Cara Meningkatkan Keahlian Dalam Memasuki Dunia Kerja

By SaungMaman

Ketatnya persaingan dalam memasuki dunia kerja, menuntut seseorang untuk lebih meningkatkan keahlian agar siap kerja. Keahlian dan ketrampilan yang memadai sangat berpengaruh besar terhadap diterima atau tidaknya seseorang saat melamar pekerjaan. Ada baiknya mebekali diri dengan cara meningkatkan personal branding agar kemampuan diri makin meningkat.

Menurut data yang dilansir dari World Economic Forum, dalam memasuki dunia siap kerja, terutama untuk kebutuhan angkatan kerja di masa depan, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh calon tenaga kerja, diantaranya:

1. Kemampuan menganalisa dan inovatif dalam mengembangkan kreativitas. 
2. Kemampuan melakukan pekerjaan secara mandiri siap bekerja kapan dan dimanapun. 
3. Kemampuan memecahkan masalah. 
4. Kemampuan untuk selalu berpikir kritis terhadap situasi yang terjadi di sekitar lingkungan pekerjaan. 
5. Kemampuan mewujudkan ide kreatif dan siap mewujudkannya kedalam karya nyata. 
6. Kemampuan menjadi teladan dan siap menjadi pemimpin yang disegani. 
7. Kemampuan mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang sarat akan perubahan. 
8. Kemampuan mengadopsi bidang komputerisasi dan programing dan siap kerja secara multitasking. 
9. Kemampuan mengendalikan diri baik secara emosi maupun pengelolaan stress dan siap kerja dalam tekanan sebesar apapun. 
10. Kemampuan menangani berbagai kendala dan siap menanganinya dengan kepala dingin. 

Meningkatkan kemampuan dan keahlian merupakan hal yang sangat mendesak, karena yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini adalah mereka yang benar-benar siap kerja dan memiliki keahlian yang bisa diandalkan. Oleh karena itu meng-upgrade skill dan kemampuan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan sudah merupakan syarat wajib yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. 

Bagaimana cara meningkatkan keahlian dalam memasuki dunia kerja? 


Beberapa langkah bisa dilakukan untuk meningkatkan keahlian agar kamu siap kerja. Ada beragam metode untuk meningkatkan personal branding. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan siap kerja yang berkaitan dengan peningkatan keahlian. Pelatihan semacam ini biasanya mengedepankan cara belajar efektif dan belajar gak ribet karena berlangsung cukup dalam waktu singkat.

Saat ini banyak macam tempat kursus siap kerja baik offline maupun online. Kamu bisa memilih kursus online gratis, yang menerapkan cara belajar efektif agar mudah dipahami dan sesuai dengan waktu yang kamu miliki. 
 
Kursus Online Gratis
Kursus Online Gratis

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan agar siap bekerja, sangat penting untuk mengetahui soal upskilling dan reskilling. Yaitu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan dan mempelajari ketrampilan baru yang berbeda dari pekerjaan awal. Hal ini akan membantu seseorang untuk siap bekerja pada posisi apapun yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Jangan ragu-ragu untuk memulai karier dengan terlebih dahulu memperkokoh personal branding. Justru langkah ini jauh lebih baik agar kamu benar-benar siap kerja. Tentu tidak direkomendasikan memaksakan diri melamar kerja kesana-kemari tapi tanpa persiapan yang matang. 

Rekomendasi tempat kursus untuk meningkatkan keahlian

Di era digital yang serba mudah saat ini, tentu bukanlah hal sulit untuk mencari tempat pelatihan siap kerja. Cukup dengan memanfaatkan handphone yang terhubung ke internet, kamu sudah bisa menerapkan cara belajar efektif dengan melakukan kursus online melalui aplikasi belajar online. Praktek pembelajaran siap kerja bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun.

Salah satu kelebihan tempat kursus online gratis adalah kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengaksesnya. Kita hanya perlu sebuah ponsel atau gadget lainnya dengan data yang aktif sebagai syarat agar bisa mengakses aplikasi belajar yang terhubung ke internet.

Banyak tempat kursus siap kerja yang menerapkan cara belajar efektif guna memaksimalkan upskilling dan reskilling. Metode pembelajaran semacam ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dengan cara meningkatkan personal branding dan sekaligus memantapkan keahlian yang sudah dimiliki oleh seseorang. 
 

Pengalaman menggunakan aplikasi QuBisa

Belum lama ini saya sebagai karyawan di sebuah studio foto, berniat meningkatkan kemampuan dalam hal teknik editing foto. Saya memutuskan untuk bergabung di salah satu tempat kursus online gratis yang memiliki banyak fitur yang sarat dengan materi pembelajaran siap kerja.

Aplikasi yang saya maksud adalah Aplikasi Belajar Online QuBisa. Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah melalui websitenya. Namun agar lebih nyaman dan belajar gak ribet, saya menyarankan agar kamu mengunduh dan menginstal aplikasinya di handphone. 

Aplikasi Belajar Online
Aplikasi Belajar Online

Aplikasi siap kerja QuBisa yang memiliki tagline: Karena Aku Bisa, Kamu Bisa ini bisa download secara gratis. Untuk pengguna android bisa mengunduhnya melalui PlayStore. Sedangkan bagi pengguna iPhone bisa mengunjungi AppStore untuk mendownload dan menginstalnya. 

Pengalaman pertama setelah mendaftar di aplikasi siap kerja QuBisa sungguh diluar dugaan. Awalnya saya mengira kalau aplikasi kursus online gratis ini hanya berisi sedikit materi saja dan semuanya berbayar. Namun ternyata materinya sangat lengkap dan banyak juga yang gratis.

Cara Memilih Kelas

Ada banyak kategori kelas yang bisa dipilih dalam aplikasi kursus online gratis QuBisa. Untuk memilih kelas di halaman awal aplikasi, caranya sangat mudah. Silahkan buka menu "Lihat semua", maka kamu akan masuk ke halaman "Jelajah QuBisa". Di halaman ini banyak pilihan kelas yang bisa kamu ikuti, 

Deretan menu terdiri dari beberapa pilihan yang bisa kamu telusuri, diantaranya:
  • Menu Home/Halaman awal
  • Search/kolom pencarian
  • KursusQu, berisi kursus-kursus yang nantinya kamu ikuti
  • Menu lainnya yang berisi tentang informasi akun seperti nama pemilik akun, jumlah poin yang berhasil dikumpulkan, info produk QuBisa, dan lain-lain
Sedangkan pada sub menu memuat pilihan:
  • Kolom pencarian
  • Informasi webinar secara live
  • Menu untuk melihat semua kelas dan event
  • Info kompetisi yang bisa kamu ikuti
  • Menu KSM (Ketrampilan Sukses Milenial), dan
  • Menu KDM (Ketrampilan Digital Milenial)

Berikut adalah rincian menu yang ada di halaman awal aplikasi siap kerja QuBisa:

KSM (Ketrampilan Sukses Milenial)

Program ini akan membantu kamu menguasai kemampuan personal dan siap kerja dalam berbagai bidang karier dengan banyak kategori yang bisa kamu pilih. 

Cara meningkatkan personal branding
Ketrampilan Sukses Milenial

KDM (Ketrampilan Digital Milenial)

Membantu kamu mendalami topik digital terbaru mulai dari tingkat dasar hingga mahir. Topik pembahasan terdiri dari beberapa kategori yang bisa kamu pilih sesuai minat dan ketertarikanmu.

Upskilling dan Reskilling
Ketrampilan Digital Milenial

Assesment

Program yang dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar kekuatan serta pemahaman kamu terhadap teknologi digital dan ketrampilan sukses milenial pada masa sekarang. 

Goes to Campus

QuBisa bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di seluruh tanah air untuk mempersiapkan Mahasiswa siap kerja, yang kompetitif dan siap bekerja secara profesional. 

Kelas Terpopuler

Berisi rangkuman kelas yang paling populer atau banyak diminati oleh pengguna aplikasi siap kerja QuBisa. 

Kelas Siap Kerja

Berisi kumpulan kelas yang ditujukan untuk peserta yang siap bersaing dalam dunia kerja. 

Kelas Pengembangan Karier

Memuat kumpulan kelas untuk kamu yang siap bekerja dan ingin mengembangkan karier ke jenjang yang lebih tinggi. 

Kursus

Menampilkan kelas dengan kategori kursus untuk meningkatkan ketrampilan dalam berbagai bidang. Disini kamu bisa memilih dan mengikuti berbagai jenis kursus siap kerja yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Webinar

Berisi daftar semua webinar yang bisa kamu ikuti. Webinar merupakan salah satu cara pendalaman materi dengan cara interaktif yang mengedepankan pemahaman tentang bidang keilmuan yang kamu ikuti secara lebih komprehensif. 

Microlearning

Berisi kumpulan kelas yang membahas segala hal tentang kesiapan memasuki dunia kerja dari sisi humanisme dan kepribadian. 

Artikel

Memuat beragam artikel menarik seputar dunia kerja yang sarat dengan kajian dan pembahasan tentang bagaimana cara mempersiapkan diri agar siap kerja dan mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya. 

Sertifikasi

Berisi kelas yang membahas tentang Sertifikasi Manajer Pengelolaan SDM. 

Untuk menjelajahi kelas, silahkan klik ikon seperti yang tertera pada gambar di bawah ini. Ketahui lebih banyak materi yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dengan membaca ringkasan kelas yang ada di dalamnya.

Aplikasi Siap Kerja
Kelas yang bisa dipilih untuk meningkatkan kemampuan
 
Sementara di menu Semua Event kamu bisa mendapatkan info mengenai:

Kompetisi Voice Over

Berisi informasi kompetisi Voice Over. Disini kamu bisa mengikuti lomba voice over untuk mengekspresikan kemampuanmu dalam hal olah suara. Catat jadwal dan cara mengikuti kompetisi voice over ini di aplikasi siap kerja QuBisa.

Kompetisi Blog

Memuat informasi lomba menulis blog dengan tema Pengalaman Menggunakan Aplikasi siap kerja QuBisa. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, inilah kesempatan terbaik untuk menunjukkan kemampuanmu dalam bidang kepenulisan.

Liga PoinQu

Setiap aktivitas yang kamu lakukan baik di website ataupun dalam aplikasi belajar online QuBisa, kamu berhak mendapatkan poin. Poin bisa ditukarkan dengan Reward. Syarat dan ketentuan berlaku.

Saya sendiri memilih untuk mengambil pelatihan di tempat kursus online gratis yang berhubungan dengan profesi saya sebagai fotografer dan editor fotografi digital. Materi pembelajaran yang saya ambil adalah: Pelajari Tools Urban Art Design dalam Adobe Photoshop. 

Cara Belajar Efektif
Kelas Pelajari Tools Urban Art Design dalam Adobe Photoshop

Kemampuan mengolah foto digital bukan hanya dibutuhkan dalam dunia kerja, tetapi juga berperan cukup penting dalam menunjang hobi saya sebagai blogger. Bekerja di studio foto dan aktif sebagai blogger adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. 

Dengan mengambil pelatihan teknik editing olah foto digital, maka secara tidak langsung saya mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Keuntungan yang pertama adalah bisa memperdalam ilmu tentang teknik editing untuk menambah ketrampilan dalam pekerjaan utama saya. Sedangkan keuntungan yang kedua adalah bisa meningkatkan kemampuan mengolah foto atau gambar untuk kepentingan aktivitas blogging. 


Dengan aplikasi siap kerja QuBisa saya bisa mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh dari aplikasi siap kerja kedalam blog yang saya kelola. Sebab materi-materi yang ada dalam aplikasi QuBisa banyak juga yang membahas tentang dunia tulis-menulis. 

Aplikasi siap kerja QuBisa berupaya membantu sebanyak mungkin orang untuk belajar mengembangkan diri atau personal branding/upgrade ilmu/coaching/mentoring, dan lain-lain. Jadi bagi kamu yang ingin meningkatkan nilai diri, aplikasi siap kerja ini sangat layak untuk kamu pertimbangkan. 

Oh ya, buat temen-temen yang suka nulis, saat ini QuBisa sedang mengadakan lomba penulisan blog, lho! Ayo ikuti dan jangan sampai ketinggalan ya, karena ajang ini merupakan wadah yang tepat untuk menyalurkan hobi dan bakatmu. Jadi tunggu apalagi, segera mendaftar dan tunjukkan eksistensimu sebagai penulis handal. 

Kiranya itu saja informasi penting yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, semoga ada manfaat yang bisa didapat dari pengalaman menggunakan aplikasi siap kerja QuBisa ini.

Cara Meningkatkan Keahlian Dalam Memasuki Dunia Kerja

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru