membuat platform blog secara gratis pada tahap awal, maka bisa mencoba menggunakan platform Blogger.com atau WordPress. Di samping itu, platform ini juga menyediakan fitur menarik yang cocok untuk pemula hingga profesional sekalipun.

Membuat Blog dan Mendesainnya dengan Kreatif


Cara kedua untuk menghasilkan uang melalui blog adalah mendesainnya dengan semenarik mungkin agar bisa mencuri perhatian orang untuk mengunjunginya. Anda bisa mendesain blog ini menggunakan tema yang sudah disediakan oleh platform, baik secara gratis maupun berbayar.

Jangan lupa untuk mengkreasikan tampilan menu blog yang akan dilihat dari sisi pengunjung supaya menjadi lebih rapi. Menu blog ini bisa dibuat dengan cara yang simpel saja, seperti mencantumkan beberapa tema konten Anda.

Mempromosikan Blog ke Sosial Media


Mempromosikan blog ke sosial media juga merupakan salah satu cara yang harus Anda lakukan. Cara menghasilkan uang dari blog satu ini bertujuan agar semakin banyak orang yang mengaksesnya. Anda bisa mempromosikan blog ini secara berkala ke berbagai sosial.

Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk membantu mempromosikan blog ke sosial media pribadi miliknya. Promosi blog ini bisa dilakukan setiap selesai meng-upload konten baru agar ramai pembaca. Carilah sosial media yang paling berpotensi membuat pembaca blog Anda meningkat.

Promosi ini sebaiknya Anda lakukan pada lebih dari satu platform sosial media dengan tujuan agar bisa memperluas pembaca dengan optimal. Jangan lupa untuk memberikan kalimat promosi yang menarik agar calon pengunjung yakin untuk membuka tautan blog anda. 

Membuat Konten yang Menarik


Salah satu kunci dalam cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah konten yang Anda upload. Buatlah konten blog yang semenarik mungkin agar pembaca merasa bahwa peraturan Anda memang berkualitas. Anda bisa mengangkat tema konten yang bervariasi sehingga pembaca tidak merasa bosan.

Buatlah konten yang unik dengan bahasan baru serta mendalam sehingga pembaca merasa menemukan ilmu baru dari blog Anda. Di samping itu, jangan lupakan sudut pandang dan cara penulisan yang fleksibel dan menarik pembaca untuk menyimaknya hingga tuntas. 

Berikutnya yang harus diperhatikan seputar konten adalah rutinitas dalam menguploadnya. Pemilik blog sebaiknya membuat timeline untuk mengupload konten secara berkala. Hal ini agar blog Anda tetap hidup dan bisa secara konsisten menarik pembaca untuk mengunjunginya.

Mengoptimalkan SEO Pada Blog


Cara menghasilkan uang dari blog berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah mengoptimalkan SEO. Tujuan dari hal ini adalah agar konten Anda lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Optimalisasi seo juga akan membantu konten Anda untuk masuk pada page one pencarian di Google.
Optimalisasi ini juga akan membantu untuk meningkatkan kualitas konten Anda sehingga ramah untuk pembaca. Membangun optimalisasi ini harus dilakukan secara bertahap di setiap konten agar kualitasnya konsisten.

Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan blog ini adalah dengan membuat keyword di setiap konten. Menggunakan keyword yang populer sehubungan dengan tema konten sehingga bisa membuat postingan lebih mudah dicari pada Google.

Menentukan Cara Monetasi Blog


Monetisasi berkaitan dengan jalan yang akan Anda gunakan agar bisa menghasilkan uang melalui blog. Anda bisa menerapkan banyak cara mengatasi apabila blog yang dibuat mempunyai kualitas tinggi termasuk daya pikat kontennya.

Cara pertama untuk monetasi blog adalah berasal dari Google adsense yang Anda dapatkan apabila ada orang mengunjungi platform tersebut. Jumlah Google adsense ini bervariasi tergantung pada banyaknya orang yang mengunjungi blog Anda.

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan dari blog ini adalah menerima endorse. Mekanisme menerima endorse di blog adalah Anda hanya perlu membuat konten review atau promosi produk. Cara ini cukup menarik apalagi jika Anda mampu membuat konten promosi yang berkualitas.

Menjaga Kepercayaan Pembaca


Syarat terakhir untuk menghasilkan uang secara konsisten di blog adalah dengan menjaga kepercayaan pembaca. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten yang berkualitas dan bisa menambah wawasan baru bagi orang yang membacanya.

Menjaga kepercayaan pembaca juga bisa dilakukan dengan mengupload konten secara rutin dan terjadwal. Jangan sungkan untuk meminta kritik dan saran dari pembaca demi peningkatan kualitas pada blog Anda.

Kritik saran ini juga menjadi salah satu jalan untuk menjaga komunikasi antara pemilik dengan pembaca blog. Di samping itu pembaca blog juga akan lebih senang karena ternyata pembuat kontaknya terbuka terhadap masukan.

Beberapa cara menghasilkan uang dari blog tersebut bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Kreasikan blog Anda semenarik mungkin dengan berbagai konten berkualitas agar bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

Demikian pembahasan mengenai Panduan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dari Awal kali ini, semoga bermanfaat. 
Panduan Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dari Awal

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape