5 Tren Konten Marketing di Tahun 2022

By SaungMaman

Di akhir tahun 2021, saatnya untuk menyusun strategi yang akan digunakan untuk mengarahkan bisnis menuju tahun 2022 mendatang. Ingatlah bahwa dalam strategi bisnis harus fokus pada Konten Marketing (pemasaran konten). Tanpa itu semua, maka akan lebih sulit untuk membuat lead atau meningkatkan konversi.

Statistik menunjukkan bahwa Konten Marketing telah menghasilkan 42 miliar dolar setiap tahun dan statistik ini akan terus bertambah. Itulah sebabnya banyak perusahaan telah menjadikan strategi seperti itu sebagai prioritas, jika tidak, mereka akan menghadapi risiko tertinggal.

5 Tren Konten Marketing di Tahun 2022
5 Tren Konten Marketing di Tahun 2022

Merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang berharga dan relevan sangat membantu dalam berinteraksi dan membangun hubungan dengan target pasar. Sangat penting untuk mengetahui siapa klien yang meliputi: masalah, perilaku, dan kebutuhan mereka. Melalui Konten Marketing, dapat menumbuhkan pengalaman pelanggan yang positif dengan membimbing mereka melalui setiap langkah perjalanan pembelian mereka.

Jika startup yang sedang mempertimbangkan untuk menerapkan strategi jenis ini, G2 Consultores, sebuah firma yang mengkhususkan diri dalam membuat strategi untuk startup, membuat rekomendasi berikut tentang tren Konten Marketing sehingga tahun 2022 bisa menjadi tahun kebangkitan. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Buat strategi yang tujuannya untuk mempertahankan pelanggan (bukan hanya menarik pelanggan baru)

Strategi konten bisa sangat sukses jika berkualitas baik dan dijalankan dengan benar. Jangan berpikir untuk membuat yang bertujuan menarik klien potensial; Fokus pada pembuatan strategi konten untuk mempertahankan pelanggan saat ini, ingat bahwa mempertahankan lebih murah daripada menarik konsumen baru. Untuk melakukan ini, terus perbarui situs web dan kembangkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan sehingga mereka datang kembali. 

2. Jangan lupa untuk memperbaharui perusahaan dengan data dan kecerdasan buatan

Manfaatkan sepenuhnya teknologi untuk pemrosesan data, ini akan memudahkan pengambilan keputusan saat membuat konten baru. Jangan berlayar dalam kegelapan. Penggunaan basis data sudah menjadi kewajiban, karena dapat membantu mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan layanan yang dipersonalisasi untuk klien. Jelas perlu mengetahui apa yang dicari klien, serta data operasi bisnis, misalnya jenis posting blog apa yang akan dibuat, di saluran mana akan membagikannya dan dalam jenis format apa, ini dalam urutan untuk mengikat strategi dengan kebutuhan dan minat.

3. Buat podcast

Tahun 2020 dan 2021 adalah titik balik untuk komunikasi klien merek atau klien potensial merek karena pandemi. Tidak hanya terjadi peningkatan penggunaan media digital, tetapi juga perubahan format. Podcast telah berfungsi sebagai alat untuk memfasilitasi konten pendidikan; Karena bisa menjadi cara yang bagus untuk berbagi informasi tentang berbagai topik, dan ini berfungsi sebagai strategi yang baik untuk Konten Marketing. 

Podcast Insights telah merekam hampir 2 juta podcast dan lebih dari 48 juta episode, selama tahun 2021. Sebagai ahli strategi pemasaran konten, ini akan membantu dalam berbagi cerita dan membuat produk dan layanan sehingga diperhatikan dengan cara yang sangat halus.

Dapat juga memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikannya dan ini pada saat yang sama akan membantu menarik pengikut. Apa yang tidak bisa diterjemahkan ke dalam teks, pasti bisa dilakukan melalui podcast.

4. Optimalkan SEO

Konsistensi dalam SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk Konten Marketing. Konten yang unik, kreatif, dan orisinal terdaftar di mesin telusur lebih cepat dan berperingkat lebih tinggi daripada konten berulang dan bernilai rendah. Penelitian dari Hubspot mengklaim bahwa pengguna tidak pernah melewati halaman pertama hasil pencarian. Calon pengunjung tidak akan melihat konten jika tidak muncul di halaman pertama. Oleh karena itu, mengoptimalkan konten sangat penting.

Hasilkan konten yang persuasif, bermanfaat, berharga, buat menarik. Cobalah untuk memecahkan masalah bagi pelanggan. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci untuk mengoptimalkan konten di mesin pencari. Konten Marketing ramah SEO sangat penting untuk kesuksesan.

5. Personalisasi konten menjadi lebih banyak

Ini adalah inti dari pengalaman pelanggan yang hebat. Selain itu, variasi konten yang beragam dapat membantu membangun kepercayaan dan meningkatkan laba atas investasi jangka pendek dan panjang sepanjang perjalanan pelanggan. Hal ini juga sangat membantu dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Artikel ini merupakan hasil translate dari Enterpreneur.com dengan beberapa modifikasi. 

5 Tren Konten Marketing di Tahun 2022

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru