Pentingnya Update Blog Secara Berkala

Saung Maman - Pentingnya Update Blog Secara Berkala

Mengelola sebuah blog atau website merupakan suatu kegiatan yang sangat mengasyikkan terutama bagi mereka yang punya hobi menulis. Namun tidak semua penulis mampu menyajikan konten berkualitas secara kontinyu di blog atau website yang di kelolanya. Hal ini tentu punya pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan blog/website secara keseluruhan. 

Sebagai pemilik sebuah situs yang sudah memiliki banyak pembacanya, kebutuhan akan mengupdate artikel blog sudah merupakan suatu keharusan. Bila tidak, maka jangan menyesal bila pada saatnya nanti blog kesayangan Anda akan ditinggalkan pembacanya dan bukan tidak mungkin bahkan akan hilang dari peredaran karena kalah bersaing dengan blog-blog lainnya yang selalu mengupdate blognya.

Pentingnya Update Blog Secara Berkala
Update Blog

Nah, sebelum hal itu terjadi, maka mulai sekarang ada baiknya teman-teman mulai membuat sebuah komitmen untuk memotivasi diri sendiri. Bila memang ingin blog atau website yang Anda miliki tetap berkibar di jagat maya, lakukan berbagai langkah untuk menjadikan blog Anda tetap berada dalam performa terbaiknya.

Baca juga: 5 Cara Jitu Aktif Menulis Walau Sibuk Dengan Pekerjaan Utama

Berikut ini ada beberapa tips agar blog selalu up to date, yang akan saya bagikan buat teman-teman berdasarkan pengalaman pribadi selama ini. Tips ini murni merupakan opini pribadi dan boleh diikuti atau tidak, pilihan ada para pembaca sekalian, hehee.. 

Agar blog selalu terupdate, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Temukan ide menulis baik melalui bahan bacaan di media massa konvensional atau media online, televisi, radio dll. Simpan dalam bentuk catatan atau draft untuk dikembangkan lebih lanjut. 

2. Sering-sering berkunjung ke blog sahabat (blog walking) dan lakukan interaksi dengan cara memberikan komentar yang relevan dengan isi artikel. 

3. Aktif di komunitas/grup yang punya kesamaan minat atau hobi dalam bidang yang kita senangi. Ini penting agar wawasan kita makin berkembang dan tidak monoton. 

4. Bergabung dengan platform yang menyediakan sarana berkompetisi/lomba menulis. Ikuti dan aktif berkontribusi agar kemampuan menulis makin terasah dan mampu bersaing dengan blogger-blogger  dari berbagai kalangan. 

5. Jalin komunikasi secara intensif dengan admin grup pemberi job yang biasanya mencari partner melalui grup atau fans page di platform media sosial seperti Facebook, WA grup dan lain-lain. 

6. Rajin membuat artikel baru, walaupun sedang tidak ada ide menulis sekalipun. Seorang penulis profesional tidak menunggu ide datang untuk membuat tulisan, melainkan langsung menulis mengikuti kata hati maka ide akan datang mengikutinya. 

7. Mengupdate artikel lama. Bila ide menulis sama sekali sulit didapatkan walaupun sudah berusaha keras untuk menemukannya, kenapa tidak mencoba melakukan update terhadap artikel lawas yang masih relevan untuk ditampilkan saat ini. Hal ini bisa menutupi kebuntuan update blog daripada artikel dibiarkan vakum tanpa ada pembaharuan. 

Nah, demikianlah artikel bahasan mengenai Pentingnya Update Blog Secara Berkala kali ini, semoga bermanfaat. Lebih kurangnya mohon maaf, seperti biasa, kritik dan saran yang sifatnya membangun, tetap saya harapkan. Semoga kedepannya nanti kita bisa berkarya lebih baik lagi. 

Salam blogging ✌


Advertisement
Pentingnya Update Blog Secara Berkala

You Might Also Like: