5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog

By SaungMaman

Menyambung tulisan sebelumnya bertajuk Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? Ini Jawabannya, kali ini admin mencoba berbagi sedikit pengalaman tentang 5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog.

Seperti dijelaskan di artikel tersebut, bahwa mengenai teknik menulis untuk menjadi penulis yang baik dalam dunia blogging bisa dipelajari di kesempatan berikutnya. Yang terpenting adalah berani memulai dan mau mencoba. Jangan khawatir atau takut tidak memiliki kemampuan menulis, karena semuanya bisa dipelajari dengan cara googling di internet. 

Pada kesempatan ini adalah saat yang tepat untuk berbagi tips dan trik menulis bagi teman-teman yang ingin serius berkecimpung dalam dunia blogging. Tips yang cukup sederhana ini didasarkan atas pengalaman pribadi dan referensi dari berbagai sumber. 

5 Ketrampilan penulis blog

5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog
5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog


Baiklah, kita langsung saja ke topik pembahasan ya, teman-teman. Ada 5 ketrampilan utama yang harus dimiliki oleh penulis blog. Mari kita intip satu persatu:

1. Observasi

Observasi artinya pengamatan. Dengan mengamati seseorang diharapkan mampu memahami suatu ilmu atau pengetahuan berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap sesuatu hal. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang penulis blog, observasi ini penting dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup terhadap sesuatu hal yang sudah diketahui sebelumnya. Setelah mendapatkan pemahaman yang cukup, saatnya menuangkan ilmu yang sudah didapatkan kedalam tulisan. 

Tulisan yang baik adalah tulisan yang  berdasarkan fakta dan data yang benar-benar valid yang didapat dari sumber terpercaya dan memiliki kekuatan dalam cara penyampaiannya. 

2. Memahami teknik storytelling

Storytelling adalah teknik menulis dengan cara mendongeng atau bercerita. Kemampuan menceritakan sesuatu dengan teknik storytelling akan lebih mudah dipahami oleh pembaca dan lebih mudah diingat. Penelitian menunjukkan bahwa dengan storytelling dapat menyentuh pusat-pusat sensorik di otak pendengar atau pembaca. Cerita atau dongeng bisa membuat seseorang merasa seolah-olah berada dalam cerita tersebut. 

Bagi penulis blog, kemampuan menulis dalam bentuk storytelling sangat dibutuhkan agar mampu menyentuh hati pembacanya. Tidak perlu terlalu panjang, tapi cukup satu atau dua paragraf sudah cukup mewakili dalam menjelaskan sebuah topik yang ingin disampaikan kepada para pembaca setia blognya. 
 
3. Mengatur waktu

Waktu yang kita miliki harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dalam mengelola blog pribadi, waktu adalah peluang yang tak boleh disia-siakan. Mengatur waktu untuk memperbaharui artikel blog, menentukan kapan saat yang tepat meng-update artikel lama, adalah suatu keharusan yang tak boleh diabaikan. 

4. Rutin menulis

Tugas utama seorang penulis blog adalah menulis. Jangan berharap terlalu banyak untuk menjadi penulis yang sukses bila malas menulis. Teruslah belajar tentang bagaimana cara menulis yang baik dan belajarlah dari setiap tulisan yang Anda buat. Artinya, setiap kali selesai menulis, cari dan temukan beberapa hal yang dirasa kurang sempurna dan berusaha untuk memperbaikinya. 


5. Lakukan proses editing

Sebelum memutuskan untuk mem-publish artikel, biasakan untuk melakukan proses editing. Hal ini penting dilakukan agar kualitas tulisan bisa dikontrol dengan baik. Kesalahan sedikit saja bisa berakibat kurangnya apresiasi terhadap tulisan yang Anda buat. Oleh karenanya, biasakan untuk rutin cek and ricek atas tulisan yang selesai dibuat sebelum dipublikasikan kepada pembaca. 

Nah, kiranya itu saja pembahasan mengenai 5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog kali ini, semoga bermanfaat. 
5 Ketrampilan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Penulis Blog

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape