Ingin Jadi Ahli K3 Umum BNSP? Ikuti Pelatihannya

By SaungMaman

Ingin ahli di bidang apapun maka Anda jangan lelah untuk mengikuti pelatihan. Apalagi, jika yang Anda inginkan adalah berkarir di bidang K3, maka pastikan memiliki sertifikasi. Membahas tentang K3 ini terdapat 2 sertifikasi yang bisa dipilih, pertama adalah sertifikat BNSP dan kedua yaitu sertifikat Kemnaker. Apabila Anda ingin jadi ahli K3 umum BNSP, maka pilihlah yang sesuai.

Perlu Anda ketahui kedua jenis setifikasi tersebut selain berbeda dari segi lembaga pengadaannya, dasar hukum yang mengaturnya pun berbeda. Sedang membutuhkan pelatihan untuk bisa jadi ahli K3 umum? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu K3 Umum BNSP?


Sebelum mengetahui rekomendasi tempat pelatihan yang professional dan tepat, agar Anda lebih paham tentang K3 Umum maka ketahui dulu pentingnya, dasar hukum dan hal berakaitan lainnya. Pertama dasar hukum yang mengatur ahli K3 umum BNSP berlandaskan UU Nomor 13 tahun 2003. Dalam undang-udang tersebut dijelaskan bahwa perusahaan wajib menerapkan K3 dengan tujuan keamanan dan keselamatan tenaga kerjanya terjaga selama operasi produksi berlangsung.

Ahli K3 Umum BNSP | Image: Freepik

Tidak heran jika dalam lowongan pekerjaan di bidang K3 seringnya diminta untuk melampirkan sertfikasi tersebut. Hal ini karena perusahaan ingin mencari SDM yang kompeten dan bisa menjalankan sistem K3 di perusahaan. Namun, sebenarnya jika Anda sudah masuk menjadi bagian di perusahaan, pihaknya juga tetap memberikan pelatihan K3 agar SDM dapat bersaing secara global.

Pentingnya sertifikasi ahli K3 umum BNSP ini dirancang agar karyawaan memiliki sikap cermat, disiplin, tanggung jawab dalam memahami implementasi K3 di perusahanannya. Sesuai namanya penyelenggara sertifikasi ini adalah BNSP, badan independen yang tanggung jawabnya langsung kepada presiden. Hal ini diatur dalam PP No 23 Tahun 2004 tentang tugas BNSP untuk memberikan lisensi kepada lembaga-lembaga sertifikasi untuk kompetensi kerja sesuai penetapannya.

Materi Apa Saja yang Akan Didapatkan?


Sudah punya gambaran lebih tentang apa itu ahli K3 BNSP? Berikutnya Anda juga perlu mengetahui materi apa yang akan dipelajari ketika mengikuti kompetensi pelatihan menjadi ahli K3 umum. Terdapat 13 materi pelatihan yang akan Anda terima jika mengikuti kompetensi pelatihan ini.

Tentunya 13 materi tersebut tidak jauh-jauh dengan implementasi penerapan K3 di perusahaan. Materi pertama mengenai rancangan strategi pegendalian resiko, kedua tentang cara merancang sistem tanggap darurat. Ketiga Anda akan mendapatkan materi mengenai komunikasi K3, dan keempat tentang pengawasan pelaksanaan izin kerja.

Materi kelima yaitu tentang pengukuran faktor bahaya tempat kerja. Keenam materi tentang pengelolaa pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan kerja di lokasi. Dan masih banyak materi lainnya yang bisa Anda cek di website kami. 

Persyaratan untuk Mendaftar Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP


Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk mengikuti sertifikasi ini? Nah, jika iya maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mengikuti pelatihan sertifikasi ini. Hal yang dibutuhkan adalah fotocopy ijzah terakhir, nah ini juga ada ketentuan lainnya. Bagi Anda lulusan D3 minimal sudah 3 tahun bekerja, sedangkan bagi lulusan S1 minimal 1 tahun.



Selain ijazah, Anda juga diminta untuk melampirkan fotocopy sertifikat terkait K3 yang dimiliki. Melakukan pendaftaran pelatihan sertifikasi ini juga diperlukan CV, portofolio, scan KTP, surat rekomendasi yang dikeluarkan pimpinan, foto background merah ukuran 3 x 4 dan bukti JSA, Work Permit, Notulen Safety Meeting dan lain-lain. 

Tempat Daftar Pelatihan K3 Umum BNSP Terbaik

Merasa bisa memenuhi syarat pendaftraannya, maka jangan sampai Anda salah pilih tempat untuk mengikutinya. Anda bisa mengikutu sertifikasi ahli K3 umum BNSP melalui Formasi Bisnis Indonesia. Pelatihan yang ditawarkan di ini diselenggarakan secara online jadi Anda tidak harus ke luar kota. Informasi lebih jelas mengenai pendaftarannya klik pelatihan K3 umum BNSP

Ingin Jadi Ahli K3 Umum BNSP? Ikuti Pelatihannya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: