Mengintip Usaha Rumahan Kripik Kentang Bumbu ala Mbak Dian Meliana

By SaungMaman

Usaha rumahan Kripik Kentang Bumbu ala Mbak Dian Meliana ini cukup unik. Berbekal pengalaman mengolah kentang goreng yang cukup lama, Mbak Dian mampu mengkreasikan makanan ringan berbahan baku kentang menjadi lebih kriuk, gurih dan renyah.

Dian Meliana

Rahasia Kripik Kentang Kriuk lebih Lama


Melalui status Facebook-nya, mbak Dian yang sudah malang melintang dalam berbagai bisnis ini, menceritakan rahasia tentang bagaimana cara membuat kripik kentang goreng agar bisa kriuk lebih lama. 

Menggoreng kentang tidak seperti menggoreng jenis makanan lainnya yang bisa dilakukan tanpa perlakuan khusus. Kenapa demikian? Karena kentang memiliki karakteristik yang mudah layu bila bercampur dengan air dan minyak. 

Keripik Kentang
Kripik Kentang Goreng Bumbu

Menurut beliau, produk dengan bahan baku kentang membutuhkan perlakuan khusus untuk bisa menjadi kentang goreng yang memiliki kerenyahan atau kriuk lebih lama. Saat menggorengnya juga harus hati-hati. Minyaknya jangan terlalu penuh karena bisa meluap dari wajan atau penggorengan.

Mesin Pengering Kripik


Satu hal lagi yang juga tak kalah penting dalam mengolah kentang goreng bumbu adalah tentang mesin pengering kripik. Menurut mbak Dian yang sering mencari referensi tentang mesin pengering kripik melalui internet ini, dasar kerja mesin pengering adalah meniriskan minyak, yaitu memisahkan kripik dari minyak. Sifat minyak yang basah, bila bercampur dengan kripik dalam waktu yang terlalu lama, akan membuat kripik menjadi melempem dan bau apek. 

Ada beberapa macam tipe mesin pengering kripik. Ada yang berbahan plastik ada juga yang terbuat dari bahan logam. Mengenai harga, cukup bervariasi berkisar antara Rp 500.000-an atau dibawahnya. 

Dalam proses pengolahan kripik kentang, hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa kentang harus benar-benar kering dan segera ditiriskan agar bebas dari air dan minyak. Tujuannya agar kriuknya lebih lama. Begitu juga dengan bumbunya, jangan terlalu banyak menggunakan minyak, hanya secukupnya saja. 


Saat pengiriman, usahakan kentang ditempatkan dalam wadah/toples yang kedap udara. Bumbu jangan langsung dicampur dengan kripik. Sebaiknya di tempatkan dalam wadah atau plastik terpisah. Ini dimaksudkan agar kripik tidak melempem saat tiba di tempat konsumen. 

Toples Kripik Kedap Udara

Keuntungan dari bisnis kripik kentang goreng bumbu ala Mbak Dian ini terbilang cukup menggiurkan. Sebagai contoh, dari 300 gram kentang yang diproduksi, beliau memperoleh laba kira-kira Rp 15.000. Nah, jika dalam sehari bisa menjual kurang lebih 1.500 gram, maka keuntungan yang didapat sekitar Rp 75.000. Berarti dalam satu bulan keuntungan yang diraih Rp 75.000 x 30 = Rp 2.250.000. Sebuah angka yang cukup lumayan untuk ukuran usaha rumahan. 

Nah, buat teman-teman yang ingin mencoba bagaimana kriuk dan renyahnya Kripik Kentang ala Mbak Dian, bisa langsung kontek Mbak Dian melalui WhatsApp di 0882000579985. Dengan pelayanan yang ramah dan bersahabat, Mbak Dian siap melayani pesanan Anda. Atau bila mau tanya-tanya dulu juga boleh :) 

Nah, kiranya itu saja informasi yang bisa SaungMaman bagikan kali ini, nikmati cemilan Kentang Goreng Bumbu ala Mbak Dian untuk menemani saat-saat santai bersama keluarga. 

Mengintip Usaha Rumahan Kripik Kentang Bumbu ala Mbak Dian Meliana

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru