Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? Ini Jawabannya

By SaungMaman

Postingan SaungMaman kali ini berupa catatan ringan yang akan membahas tentang Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? 

Menjadi penulis blog atau biasa disebut blogger adalah sebuah profesi yang bergelut dengan dunia kepenulisan. Entah bagaimana mulanya hingga pada saat ini ada begitu banyak orang yang menekuni dunia blogging. Biasanya seseorang yang terjun ke dunia blogging diawali dengan coba-coba lalu ketagihan. 

Dari yang tadinya hanya sekedar mencoba, lalu menemukan hal-hal baru, maka timbul ketertarikan yang membawa seseorang terjun lebih dalam untuk menggali lebih banyak ilmu yang bisa didapatkan dari internet. Dengan bermodalkan handphone yang terhubung ke internet, maka siapapun yang ingin mengetahui seluk-beluk dunia blogging bisa menemukannya dengan menggunakan kata kunci "blogging".

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa banyak yang tertarik untuk menjadi penulis blog? Ini jawabannya:


Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? Ini Jawabannya
Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? Ini Jawabannya



1. Punya hobi menulis

Ada banyak alasan yang mendasari seseorang terjun ke dunia blogging. Alasan paling sederhana adalah ingin menyalurkan hobi menulis. Ini adalah intinya, setiap orang memiliki kemampuan untuk menuangkan ide serta gagasan dalam bentuk tulisan. Masalah teknik menulis dalam format blog, itu bisa dipelajari nanti dengan browsing internet. 

Hobi atau minat menulis adalah modal awal bagi mereka yang ingin serius menekuni dunia blogging. Tanpa memiliki minat dan ketertarikan dalam bidang kepenulisan, jangan harap akan bisa bertahan lama menjadi seorang blogger. 

2. Menyukai tantangan

Alasan yang kedua biasanya seseorang menjadi penulis blog karena memiliki jiwa petualang dan menyukai tantangan. Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan keuletan, ketekunan, kesabaran dan konsistensi. Orang yang punya jiwa petualang merasa tertantang untuk tahu lebih banyak, menguasai lebih dalam dan bila memungkinkan berusaha untuk 'menaklukkan' apa yang menurut dia layak untuk ditaklukkan. 

3. Memperbanyak teman

Dalam dunia blogging ada istilah yang familiar sekali di kalangan blogger yang biasanya disebut 'BW' atau 'Blogwalking' alias saling berkunjung dan memberi komentar di blog para sahabat. Aktivitas saling kunjung dan saling komen ini merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Dari yang awalnya tidak saling kenal, karena dilakukan secara rutin maka akan menjadi akrab dan seperti sudah saling kenal satu sama lain. Padahal dalam kenyataannya mereka belum pernah saling bertemu atau bertatap muka. Berteman dengan banyak penulis lain akan memperbanyak teman dan juga bisa berbagi pengalaman. 

4. Bisa menjadi lahan penghasilan tambahan

Satu hal yang juga tak kalah menarik adalah, dunia blogging menjanjikan keuntungan bila ditekuni dengan baik. Blog yang memiliki peringkat bagus di mesin pencari atau search engine, banyak dicari oleh para pengiklan untuk diajak kerjasama. Ada banyak bentuk kerjasama yang bisa dilakukan antara blogger dan advertiser melalui platform blog. Sebut saja kerjasama content placement (CP), sponsored post, pasang banner, iklan link, dan lain-lain. 


Kerjasama semacam ini sudah banyak dinikmati para blogger yang memiliki kualitas blog diatas rata-rata. Penghasilan yang bisa diraih juga boleh dibilang cukup fantastis terutama bagi mereka yang memiliki banyak blog dengan nilai DA (Domain Authority) cukup tinggi. 

5. Menjadi publisher Google AdSense

Ada satu alasan lainnya yang menjadi daya tarik menjadi penulis blog adalah kesempatan untuk menjadi penayang jaringan iklan milik Google yakni Google AdSense (GA). Bila blog sudah terindeks dengan baik di mesin pencari, maka Google menawarkan kerjasama saling menguntungkan antara Google dan blogger untuk menjadi publisher GA. 

Nah itulah beberapa alasan Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk pembaca sekalian. 


Kenapa Banyak yang Tertarik Menjadi Penulis Blog? Ini Jawabannya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape