Permasalahan Sosial Yang Dihadapi Anak Asmat

By SaungMaman

Indonesia memang termasuk dalam negara yang kaya akan berbagai budaya dan juga punya banyak pulau. Ternyata tidak semuanya hidup dalam keberuntungan, sebut saja diantaranya adalah anak Asmat. Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan suku Asmat bukan, salah satu suku terpencil yang ada di Papua. Bahkan untuk akses ke daerah tersebut juga bukan perkara yang mudah.
Ada banyak permasalahan sosial yang nyatanya dihadapi oleh anak Suku Asmat ini, diantaranya adalah:

1. Kemiskinan, sebagian besar diantara masyarakat yang hidup disini hidup dalam kemiskinan, karena mereka juga masih mengandalkan hasil alam untuk kebutuhan makan. Jadi jika seandainya tidak panen atau terjadi paceklik secara otomatis banyak diantaranya yang tidak makan.

2. Pendidikan, karena hidup di dalam keluarga yang miskin, jangan untuk pendidikan bahkan untuk kebutuhan makan sehari-hari saja mereka tidak dapat mencukupinya. Sehingga secara otomatis hal ini membuat generasi dari Suku Asmat juga terancam, karena tidak mendapatkan pendidikan yang baik, secara otomatis mereka juga akan mengalami buta huruf bahkan mungkin juga masa depan yang tidak jelas.

3. Gizi buruk, seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa memang anak-anak Suku Asmat ini sendiri hidup dengan mengandalkan hasil alam saja, selain orang tua mereka yang sangat mungkin mengalami kelaparan ketika sedang tidak panen, maka anak-anaknya juga mengalami kondisi gizi buruk. Banyak yang tubuhnya kurus kering karena menderita gizi buruk, bahkan tidak jarang diantaranya yang sampai kehilangan nyawa atau meninggal dunia disebabkan oleh hal tersebut.


Makanan bergizi | image: Pixabay

Ayo saling membantu dengan memberikan donasi kepada masyarakat Suku Asmat ini, sehingga kehidupan mereka bisa jadi lebih baik dibandingkan dengan sekarang. Diantaranya adalah Anda dapat menyalurkan donasi tersebut lewat Wahana Visi Indonesia yang nyatanya juga punya program pemberian bantuan kepada anak-anak yang ada di Suku Asmat, mulai diantaranya digunakan untuk pendidikan sampai dengan digunakan untuk pembangunan fasilitas-fasilitas umum untuk masyarakat yang ada disana, sehingga nantinya tidak akan hidup tertinggal lagi.

Permasalahan Sosial Yang Dihadapi Anak Asmat

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru